toto wrote:setuju dengan pandangan suhu Santoso ... paling gampang takeoff dan landing pesawat dengan system three cycle atawa landing gear nya yang atu ada di bagian nose ... tantangan takeoff dan landing dengan peswat menggunakan system landing gear nya yg ada di buntut adalah waktu takeoff sepesawat gampang kaya ekor bebek egal egol terus waktu landing selalu mencari sajadah atau tikar untuk sujud karena seneng nya begitu touch down langsung nungging tuh ............ ................... untuk mengatasinya palaing ampuh hanya dengan cara touchdown three point landing ............ nah untuk memperdalam tehnik landing ini selanjutnya suhu Santoso akan memberikan pengarahannya kan ..... terima kasih sebelum nya suhu ........... salam
Waduh....ampun Eyang suhu Toto... Pengalaman saya ini masih seumur jagung kalo dibandingkan dengan pengalaman Suhu Toto...
Touch down three point emang susah banget....apalagi kalo angin lagi "ngamuk" ...bisa2 malah "ndeprok" alias ekor duluan yg mendarat...
Re: Video Latihan Touch & Go
Posted: 23 Jul 2012, 12:57
by simanjuntak
toto wrote:setuju dengan pandangan suhu Santoso ... paling gampang takeoff dan landing pesawat dengan system three cycle atawa landing gear nya yang atu ada di bagian nose ... tantangan takeoff dan landing dengan peswat menggunakan system landing gear nya yg ada di buntut adalah waktu takeoff sepesawat gampang kaya ekor bebek egal egol terus waktu landing selalu mencari sajadah atau tikar untuk sujud karena seneng nya begitu touch down langsung nungging tuh ............ ................... untuk mengatasinya palaing ampuh hanya dengan cara touchdown three point landing ............ nah untuk memperdalam tehnik landing ini selanjutnya suhu Santoso akan memberikan pengarahannya kan ..... terima kasih sebelum nya suhu ...........
salam
Wah Thanks suhu santoso dan suhu Toto penjelasannya.. akhirnya terjawab sudah , memang yg tail gear steering ini bikin gemes kalau takeoff landing
Re: Video Latihan Touch & Go
Posted: 23 Jul 2012, 22:02
by doditsky
hehehehe kalo saya yang suka dlosor ini....pasti akan teriak2 pada si junior agar apapun pesawatnya....pastikan untuk terbang pattern lurus di depan kita di ketinggian yang semakin turun jadi tidak langsung turun dratis ,ini untuk mengetahui seberapa besar power pesawat dan kecepatan pesawat untuk landing ...semakin turun puter lagi ...turunkan ketinggian dari jauh untuk orientasi runway ....naik lagi...nah kalo sudah bisa setengah meter /lanpir nyentuh landasan....putaran berikutnya pasti tinggal serrrrrrr......jalan deh di runway.....
Re: Video Latihan Touch & Go
Posted: 23 Jul 2012, 22:40
by KBSantoso
doditsky wrote:hehehehe kalo saya yang suka dlosor ini....pasti akan teriak2 pada si junior agar apapun pesawatnya....pastikan untuk terbang pattern lurus di depan kita di ketinggian yang semakin turun jadi tidak langsung turun dratis ,ini untuk mengetahui seberapa besar power pesawat dan kecepatan pesawat untuk landing ...semakin turun puter lagi ...turunkan ketinggian dari jauh untuk orientasi runway ....naik lagi...nah kalo sudah bisa setengah meter /lanpir nyentuh landasan....putaran berikutnya pasti tinggal serrrrrrr......jalan deh di runway.....
Makasih tipsnya suhu,...sabtu besok akan saya terapkan buat Simbah... Penasaran saja, kok landing menentang angin susah ya...dikurangi powernya, turun cepet atau floating (kayak ngambang tapi ndak maju)...dinaikin throtle langsung up...berakhir dengan hard landing yg sudah memakan korban LG bengkok...
Re: Video Latihan Touch & Go
Posted: 24 Jul 2012, 07:31
by yrakluz
KBSantoso wrote:"Landing...."
Kelihatannya hal yang sepele,... Tapi taukah anda, banyak pilot RC yang sukses take off dan melakukan manuver di udara, namun masih belepotan dalam menutup penerbangan??
Beberapa minggu terakhir saya tidak lagi tergerak untuk menjungkirbalikkan TB20, karena ada rekan yg bilang percuma kita bisa manuver segala macam di udara, tapi gagal landing (yg kalo pesawat beneran berkaitan dengan nyawa awaknya). Dalam hati saya mengiyakan...meskipun agak malu juga waktu itu...karena hampir 90% penerbangan pesawat saya berakhir di rerumputan yg lebat, jauh dari runway.
