memperhatikan video nya setuju sekali dengan om berthie pesawat rada tail heavy tapi karena memang sang pi;ot sudah mempunyai skill okay alhamdulillah airborne dan manuver bisa terkontrol ..... pasti malamnya kagak bisa tidur ya suhu kebayang gimana puasnya dari mulai ngimpi sampai akhirnya jadi kenyataan ............
sekedar saran mungkin untuk mengurangi berat pesawat dibeberapa bagian fuselage di bolongin lumayan deh bisa diet beberapa puluh gram entar dijamin pesawatnya terbang akan lebih enak lagi bisa santai .... tapi jangan lupa ya abis dibolongin ditutup pakai kertas biar enggak pesawatnya enggak masuk angin .....
terus berkarya ya suhu dan jangan lupa posting lanjutannya .....
BERTHIE FLYER wrote:Mantap om arra pesawat coronya bagus..... + small block engine lagi........
btw terbangnya kaknya aga tail heavy dikit ya..... kalo saya peratiin enginenya kurang ke depan dikit.....
tapi over all sih keren bos........
Mksh om... Tp om pas terbang pertama malah terkesan nose heavy loh kalo liat video mmg ky tail heavy terutama terlihat stlh take off & mw muter balik padahal mh itu sy narik elevator terus terusan sambil di tahan haha coba lepas kendali elevator / posis netral malah mw nyungsep, sy lupa cek ulang CG stlh fuel di isi, soalnya itu sampe full throtle pesawat bawaannya nukik terus, stlh trim elev, yaah udh lumayan enak lah Soalnya engine ini cukup berat 150gr + mounting sama firewall lumayan berat om kalo nose di panjangin yg pasti nose heavy lbh parah dri yg ini hehe
Last edited by Arya m 1991 on 26 Jul 2013, 05:11, edited 4 times in total.
toto wrote:memperhatikan video nya setuju sekali dengan om berthie pesawat rada tail heavy tapi karena memang sang pi;ot sudah mempunyai skill okay alhamdulillah airborne dan manuver bisa terkontrol ..... pasti malamnya kagak bisa tidur ya suhu kebayang gimana puasnya dari mulai ngimpi sampai akhirnya jadi kenyataan ............
sekedar saran mungkin untuk mengurangi berat pesawat dibeberapa bagian fuselage di bolongin lumayan deh bisa diet beberapa puluh gram entar dijamin pesawatnya terbang akan lebih enak lagi bisa santai .... tapi jangan lupa ya abis dibolongin ditutup pakai kertas biar enggak pesawatnya enggak masuk angin .....
terus berkarya ya suhu dan jangan lupa posting lanjutannya .....
salam
Mksh masukannya suhu..
Iya suhu pas pertama terbang alhamdulilah lancar, cuma pas awal take off sampe sekitar 2 putaran pesawat blm bisa level, bawaannya nukik terus meski full throt, di video itu full throt terus loh sampe mogok hahahaha, ntah krn break-in blm beres atw satingan blm pas Berat 900gr itu d timbang pake timbangan kue yg aga sedikit error geser2 posisi aja bisa berubah -/+ 100gr, jd 900gr blm pasti hehe Mmg power ky tekor soalnya prop sy pake 7x3 hehehehe, harusnya kn menurut manual 7x4, 7x5, 8x3, 8x4... Tp skrg udh ganti 7x4 saran suhu Unding kalo pake fuel oplos, cuma blm di tes terbang lg hehe
zaki wrote:oh iya start awal untuk break in nedle nya brp putaran dan klik
Sy ngikutin di manual om, buka 2.5 putaran, kalo udh nyala dari 2.5 putaran d buka lg bikin setingan rich tp jgn lama2 cukup bbrp menit trus matiin tunggu adem nyalain lg dg setingan normal neddle 2.5 putaran, biar aja nyala dg posisi throt -/+ 40 ~ 50%
om mau tanya...selagn fuel yg di dalam tangki saya pakai yg lunak ..tapi tetep aja klo tangki saya nalik itu selang ( dan pemberatnya ) ga mau ikut turun ( kaku ) ... lah klo pesawat di invert bisa mati deh itu mesin..fuel ga masuk
zaki wrote:om mau tanya...selagn fuel yg di dalam tangki saya pakai yg lunak ..tapi tetep aja klo tangki saya nalik itu selang ( dan pemberatnya ) ga mau ikut turun ( kaku ) ... lah klo pesawat di invert bisa mati deh itu mesin..fuel ga masuk
Kalo sy ganti ama yg lbh berat om, yg bawaan'y sy pindahin ke tangki yg bentuk rada panjang
Saran sy kalo pesawat mw di pake aerobatik mending ganti pake fuel tank yg bentuk'a memananjang, bkn yg pendek trus rada tinggi / kelihat gemuk bentuk'y ky yg 90cc d HK,, Di pesawat sy ini pake fuel tank yg dari HK mmg pas pertama masang sii clunk ga bisa naik turun kaku aja gitu berhubung di pake ke trainer yaa sy bengkok'in pipa'y ke arah bawah jd selang yg dlm ikut ngarah k bawah (ga akan bisa terbang invert)
om mau tanya lagi .. pengalaman saya pernah punya engine 40 dan 25 klo di puter baling2nya dgn tangan (bukan di stater)... pas sampai titik atas biasanya ada bunyi "jegleg" halus tapi di engien 15 ini ko bunyi nya beda ya .. jeglek nya kasar " grek" apa emang begitu
zaki wrote:om mau tanya lagi .. pengalaman saya pernah punya engine 40 dan 25 klo di puter baling2nya dgn tangan (bukan di stater)... pas sampai titik atas biasanya ada bunyi "jegleg" halus tapi di engien 15 ini ko bunyi nya beda ya .. jeglek nya kasar " grek" apa emang begitu
Kyk'y yg sy jg sama deh om ky gitu aga kasar jegleg'y, tp klo udh break-in mh ga akan ky gitu Sy jg punya OS 40 LA, wktu blm break-in suara jegleg halus Tp ky'y engine china emg rada kasar deh pas piston pada posisi top, jegleg'y kasar, asp21 sy jg gitu
ooo gitu..makanya kok aneh jegeleg nya..kaya ada yg keseret di dalam nya..tapi ya pas di TMA aja klo pas turun atau nai sih ga ada seretnya.. oke lah klo begitu..klo itu sama
oh iya tangki nya seperti link mana ya biar lebih panjang tapi ga terlalu berat