toto wrote:Hanya sekedar sharing saja OS GT-15 komplit dengan muffler kalau enggak salah cuman 5.7 juta aja kok ....... ...... Tapi sepadan lah dengan biaya operasi nanti nya yg terdiri dari harga BBM dan Flight Time nya ...... ........ Hayo mari berbondong bondong meminangnya barang sudah ready di jakarta tinggal kirim siapa cepat dia dapat .......
Salam
Di salah satu LHS lokal harganya dibawah 4jt tapi tanpa muffler suhu...Ukuran jarak lubang mufflernya persis sama dengan engine nitro 90..Tp kira2 ada pengaruh signifikan gak ya klo pake muffler nitro? Mohon terawangannya.. Jadi gak sabar nunggu celengan penuh nih..
Halo suhu eko, kalau menurut pendapat saya yg ngawur ini sih bisa aja cuman berapa efektif ini yg perlu di eksperimen dan utk eksperimen ini bikin gemes loh .... Sekedar berbagi informasi saja, di salah satu pesawat saya yg menggunakan engine 30cc tapi pakai muffler 26cc setelah melalui uik2 sana sini akhir nya abrakadabra bisa menghasilkan peak rpm tanpa ada efek engine panas maupun mbrebet atau batuk atau engine cut off ..... Begitulah hasil iseng2 orang ngawur gara2 kepepet pengen bentuk cowl rapih aja .....
toto wrote:Halo suhu eko, kalau menurut pendapat saya yg ngawur ini sih bisa aja cuman berapa efektif ini yg perlu di eksperimen dan utk eksperimen ini bikin gemes loh .... Sekedar berbagi informasi saja, di salah satu pesawat saya yg menggunakan engine 30cc tapi pakai muffler 26cc setelah melalui uik2 sana sini akhir nya abrakadabra bisa menghasilkan peak rpm tanpa ada efek engine panas maupun mbrebet atau batuk atau engine cut off ..... Begitulah hasil iseng2 orang ngawur gara2 kepepet pengen bentuk cowl rapih aja .....
Salam
Kesimpulannya aman ya suhu pake muffler nitronya..
Menurut saya kembali lagi bisa aja tapi berapa optimal itu yg perlu masih di eksperimen .... Selamat mencoba pak suhu entar jangan lupa post ya hasilnya semoga volume muffler nya sesuai dengan volume yg diperlukan untuk bisa selain mengalirkan udara hasil pembakaran juga sembari nahan tuh aliran biar enggak ngowos abis atau bisa juga kebalik kebanyakan nahannya bikin mesin enggak bisa mencapai peak rpm dan berbuntut engine panas ..... Dari muffler yg saya lakukan adalah dengan mainin manjangin/mendekin si manifold nya alias leher mufflernya
saya sudah pakai os15gt, tapi entah apa yang salah, kondisi saat ini piston "CUIL", padahal aturan main sdh sesuai dengan aturan pabrik, blom habis 2ltr bensin udh modar kompresinya krn piston cuil... mohon pencerahan para suhu, kira2 apa yg salah ya? menurut manual, bahan bakar yg dipakai adalah bensin biasa (use regular gasolin), dengan perbandingan 1:25... settingan karbu sesuai aturan pabrik, belom boleh di rubah selama msh belum menghabiskan 2-3ltr bahan bakar... dimanakah letak kesalahan saya? regular gasoline yg dimaksud dlm manual nya OS itu apa benar bensin PREMIUM (warna kuning), ataukah PERTAMAX (warna biru). foto kondisi terakhir engine menyusul ya...
Kalo yang saya baca di spec nya, bahan bakarnya adalah regular unleaded gasoline (bensin tanpa timbal),..yang dimaksud ya pertamax (tanpa timbal) soalnya bensin premium kan belom bebas timbal. Pengalaman rekan2 di Marina juga pakainya Pertamax... Maaf kalo saya salah...