Page 3 of 8
Posted: 04 Feb 2008, 18:22
by AgoesAurelz
Om-om senior yg baik, Terimakasih buat setiap masukannya
Saya ada pertayaan lagi...
1. Sayap bagian bawah pada Bi-plane ada yg letaknya di tengah fuselage, ada juga yg dibawah fuselage... Beda/karateristiknya gimana ya om?
2. Apakah ada ukuran/jarak ideal antara sayap bawah dan sayap bagian atas?
Makin lebar makin stabil atau makin sempit/dekat jaraknya makin stabil?
3. Sayap belakang/Tail wing kira-kira perlu dilebarin/digedein lagi ngga, sehubungan dgn penambahan xtra sayap tsb?
Posted: 04 Feb 2008, 18:32
by Yudha
maaf om saya ngga bisa jawab.....tak tunggu reportase maidennya yah
Posted: 04 Feb 2008, 20:06
by AgoesAurelz
Posted: 04 Feb 2008, 22:48
by Tomtrojan
Wah...asyik banget bisa ketemu n ngobrol dgn rekan sehobby se provinsi...
maklum selama ini cuma single player sih..he he. Ma kasih pak Agus atas penerimaanya yg cukup hangat...semoga nggak bosen kalo lain kalli sy mampir lagi...! Ternyata setelah lihat aslinya baik orangnya maupun WD modifnya jauh lbih cakep dari fotonya....(mode ngrayu on) biar disuruh mampir lagi dan dikasih nyoba phoenix simulatornya..he he...
Posted: 05 Feb 2008, 07:45
by AgoesAurelz
Tomtrojan wrote:Wah...asyik banget bisa ketemu n ngobrol dgn rekan sehobby se provinsi...
maklum selama ini cuma single player sih..he he. Ma kasih pak Agus atas penerimaanya yg cukup hangat...semoga nggak bosen kalo lain kalli sy mampir lagi...! Ternyata setelah lihat aslinya baik orangnya maupun WD modifnya jauh lbih cakep dari fotonya....(mode ngrayu on) biar disuruh mampir lagi dan dikasih nyoba phoenix simulatornya..he he...
Hoahaha... Pak Tom bisa aja... ke Lombok bawa Laptop juga ya pak?... masih bisa Online terus...
Besok kalo kesini bawa WD nya pak, biar bisa terbang barengan...
Posted: 05 Feb 2008, 13:39
by christoffel
@AA : thanks PM nya ...
Saya coba nimbrung nih ...
untuk pertanyaan di awal posting :
1. Sayap nggak boleh dibalik, karena airfoilnya udah dibuat untuk lift ke atas. Kecuali kalau diinginkan terbang inverted terus2-an

(kidding)
2. reaksinya bakalan radha lemot (roll rate) dari aslinya, tapi boleh2 aja, masih dalam batas toleransi bisa terkontrol dg baik koq ... Cuman, sebenarnya kelebihan bi-plane itu bahwa roll-rate nya bisa lebih tinggi dari pada pesawat sayap tunggal.
3. Efeknya, terbangnya jadi lebih ringan. seperti kata pak iwan, Wing loading turun hampir 50% (soalnya berat sayap tambahan bikin WL naik lagi dikit). Jadi stall speed juga akan turun hampir 50%. Dengan konfigurasi diatas, jadinya akan tebih tenang dikit, cuman pada kestabilan longitudinal akan berkurang karena pesawat sekarang berubah dari high-wing jadi mid-wing..
Tapi bila diinginkan untuk bisa lebih aerobatik, aileron bawah sebaiknya diaktifkan juga.
Posted: 05 Feb 2008, 13:41
by christoffel
Untuk penentuan CG :
Sebelumnya, biar nggak bingung sebaiknya diperjelas dulu arti CG.
CG atau CoG kepanjangan dari Center of Grafity adalah titik (pusat) berat dari keseluruhan pesawat. Jadi nggak ada hubungannya dg sayap.
Sayap sendiri, saat terbang, menimbulkan gaya angkat, yg berpusat di titik tertentu dan disebut Center of Lift (CoL).
Supaya pesawat dapat terbang stabil, CoL dari sayap harus ditempatkan di CoG pesawat (atau sebaliknya). Di WD aslinya, kita anggap CoG nya memang sudah di CoL nya (horisontal).
Posted: 05 Feb 2008, 13:42
by christoffel
Untuk kondisi penambahan sayap dibawah, bentuk dan luasan identik, posisi horisontalnya sama dan sejajar (angle of attacknya sama) maka kemampuan Liftnya jadi persis 2x dengan posisi horisontal CoL tetap seperti aslinya, dan posisi vertikal CoL jadi ditengah-tengah kedua sayap tsb. Untuk WD, sebaiknya titik CoL ini masih berada di atas (lebih tinggi) dari CoG nya supaya tetep cenderung jadi pesawat high-wing yg stabil.
Kalau mengukur CG, memang musti dipegang diatas CoG aslinya supaya pesawat bisa menggantung (stabil). artinya, menimbang CG-nya memang harus di sayap atas.
Posted: 05 Feb 2008, 13:44
by christoffel
pertanyaan pada posting berikutnya :
1. penempatan posisi sayap bawah, pengaruhnya akan membuat pesawat jadi lebih condong ke mid-wing atau low-wing, ataukah masih high-wing ... (seperti ilustrasi CG diatas)
2. Makin lebar jarak sayap atas dg sayap bawah, makin baik (dari segi efisiensi) karena wake dari sayap atas akan memberikan pengaruh buruk pada sayap bawah ...
ini juga yg hendak dieliminir dg cara memajukan sayap atas kedepan.
3. sayap belakang (Stabilo+elevator dan Fin+rudder) sebaiknya juga dibesarin dikit, karena momen putar yg ditimbulkan sayap juga lebih besar. Tapi untuk pesawat WD ini, nggak terlalu signifikan karena asalnya memang udah super stabil.
Posted: 05 Feb 2008, 13:55
by christoffel
Kesimpulan saya,
modifikasi sudah ok, nggak usah takut maiden flight.
Nanti kalau pengen lebih garang, coba motornya digedein dikit lagi ...