Mulailah saya tekun berlatih landing, dengan metode Touch & Go... Hasilnya,....lebih dari 90% penerbangan (TB20) berakhir dengan landing yg mulus....sisanya karena faktor angin yang ekstrem sehingga keluar jalur.
Happy Flying,....happy landing Keep practice...
Setuju, landing itu penting...Rasanya kalo udah take off, manuver, dan landing dengan mulus, jadi 4 sehat 5 sempurna. BTW, sejauh yang saya tau, tipe landing gear pesawat ada dua, yang model bajay (satu roda di depan) atau istilahnya tricycle dan tail dragger (satu roda di belakang). Karakteristik landing keduanya juga beda. Kebetulan saya belom punya yang tipe tricycle, jadi belom tau mana yang lebih enak buat landing, apakah trike atau tail dragger.
*edit*: ternyata sudah dibahas sama suhu Toto di atas
Re: Video Latihan Touch & Go
Posted: 24 Jul 2012, 08:02
by ombhie
KBSantoso wrote:Sekali-sekali mau bikin thread di Marina selain liputan mingguan....
Berikut video latihan touch & go pakai TB20.... Kondisi angin : windsock melambai-lambai pelan...
Kalo diperhatiin di tengah runway ada "ranjau"nya....
KBSantoso wrote:Makasih tipsnya suhu,...sabtu besok akan saya terapkan buat Simbah... Penasaran saja, kok landing menentang angin susah ya...dikurangi powernya, turun cepet atau floating (kayak ngambang tapi ndak maju)...dinaikin throtle langsung up...berakhir dengan hard landing yg sudah memakan korban LG bengkok...
Ladalah bukannya take off dan landing memang head win om...itu dia salah satu kegunaan orientasi dulu...kayaknya hanya masalah jempol untuk menggerakkan trottle saja...kalau stall ya memang mesti harus ada tambahan tenaga ....itu bisa dilakukan kalo sudah muter rendah beberapa kali....hehehehe kayaknya loh ya... oiya...masing2 pesawat punya karakter landing sendiri2 ya ( kayaknya juga loh )....kalo dulu pas landing dengan tail gear begitu nyentuh roda depan trus di up dikit sampai tail gear tail gear turun ke tanah
Re: Video Latihan Touch & Go
Posted: 24 Jul 2012, 12:26
by KBSantoso
doditsky wrote:
KBSantoso wrote:Makasih tipsnya suhu,...sabtu besok akan saya terapkan buat Simbah... Penasaran saja, kok landing menentang angin susah ya...dikurangi powernya, turun cepet atau floating (kayak ngambang tapi ndak maju)...dinaikin throtle langsung up...berakhir dengan hard landing yg sudah memakan korban LG bengkok...
Ladalah bukannya take off dan landing memang head win om...itu dia salah satu kegunaan orientasi dulu...kayaknya hanya masalah jempol untuk menggerakkan trottle saja...kalau stall ya memang mesti harus ada tambahan tenaga ....itu bisa dilakukan kalo sudah muter rendah beberapa kali....hehehehe kayaknya loh ya... oiya...masing2 pesawat punya karakter landing sendiri2 ya ( kayaknya juga loh )....kalo dulu pas landing dengan tail gear begitu nyentuh roda depan trus di up dikit sampai tail gear tail gear turun ke tanah
Lha itu, pas lagi terbangin Simbah, kok ya pas angin lagi ngamuk.... Jarang bisa landing mulus... Tapi tetep mau latihan terbang lurus di atas runway sampai bisa tinggi 50cm...seperti tips dari suhu..
Trims Om Yudo...
Re: Video Latihan Touch & Go (Belajar Landing)
Posted: 25 Jul 2012, 08:14
by opikandy
Dahulu pengalaman belajar landing saya korban satu pesawat big cesna
Keseringan nose gear dahulu yg menyentuh runway Nyungsep mencium tanah air Akibatnya roda depan sering keseleo
Tetapi saya tidak pernah putus asa Setelah diurut lagi nose gear yang ada pesawat diterbangkan lagi
Dengan mengaktifkan fungsi flap dan elevator Yang dalam situasi ini sudah saya mix Jadi tinggal "di ceklek" pesawat langsung turun dengan pelan serta dikombinasi thortle yang pas Akhirnya saya bisa landing dengan muyuuuussss..
Yang penting dalam proses landing tersebut Kondisi pesawat harus kita jaga jangan sampE stall Karena setiap pesawat memiliki karakter yang berbeda-beda
Dan klo ada menu di tx kita yg bisa kita pakai untuk dapat mempermudah Kenapa Gk kita pergunakan saja Kan fasilitas tersebut memang disediakan untuk kita pergunakan