Page 3 of 4

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 20:14
by unding
Jadi kesimpulannya antara engine 2 stroke (55 AX) tidak bisa dibandingkan dgn 4 stroke (FS 56), walaupun volumenya hampir sama akan tetapi powernya beda jauh. Sudah sangat jelas pencerahan dari om christoffel bagaimana hubungan antara daya, torsi dan rpm. Mencari keunggulan 2 stroke dgn 4 stroke selama powernya sama, juga tidak bisa ditarik suatu kesimpulan, sebab hal ini terkait dgn peruntukannya sesuai dgn pandangan suhu toto. Bisa dibayangkan kalau mesin 2 stroke dan 4 stroke memiliki power yg sama, 2 stroke dipasang pada pesawat 3D sedangkan 4 stroke dipasang pada pesawat pylon... hasilnya pasti sangat mengecewakan, tapi kalau mesinnya tukar tempat pasti hasilnya sangat memuaskan.

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Jul 2012, 22:49
by mandiridjaya
:tlt :tlt tambah ilmu, sengerti sy klo 2s 55ax biasanya konversinya 4s 70 gitu klo gak salah (cara bodone)

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 03 Jul 2012, 00:03
by wibawana
christoffel wrote:kelihatan nya masih banyak yg rancu antara torsi dengan power.
power, di ukur dg satuan watt atau HP.
torsi satuan nya kgf.meter
hubungan nya :
Power (HP) = RPM x Torsi / 726
untuk memutar prop memang di perlukan torsi. Tapi Torsi didapat dari power.
Jadi, kalau bagi saya, mesin yg powernya lebih besar itu yg lebih baik.

contoh nyatanya begini :
engine 55AX punya power 1.68HP @16000 RPM
torsi nya = 1.68/16000 x 726 = 0.076kgf.m (pada 16000RPM)

engine FS56 punya power 0.99HP @10000 RPM
torsinya = 0.99/10000 x 726 = 0.072 kgf.m (pada 10000RPM)

karena mau di perbandingkan, tentunya harus pada RPM yg sama (1)
jadi kita asumsikan yg 55AX karena RPM nya lebih tinggi maka harus di pasang reduction gear sedemikian sehingga RPM nya harus jadi 10000RPM
jadi reduction ratio nya 16000/10000 = 1.6
karena RPM nya di turun kan maka torsi nya akan naik menjadi 0.076 x 1.6 = 0.122kgf.m
dengan kata lain, 55AX setelah dipasang reduction gear 1.6:1 spec nya menjadi 1.68HP @10000RPM (perhatikan nilai HP nya tetap sam meskipun RPM nya jadi 10000)
nah, sekarang baru bisa di bandingkan torsi nya, 0.122 untuk 55AX dan 0.072 untuk FS56

kenapa saya hanya menghitung untuk RPM maximum saja, dan kenapa di spec harus ditulis juga RPM nya ? karena ini karakter mesin, power maximum nya baru bisa keluar di RPM tersebut.
kalau RPM nya di bawah nilai tersebut tetu saja powernya juga berkurang dan ini wajar saja karena itu memang tujuan nya diberi throtle.
kalau kita kurangi throtle nya tentu karena kita berharap power/torsi yg lebih rendah.

Analogi listrik nya :
Power atau HP : Daya atau watt
Torsi : Arus atau ampere
RPM : tegangan atau volt
jadi Watt = volt x ampere
ini sebanding dg HP = RPM x torsi

lalu pertanyaan nya menjadi :
55AX ==> batt 168Watt 16Volt
FS56 ==> batt 99Watt 10Volt
bagus yg mana ?


nb:
(1) kenapa harus RPM sama ? contoh nya begini,
kalau mesin sepeda motor 100cc mau dibuat menjalankan truk gandeng bermuatan penuh kira2 kuat nggak ?
untuk ini dibutuhkan torsi yg sangat besar, sehingga banyak orang akan mengatakan nggak mungkin.
padahal jawaban nya : bisa saja. caranya, mesin sepeda motor tersebut di reduksi dulu yg banyak (RPM nya jadi rendah, tapi torsi nya akan naik) baru dipakai untuk menggerak kan truk gandeng tadi. hasilnya, truk gandeng akan bisa di jalankan oleh mesin 100cc tadi, cuman jangan berharap bisa jalan dg kecepatan normal, tentunya hanya bisa jalan sangat pelan saja. jadi apakah mesin 100cc tersebut sama kuat dg mesin truk gandeng yg asli ? tentu saja tidak karena kecepatan nya berbeda. lalu mana yg lebih bagus ? tentu saja yg bisa jalan lebih cepat. tapi kalau kita hanya perlu menjalankan sepeda motor, tentu saja akan sangat berlebihan kalau harus pake mesin truck gandeng.


:ide pas banget penjelasannya. :plk .. banyak nambah ilmu lagi nih :thx

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Aug 2012, 03:33
by wibawana
mandiridjaya wrote::tlt :tlt tambah ilmu, sengerti sy klo 2s 55ax biasanya konversinya 4s 70 gitu klo gak salah (cara bodone)


berhubung mesin baru saya gak laku-laku dijual :whoaa , dan klo suadh terlalu lama saya rencana pakai aja mesin OS FS 56 a nya di pesawat low wing ukuran 46 saya :shy ... apakah itu mumpuni untuk kekuatannya ya? karena saya liat propeller nya hampir sama. tapi baru rencana. dan breakin mesinnya gimana in??? apa sama kyk 2 tak. dulu pesawat ini mesinnya OS 55 ax. kebetulan saya udah dapat remote futaba 7C :flu biar bisa mengudara lagi :mwr

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 02 Aug 2012, 13:25
by toto
Pada dasarnya pesawat kelas 40 dipasangkan dengan engine 56/4S bisa saja kok Dan pasti akan mengudara, perbedaannya yg pasti waktu takeoff memerlukan waktu yg relatif lebih lama alias rolling nya lebih panjang maka untuk ini memerlukan throttle dan control surface management yg berbeda dalam melakukan manuver selanjutnya

Selamat mencoba anti akan merasakan sendiri persisnya kaya apa



Salam

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 03 Aug 2012, 17:13
by wibawana
:tlt lha? berarti mesin os fs 56a ini diperuntukan untuk pesawat ukuran berapa om? :pyg biar pas...

seandainya dengan pesawat ini ?? cocok gak om? ini pesawat yang saya maksudkan. (maaf pesawatnya jelek)

Image

Image

Image

setelah iseng saya taruh di pesawat. kira-kira gimana ini om?? berani saya psasang gak ya :pyg

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 03 Aug 2012, 19:21
by christoffel
power nya 0.99 HP om
sebagai pembanding
OS 25FX 0.84HP
OS 35AX 1.28HP
jadi kira2 setara engine 30 lah ...

kalau dipasang di pesawat size 25 pasti oke punya
kalau di pesawat size 40, ya masih bisa lah, untuk patroli ...
pembanding nya OS 46LA 1.18HP

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 03 Aug 2012, 22:23
by wibawana
berarti ukuran 32 ya... hhhmm. berarti harus nyari plane ukuran 25. jauh juga ya. tapi klo saya paksain pasang juga kasihan engine nya

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 04 Aug 2012, 06:19
by christoffel
OS32SX masih 1.2HP om ...
mungkin lebih cocok ke OS28F ...

Re: OS 55 ax dengan OS ENGINE FOUR STROKE 56 beda jauh kah?

Posted: 04 Aug 2012, 09:38
by wibawana
pesawat size 25. itu untuk pesawat yang jenis apa ? aerobatik?