Page 3 of 3
Re: gaya puntir motor
Posted: 13 Feb 2013, 01:26
by wisnumurti
fajar wrote:iwan21 wrote:iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini
oh ya suhu sekalian nambahin CMIIW diambil dimuka ya...hehehe....salah satu faktor untuk mengurangi torque roll (yang sering bikin pesawat muntir) selain dengan side thrust yang pernah saya baca di mbah guugle yaitu dengan menambahkan kecepatan awal (Vo) khususnya pesawat yang di handlaunch....tepatnya dengan menambah tenaga pada saat melempar pesawat itu juga dengan mengurangi throtle motor.....CMIIW lagi...

jadi saat hand launch throthle diturunin, pesawat dilempar sekuat tenaga, saat pesawat hendak kehabisan gaya angkat baru throtle di naikan lagi gitu ya om..

Re: gaya puntir motor
Posted: 13 Feb 2013, 11:31
by fajar
wisnumurti wrote:fajar wrote:iwan21 wrote:iya om, makanya dikasihh side thrust alias right thrust,kalo diliat dari arah belakang, utk motor yg muternya CW, atau left thrust utk motor yg muternya CCW.semua liatnya dari belakang kedepan ya
Dg adanya side thrust ini, maka momen puntir yg terjadi gak akan berada atau sejajar sumbu pesawat, tapi miring, dg demikian efek dari momen puntir ini akan berkurang
kalo down thrust gak ada hubungannya sama yg ini
oh ya suhu sekalian nambahin CMIIW diambil dimuka ya...hehehe....salah satu faktor untuk mengurangi torque roll (yang sering bikin pesawat muntir) selain dengan side thrust yang pernah saya baca di mbah guugle yaitu dengan menambahkan kecepatan awal (Vo) khususnya pesawat yang di handlaunch....tepatnya dengan menambah tenaga pada saat melempar pesawat itu juga dengan mengurangi throtle motor.....CMIIW lagi...

jadi saat hand launch throthle diturunin, pesawat dilempar sekuat tenaga, saat pesawat hendak kehabisan gaya angkat baru throtle di naikan lagi gitu ya om..

Kira kira seperti itu.....karena saya dah pernah coba berhasil.....itu juga kata oom oom di rc group
Re: gaya puntir motor
Posted: 13 Feb 2013, 12:58
by toto
dan namabahin dikit ya antara lain sudut lemparnya ocay demikian juga dengan CG nya ................
salam
Re: gaya puntir motor
Posted: 13 Feb 2013, 21:05
by wisnumurti
toto wrote:dan namabahin dikit ya antara lain sudut lemparnya ocay demikian juga dengan CG nya ................
salam
sip pak toto thenkyu
