gaya puntir motor

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

fajar wrote:
iwan21 wrote:iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini


oh ya suhu sekalian nambahin CMIIW diambil dimuka ya...hehehe....salah satu faktor untuk mengurangi torque roll (yang sering bikin pesawat muntir) selain dengan side thrust yang pernah saya baca di mbah guugle yaitu dengan menambahkan kecepatan awal (Vo) khususnya pesawat yang di handlaunch....tepatnya dengan menambah tenaga pada saat melempar pesawat itu juga dengan mengurangi throtle motor.....CMIIW lagi... :hi3 :hi3



jadi saat hand launch throthle diturunin, pesawat dilempar sekuat tenaga, saat pesawat hendak kehabisan gaya angkat baru throtle di naikan lagi gitu ya om..:)
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Re: gaya puntir motor

Post by fajar »

wisnumurti wrote:
fajar wrote:
iwan21 wrote:iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini


oh ya suhu sekalian nambahin CMIIW diambil dimuka ya...hehehe....salah satu faktor untuk mengurangi torque roll (yang sering bikin pesawat muntir) selain dengan side thrust yang pernah saya baca di mbah guugle yaitu dengan menambahkan kecepatan awal (Vo) khususnya pesawat yang di handlaunch....tepatnya dengan menambah tenaga pada saat melempar pesawat itu juga dengan mengurangi throtle motor.....CMIIW lagi... :hi3 :hi3



jadi saat hand launch throthle diturunin, pesawat dilempar sekuat tenaga, saat pesawat hendak kehabisan gaya angkat baru throtle di naikan lagi gitu ya om..:)


Kira kira seperti itu.....karena saya dah pernah coba berhasil.....itu juga kata oom oom di rc group
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by toto »

dan namabahin dikit ya antara lain sudut lemparnya ocay demikian juga dengan CG nya ................ :wek




salam
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: gaya puntir motor

Post by wisnumurti »

toto wrote:dan namabahin dikit ya antara lain sudut lemparnya ocay demikian juga dengan CG nya ................ :wek




salam

sip pak toto thenkyu :ngl
Post Reply