Page 3 of 7

Posted: 14 Feb 2007, 12:40
by Wind Raider
Hari ke 4 :

Ngelem fuse
Image

Motor dipasang pada sepotong triplek ukuran 2,5 cm x 3cm
Image

masang servo dan ekor
Image

horn terbuat dr bekas tempat cd
Image

Posted: 14 Feb 2007, 19:31
by shaify
Mumpung ada gambar pasang motor sekalian nanya om. posisi motor apakah harus ada right trust & down trust ya om? kalo tidak di kasih down trust gimana? kalo yg pusher dikasih juga gak?
:thx:

Posted: 14 Feb 2007, 19:56
by Wind Raider
Saya biasanya tdk pake down thrust , baik utk pusher maupun tractor ; krn tenaga tarikan/ dorongan utk psw elektriknya sendiri juga tidak terlalu besar spt pada engine ...

Nah kalau waktu maiden ada masalah baru saya kasih down/up thrust ..... tergantung kebutuhan .

Posted: 15 Feb 2007, 08:16
by iwan21
Saya tau kenapa suhu Drawin enggak pake down thrust, karena sayapnya enggak dikasih sudut (wing incidence nya 0), sementara kalo saya bikin selalu pake wing incindence 2 derajat (kecuali yg jet emang 0 ).makanya perlu downthrust 2 derajat, kalo enggak dikasih saat throttle naik pesawat akan membumbung tinggi, malah bisa loop kebelakang langsung jatoh ..
Down thrust gunanya supaya pesawat bisa terbang lurus horizontal (yg pake wing incidence)
Right thrust sih mestinya tetep ada walau dikit untuk ngatasi torque roll akibat putaran motor.

Posted: 15 Feb 2007, 09:02
by coyo
up thrust = elevator up
down thrust = elevator down
right thrust = rudder right??

("=" artinya: "efeknya sama dengan")

Posted: 15 Feb 2007, 11:33
by Wind Raider
iwan21 wrote:Saya tau kenapa suhu Drawin enggak pake down thrust, karena sayapnya enggak dikasih sudut (wing incidence nya 0)


Bener juga analisa pak Roji ... =D> =D> =D>
Saya malah gak mikir sampe ke situ ...hehehe
Krn saya pengen yg praktis aja ...
Jadi kalau ada yg baru coba bikin psw , jgn terlalu pusing dulu mengenai masalah down thrust , right trust . Setel semua 0 derajat dulu . Terbangin dan koreksi seperlunya . Kalo miring2 dikit sih saya biasa kompensasi dgn setelan/trimming elevator atau rudder

Down thrust digunakan utk mengimbangi pesawat yg cenderung nose naik kalo throttle digedein.
Right thrust digunakan utk mengimbangi efek putaran baling2 yg cenderung membawa nose kekiri .

Pesawat saya yg memakai down thrust adalah Gillo , krn psw cenderung nose up . Saya imbangi dengan down thrust 5 derajat .

Posted: 15 Feb 2007, 13:44
by iwan21
saya liat langsung di Decathlon pak waktu di IAF kemarin... , baik posisi motor maupun sayap, cuman saya enggak komentar aja he he he....

Posted: 15 Feb 2007, 13:46
by iwan21
coyo wrote:up thrust = elevator up
down thrust = elevator down
right thrust = rudder right??

("=" artinya: "efeknya sama dengan")


right thrust = left aileron down, right aileron up...untuk kompensasi rollnya om... O:)

Posted: 15 Feb 2007, 14:24
by coyo
Thx buat penjelasannya Om.....

Posted: 15 Feb 2007, 15:29
by shaify
Baru ngerti nih, makasih ya pak. tp kalo wing incidence itu sudut yg bentuk dehidral atau bukan?