Page 3 of 5

Posted: 14 Feb 2008, 18:45
by AgoesAurelz
[quote= aku lagi modif piper j3 cub TWM EP tak bikin real scale min mendekati aslinya nanti kalo udah jadi tak review[/quote]

Ayoo Om! Aku ikut semangatin... :)
Mode: Cheers leader ON!
POM! POM! HOP! HOP! :joy: ... YAGEE!!!!.. YAGEE!!!.. YAGEE...YAGEE!!!.. YAGEE...HURRAAYY !!!
:smt026 :smt026 :smt026 :smt026 :smt026 :smt026 :smt026 :smt026

Posted: 15 Feb 2008, 08:37
by tn
Eldean wrote:engine 15 itu kan yang .15 cu kan....
konversi elektrik ke engine emang mudah yah??


utk lebih jelasnya om Eldean bisa liat di sini

http://gaero.info/forum/viewtopic.php?t=866

Posted: 15 Feb 2008, 14:09
by toto
@pandejaya, salam kenal dulu pak, saya tidak merekomendasikan TB-20 dipasangin engine hal ini dilihat dari konstruksi dan material pesawatnya itu sendiri, banyak yang harus dikerjakan khususnya utk mencari posisi fuel tank abis itu pasti akan mempengaruhi CG belum lagi membalance ulang, wah udah kebayang gimana ribetnya pak, jadi biarkan saja pakai BL motor yang selama ini saya amati para pemilik TB-20 menerbangkannya nikmat saja tuh malah ada yang dituker dgn BL lebih besar itu terbang bener2 melejit walau wind shock pada posisi 90 derajad terhadap tiang penyangganya

Gimana tuh rekomendasi para pakar dan suhu, ayo dong

Posted: 20 Feb 2008, 08:27
by pandejaya
Terima kasih sarannya P Toto, maaf langsung nongol, selama ini cuma monitor n curi2 ilmu rakit pesawat dr komunitas ini. TB-20 itu baru minggu kemarin saya terbangin, setelah vakum 9 th dr aeromodelling. Bener Pak, dengan BL aslinya sudah cukup kencang. Jd intinya, yg bisa di konvert ke engine hanya pesawat dr balsa.

Posted: 20 Feb 2008, 09:27
by Ary
benar pak, pes foam kurang cocok dikonvert engine , getaran engine cukup keras dibandingkan elektrik
jadi perlu engine mounting yg kuat, yg mana agak sulit di lakukan pada body foam....

Posted: 20 Feb 2008, 10:12
by Syafik
di forum tetangga ada temen dari jember bikin pesawatnya foam tapi pake engine, mungkin pak q-roen bisa kasih info tuh... bagus tuh, tapi penasaran aja gimana caranya ya apa gak rusah foamnya

Posted: 20 Feb 2008, 12:44
by Wind Raider
Agar foam tidak kena fuel , lapisi saja dengan selotip .
Lebih baik lagi kalau pake selotip yang ber fibre ( cuman rada mahal harganya )
Atau kalau rajin , bisa dilapisi pakai fibre glass .

Posted: 20 Feb 2008, 18:36
by AgoesAurelz
Wind Raider wrote:Agar foam tidak kena fuel , lapisi saja dengan selotip .
Lebih baik lagi kalau pake selotip yang ber fibre ( cuman rada mahal harganya )
Atau kalau rajin , bisa dilapisi pakai fibre glass .


Apa ngga berat tuh om kalo pake fiberglas coated?
Kalo fibercoated diaplikasikan ke pswt EP dgn BL sejuta umat (2408- ESC 18A) kira-kira kuat ngangkat ngga om?

Posted: 20 Feb 2008, 19:20
by coyo
setau sy foam biasa bakalan lumer kena resin polyester biasa buat fiberglass, kecuali klo pake epoxy resin. klo engine knp gak pake coro aza?

Posted: 21 Feb 2008, 11:35
by Wind Raider
Kayaknya perlu teknik khusus ; kayaknya dulu si Experimental / Ivan ( ini nama member lho ) pernah posting teknik ini panjang lebar di forum kita terdahulu . Saya cari2 linknya entah kemana ;)

Sorry hehehe , saya belum pernah nyoba ...