Page 3 of 9
Posted: 18 Dec 2007, 19:34
by MrDoms
let us start....
bahan pakai carbon rod?? kayaknya terlalu mahal, dan munkin sulit bagi rekan2 lain memperolehnya...
Pakai bambu seperti saran om Joko.... problem buat saya, bambu nyarinya susah... jadi saya putuskan pakai joran pancing saja...
trus direka, kira-kira gimana ya??? maklum "Tukang Enginering Co."....
problem pada teknik sambungan kalau direncanakan trike adalah portable (bisa dilepas sambung)
diputuskan untuk melakukan mission imposible ke dapur, search for available possible material.... aluminum plate... nah... loh... hihihi..

Posted: 18 Dec 2007, 19:42
by MrDoms
oke... saya lanjut hasil kerjaan kemarin malam....
aluminum plate dipotong2 sesuai dengan hayalannya... hehehe
terus kemudian diround kan terlebih dahulu ke besi bulat (seukuran dengan joran) diketok2 pakai palu biar bulat... terus kemudian di pasangkan ke joran... gampang... aluminum cukup lunak...
terus kemudian di bor, untuk tempat baut... setelah itu dilepaskan lagi untuk melakukan teknik lem (pakai epoxy) pada bagian luar dan dalam joran... biar kuat jika terjadi crash impact tidak pecah...
begini kira-kira bentuk nosenya...
menghayal lagi... lihat soal dari pak D, sambil merokok...
Posted: 18 Dec 2007, 19:44
by MrDoms
tolong dokomen sebelum terlanjur.... hehehehe
Posted: 18 Dec 2007, 19:52
by MrDoms
model wing masih dalam hayalan.... trus lihat soal dari Pak D, eh.. ada semacam wing spar... kemudian saya coba reka dulu wing size berdasar kan panjang joran. Wing span sekitar 160cm cord dalam sekitar 45 cm, luar sekitar 15 cm... kemudian saya coba itung preliminary CG... dapetnya sekitar 22.5 cm oke lah... sebagai patokan sementara
wing spar saya coba cocokkan posisinya di <22.5 cm
hmm... gimana tekniknya bikin sambungan yang bongkar pasang able... trus kayaknya ini selain wing spar juga berfungsi seperti penegang wing... macam pengembang payung itu loh...
menghayal dan merokok... ternyata ampuh... "Tukang Enginering Co." terpaksa harus bikin sketch mekanik dikertas, biar gampang mikirinnya...
Posted: 18 Dec 2007, 20:04
by MrDoms
Mr. Dom's wrote:menghayal dan merokok... ternyata tidak ampuh
maaf dikoreksi... (agar tidak melawan peringatan pemerintah)
Oke... saya teruskan lagi... hasil sketnya..
menyiapkan mekanik ujung wing spar (apa istilahnya ya untuk trike?)... seperti biasa aluminum dibikin bulat
menyiapkan pin engkol penyambung wing spar... aluminum plate pada bagian atas (untuk mekanik), dan plastik cover vcd bajakan untuk pin bagian bawah (untuk centering holder ke fuse shaft)
kemudian di bor dan dipasangkan...
hhmmmm.... enak juga kerjanya... benar-benar nikmat... semoga tidak gagal hehehe...
Posted: 18 Dec 2007, 20:11
by MrDoms
Kemudian mengingat sepertinya trike dan kontrol segitiga menggantung bebas pada main fuse boom (bergerak kiri kanan depan belakang).... Trus lihat dari gambar suhu pak D, kok mekaniknya rumit amat... bisa nggak selesai nih kalau niru aslinya...
jadi saya putuskan model engsel bebas saja... seperti dibawah...
main boom diroundcover dulu dengan aluminum plat yang berfungsi juga sebagai washer... nanti dikasi oli biar licin... hehehe...
beginilah gambar terakhir perkembangan trike aircraft RC....
pulang dulu ah... tolong dikoment "Tukang Enginering Co." sebelum melakukan kesalahan fatal... hehehehe...
Posted: 18 Dec 2007, 20:13
by MrDoms
maaf pengen cepat pulang saja... ini gambar terakhir

Posted: 19 Dec 2007, 08:27
by iwan21
Bang, posisi batang yg melintang (cross bar) baeknya dimundurin lagi, sebab itu merupakan pivot point pergerakan turun naiek dan kiri kanan, yg merupakan titik CG dari sayap.
Mending bang Doms gb dulu berikut ukuran2nya dan kasih ke saya , nanti saya itungin kira2 CG dimana, maka disitu lah letak batang melintangnya (cross bar)
Posted: 19 Dec 2007, 09:35
by MrDoms
Ini lah dia akibat memakai cheap material... hehehe...
Posisi ditentukan oleh panjang joran, memang ada keinginan waktu itu untuk menyambung joran pada cross bar biar panjang dan agar posisi lebih mundur lagi. Namun kalau disambung kok tanggung serta kelihatan kurang kuat mekaniknya karena ukuran joran yang dipakai sudah kecil. Makanya saya bikin mengikuti ukuran joran tersebut saja. Dalam pemahaman saya CG nanti bisa dibalance dengan menggeser posisi trikenya saja lebih kebelakang... moga-moga teknik ini bisa meminimalkan pengaruh posisi tersebut.
Mengambar wing... ini lah dia problemnya suhu. Belum bisa saya gambar, karena saya masih memikirkan wing tip material yang fleksible (mungkin tusuk sate atau carbon rod). Dan sejauh mana fleksibel optimumnya mengacu ke kemampuan menegangkan wing cover semaksimal mungkin. Tentusaja ini mempengaruhi bentuk lekukan, namun nanti saya gambar draftnya dulu buat pertimbangan suhu... mohon maklum semua masih dalam hayalan...
Posted: 19 Dec 2007, 09:40
by iwan21
Mr. Dom's wrote:Ini lah dia akibat memakai cheap material... hehehe...
Posisi ditentukan oleh panjang joran, memang ada keinginan waktu itu untuk menyambung joran pada cross bar biar panjang dan agar posisi lebih mundur lagi. Namun kalau disambung kok tanggung serta kelihatan kurang kuat mekaniknya karena ukuran joran yang dipakai sudah kecil. Makanya saya bikin mengikuti ukuran joran tersebut saja. Dalam pemahaman saya CG nanti bisa dibalance dengan menggeser posisi trikenya saja lebih kebelakang... moga-moga teknik ini bisa meminimalkan pengaruh posisi tersebut.
Mengambar wing... ini lah dia problemnya suhu. Belum bisa saya gambar, karena saya masih memikirkan wing tip material yang fleksible (mungkin tusuk sate atau carbon rod). Dan sejauh mana fleksibel optimumnya mengacu ke kemampuan menegangkan wing cover semaksimal mungkin. Tentusaja ini mempengaruhi bentuk lekukan, namun nanti saya gambar draftnya dulu buat pertimbangan suhu... mohon maklum semua masih dalam hayalan...
Justru disitu masalahnya bang, kalo crossbar ada didepan titik CG/pivot point, apa kata dunia ???< terutama dunia per trike-an ??????.....
Wing digambar ancer2 aja dulu, sementara dibuat pake bahan apa itu menyusul aja belakangan.