ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
predator
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2011, 22:08
Location: malang

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by predator »

wah matur suwun banget om chris,om fly low dan pakdhe toto....
berarti besok saya suruh temen saya beli cdi yang 170 cc yang isi dua,tapi itu digabung jadi satu power source nggak papa ya om?
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by flylow »

predator wrote:wah matur suwun banget om chris,om fly low dan pakdhe toto....
berarti besok saya suruh temen saya beli cdi yang 170 cc yang isi dua,tapi itu digabung jadi satu power source nggak papa ya om?


Power source gpp gabung, paling hall sensornya jg pake Y cable kalo cuma single spark.

Spt oom chris bilang dle170 twin cdi tapi cuma 1 set, jadi harus beli 2 set.
Kalo dle222 paket ignition isinya 2 cdi twin alias 2x2 jadi total 4 busi.

Oom toto, busi meledak bareng2 regardless rpm rendah atau tinggi :gg
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by toto »

flylow wrote: ...........

Oom toto, busi meledak bareng2 regardless rpm rendah atau tinggi :gg ......



betul sekali apa yg om suhu flylow sebutkan yaitu ledakan akan bareng pada busi pada cyl 1 dan 2 .... akan tetapi pada engine 3W ini 1 cyl ada 2 busi .... jadi yang saya maksudkan kedua busi tersebut yg dalam 1 cyl tidak selalu akan hidup bersamaan .... mohon maaf kalau apa yang saya ketahui dari denger2 ini salah .... :hmm




salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by flylow »

toto wrote:
flylow wrote: ...........

Oom toto, busi meledak bareng2 regardless rpm rendah atau tinggi :gg ......



betul sekali apa yg om suhu flylow sebutkan yaitu ledakan akan bareng pada busi pada cyl 1 dan 2 .... akan tetapi pada engine 3W ini 1 cyl ada 2 busi .... jadi yang saya maksudkan kedua busi tersebut yg dalam 1 cyl tidak selalu akan hidup bersamaan .... mohon maaf kalau apa yang saya ketahui dari denger2 ini salah .... :hmm




salam


di sistem 2 tak meledaknya bareng2 oom, yg saya maksud di silinder yg sama juga
kl meledak beda2 itu kejadian di 4tak yg set klepnya banyak.

kalo kurang percaya, silakan nanti kalo nemu cdi asli, masukin oscilloscope, tentunya pake atenuator redaman tinggi dulu, atau pake induktor biar tegangannya bisa kebaca dan terlalu tinggi.
masukan di probe a dan b atau 1 dan 2
silakan bandingkan di display, coba sensor hallnya dipancing dengan magnet di motor kecepatan 7000rpm
pasti sejajar timingnya, coba juga 1800rpm pasti masih sejajar :ngl


ini saya quote dari engine tester, suhu milis tetangga jauh.


"The 3W 106 can also be adapted to a twin spark engine by removing the compression releases and adding a second spark plug and igniton system, slaved to the first. With a twin spark engine, both sets of plugs fire all the time, meaning that when a cylinder is supposed to be lit, both plugs for that cylinder will fire. The primary advantage is that if one ignition failed the other would provide power for continued engine use for R.T.B or landing. There will usually be a loss of power if one system fails, but not very much to be gained. Personal experience is that 3W engines are excellent, but that their ignitions systems may sometimes require a backup. On larger engines, say 150cc and up, a better fuel burn can be obtained with a twin spark system, thereby providing more power."

ini pengembangan dari kelemahan 3w yg suka mati ignitionnya, jadi kalo 1 mati sebelahnya masih bisa ngidupin walau gak sekenceng double spark plug.

permasalahan di cdi ignition itu parameternya cuma 2,
1. auto advance timing curve. kurva pengapian.
2. minimum voltage (busi butuh berapa volt).

kalo engine gak maksimal karena cdi berarti 2 masalah tersebut yg pengaruh.

tiap merek cdi utk engine tertentu, karakteristik no 1 itu yg beda2 dikit, kalo timingnya bisa geser2 sensor hall sedikit. tapi kalo curvenya udah berbeda ini mesti ganti capacitor tertentu digedein atau dikecilin utk mencari kurva yg sesuai.
masalahnya, komponen2 macam ini sekarang udah gak kasat mata alias kecil2 dan susah di trace dengan mata telanjang.
walhasil kalo kurang rpm 300-400 biasanya diikhlaskan saja

kalo yg no 2 menentukan tipe busi mana yg akan digunakan, busi kecil butuh tegangan kecil, yg gede butuh gedean lagi
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by toto »

wah terima kasih pencerahannya suhu flylow maklum saya cuman denger2 aja dan memang saya bukan ahlinya apalagi ngoprek eletronik terus pakai oscilloscope ... inti nya sekali lagi terima kasih atas pencerahannya jadi nambah referensi suhu dan mohon ijin entar kalau ilmu ini saya gunakan waktu ngobrol tentunya enggak lupa menyebutkan refensinya ya suhu flylow .... :yes



salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by flylow »

toto wrote:wah terima kasih pencerahannya suhu flylow maklum saya cuman denger2 aja dan memang saya bukan ahlinya apalagi ngoprek eletronik terus pakai oscilloscope ... inti nya sekali lagi terima kasih atas pencerahannya jadi nambah referensi suhu dan mohon ijin entar kalau ilmu ini saya gunakan waktu ngobrol tentunya enggak lupa menyebutkan refensinya ya suhu flylow .... :yes



salam


dengan senang hati oom,
kebetulan jg saya suka ngobrol2 di milis tetangga jauh

ada 2 org yg suka dijadikan tester, semua produsen engine suka ngasih engine free ke 2 orang ini utk di test
satunya namanya al lewis ex marinir amrik, satunya lagi tired old man gak tau nama aslinya siapa.
saya juga paling cuma forward aja, tapi lumayan ngerti2 dikit sehubungan dulu pas sekolah ngambil minor di propulsi juga walau major di avionics dan satelit.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by christoffel »

mmm .. masalahnya kita ngobrol sendiri ini tanpa tau kondisi engine sebenarnya. mungkin juga ternyata bukan 3W itu engine. yg paling benar, kalau bisa dilihat sendiri saja, posisikan salah satu silinder di tma, lalu cek silinder satunya apakah juga ada di tma ... kalau menurut saya kelihatan nya iya ...
kalau iya, cukup pake satu hall sensor saja karena itu artinya mesin boxer, meledak bersamaan.
kalau nggak, berarti mesti 2 hall sensor ...
User avatar
predator
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2011, 22:08
Location: malang

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by predator »

Para suhu sekalian berikut penampakan engine 3w 240cc sekalian cdi nya.
Oia ternyata cdi nya memang ada 2 para suhu sekalian
Last edited by predator on 08 Jan 2014, 00:52, edited 1 time in total.
User avatar
predator
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 111
Joined: 14 Oct 2011, 22:08
Location: malang

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by predator »

Tampak dari kanan
Image
Tampak dari kiri
Image
Tampak depan
Image
Gambar cdi
Image

Mohon pencerahan para suhu sekalian.....(duduk manis sambil menunggu) :gg :gg
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: ask:Ignition set buat gasoline 240 cc

Post by christoffel »

sudah dilihat apa tma nya sama ?
Post Reply