pesawat coro dua motor

Buat yang baru belajar bikin pesawat

Moderators: im-sad, GandrungMaBur

User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: pesawat coro dua motor

Post by anelah »

erizal wrote:
anelah wrote:lupa saya bahwa nobody is perfect atau diterapkan pada esc, motor dan propeller harus berfungsi dengan semestinya itu adalah absurd...hehehe... dengan perangkat elektronik yang kurang perfek pun mestinya harus bisa berfungsi, nah ini dia seninya. gitu aja kok repot. dengan memberikan left/right-thrust sedikit pada kedua motor tsb tujuan dapat tercapai. :hmm


mohon maaf nih suhu.. tunjukin donk penampakan nya, khan lebih enak adaa cerita ada barang.. :cling :cling :kabur


hehehehee... ini pesawat nya "nyleneh"

Image

propeller hitam CW, hijau CCW.
User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Re: pesawat coro dua motor

Post by mandiridjaya »

yoyonh wrote:
mandiridjaya wrote:
anelah wrote:Untuk pesawat stik (coro) dengan dua motor (kiri&kanan) apakah juga harus menerapkan posisi motor miring kekanan? Sebab pesawat tsb selalu belok (kuat) kekiri.

Propeler kanan CCW dan kiri CW, spek dua motor tsb sama dan dua esc nya juga sama. Salah satu esc dibebani bec u servos dan rx. :?


ijin kuliah juga Suhu...

sambil nanya yg sy merah2 itu singkatan apa ya??? maklum newbe...

sekalian nanya suhu, klo bicara merk ESC bagusan mana ya dng ampere dan harga sebanding antara Merk dg inisial TRGY, TWRPO, HK (bukan inisial lagi memang mereknya haa)
kebetulan sy sedang milih ESC tp yg handal dalam artian bisa terbang lama


Bantu jawab ya om Anelah.
CCW = Counter Clock wise -berlawanan arah dengan jarum jam
CW = Clock wise - searah jarum jam

Kalau kita lihat dari belakang pesawat, CW ini yang putaran normal, sementara yang CCW ini yang contra Rotating.
Yang CW membuat pesawat lari ke kiri dan CCW sebaliknya, jika di pasang berdampingan maka akan saling menghilangkan effect rotasi sehingga side thrust bisa di set 0 dua duanya.
Tapi seperti Om Anelah bilang, nothing perfect jadi tetep harus ada adjustment.



jadi tambah ilmu... makasih suhu atas keteranganya...
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: pesawat coro dua motor

Post by Bodyguard »

anelah wrote:
erizal wrote:
anelah wrote:lupa saya bahwa nobody is perfect atau diterapkan pada esc, motor dan propeller harus berfungsi dengan semestinya itu adalah absurd...hehehe... dengan perangkat elektronik yang kurang perfek pun mestinya harus bisa berfungsi, nah ini dia seninya. gitu aja kok repot. dengan memberikan left/right-thrust sedikit pada kedua motor tsb tujuan dapat tercapai. :hmm


mohon maaf nih suhu.. tunjukin donk penampakan nya, khan lebih enak adaa cerita ada barang.. :cling :cling :kabur


hehehehee... ini pesawat nya "nyleneh"

Image

propeller hitam CW, hijau CCW.


Bukan harusnya kebalik om anelah..kan kalo CW efek puntirnya ke kiri bgitu jg sebaliknya dgn CCW...
kalo di lihat pada gambar prop hitam CW berada pada sayap kiri...jdi efek puntirnya ke arah luar(kiri)...
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: pesawat coro dua motor

Post by anelah »

iya betul demikian, kalau hitam di kiri muntir kekiri dan sekarang hitam di kanan mlintir kekanan (dilihat dr belakang)
kalau motor dan prop keduanya CW: muntir kekiri.
kalau motor dan prop keduanya CCW: nggak tau, mestinya kekanan, propeller CCW cuman ada satu... :)

hayo, tekateki (tidak) berhadiah...

putaran yg hijau lebih kenceng. betul ga? :hi3
Post Reply