Page 3 of 16
Posted: 07 Apr 2008, 09:38
by wanwan
Report hover dilapangan parkir lantai 4 kantor, time :10.30 am
-apa saya yg gugup ya,perasaan kekirinya kok lumayan kenceng,jadi waktu terbang aileron harus di kananin terus.
-ketinggian baru sekitar 1meter max,itupun hanya beberapa detik tapi saya sempat harus lari menghindar karena mau digigit heli yg masih galak!!! mungkin karena ada angin.(betul seperti yang dikatakan mas Dedi,sayang saya ga ada pendamping)
-masih terlalu banyak hard landing (untung pake training skid)
-Mas Ronald: ya mas saya akan perbanyak di simulator dulu(walaupun disimulator gak geser ke kiri)
-Mas Ivan:ok mas karena hari kedua latihan udah lumayan tapi belum yakin (naik langsung turun,takut nyenggol).
-Mas Budi:apakah misalnya heli sudah tinggi diatas, heli masih tetep kekiri? dan kita selalu counter aileron ke kanan terus.tapi waktu landing juga sudah saya usahakan vertikal walaupun lumayan hard.
Atau ada saran para senior untuk setting radio JR 2610 untuk belt-cp pemula? (biar ga galak2 amat)
Posted: 07 Apr 2008, 10:38
by wanwan
Report Hover:
Heli sudah bisa naik sekitar 1m,tp hanya beberapa detik terus hard landing.....he he he untung pake training skid.sayangnya ga ada senior pendamping.
Yang jadi pertanyaan: apakah heli walaupun udah tinggi diatas juga akan selalu geser kekiri? ato hanya waktu hover saja setelah tinggi tenang.
Bisa ga ya....heli diatas +/- 3-4meter dan sudah stabil(diam) terus jempol kiri dilepas dari remote heli tetep stabil?
ato memang jempol kiri harus goyang terus...?
mohon pencerahanya para senior..
Posted: 07 Apr 2008, 10:59
by dedy_r450
wanwan wrote:Atau ada saran para senior untuk setting radio JR 2610 untuk belt-cp pemula? (biar ga galak2 amat)
Coba main dengan setingan dual ratenya untuk ail,ele,rud di turunin mas,.. sekitar 60-70%
dan travel adjustnya juga dikurangi sekitar 70-80% saja.. biar ga galak2...
Kalau terus geser kekiri.. coba di trim ke kanan mas aileronnya, kalau samapai 20point trim, heli masih terus ke kiri,..
Ambil tang buat nyopot ball link, copot di aileronnya.. dan ubah ukuran link aileronnya sehingga aileron nambah ke kanan.
jgn lupa trimer di balikin lagi ke 0.
Posted: 07 Apr 2008, 13:55
by sevenslidegrills
KLo saat take off heli cenderung geser ke kiri memang sdh begitu pak karakternya. Tapi klo sdh diatas biasanya hilang gejala spt itu. Tinggal kita counter aja gerakan helinya. Klo masih cenderung ke kiri berarti swashplate gak level. Saat setting swashplate harus dibuat selevel mungkin pada posisi bawah, tengah, atas. Gunakan subtrim hanya untuk mengatur horn servo agar 90deg. Selain itu gunakan setting mekanik (putar lingkage) untuk mengatur swashplate agar level.
Langkah2nya begini pak,
Asumsi horn servo sdh pada posisi 90deg.
1. posisikan stick throttle ditengah, atur swash agar level dg memutar linkage.
2. posisikan throttle dipaling atas, cek apa swashplate level. Kalau belum level atur dg travel adjustment servo mana yg terlalu tinggi/rendah.
3 posisikan throttle dipaling bawah, cek seperti no.2
Agar heli bisa lebih smooth bisa diatur melalui dual-rate dan exponential, untuk JR expo negatif heli lebih responsif dan positif sebaliknya. Tapi berdasarkan pengalaman dl sewaktu masih pake BeltCP justru exponential dibuat negatif karena terlalu lemot kalo dibuat linear apalagi positif. Tapi dicoba dl atur sesuai selera karena settingan exponential dan dual rate gak ada patokannya.
Posted: 07 Apr 2008, 15:01
by wanwan
Mas sevenslidegrills maksudnya horn servo yang mana yah....sory mas pemula (bingung)
mungkin yg diatasnya blade yah yg baling2 kecil atau yang mana yah
maaf waktu beli belt cp ARF ga ada manual booknya
Posted: 07 Apr 2008, 15:27
by rpramusinto
Mas wanwan.. dgn senang hati saya bersedia menolong masalah anda. saya gak bisa byk bicara kalo blom liat heli nya sendiri. mending ketemua aja.
btw, saya sarankan anda maen dgn KOMUNITAS, biar cepet maju.. kalo main sendiri yg ada frustasi.. jgn sungkan2 untuk hub saya. saya bantu deh. hehehe...(SOk baik hati mode : ON)

Posted: 08 Apr 2008, 08:11
by wanwan
Terimakasih sebelumnya mas Sinto,sepertinya saya memang perlu instruktur terbang.
tapi lokasi saya di Jakpus sementara mas Sinto di bekasi so lumayan jauh ya mas......
Posted: 08 Apr 2008, 09:03
by rpramusinto
iya sih lumayan jauh mas wanwan.. tp asal situ tau aja.. kalo saya mau main aero modelling memang niat main.. biasa saya main di CIBUBUR.. kadang di ASAC (alam sutra / Serpong).. kadang di pasar festifal (kuningan).... kadang di TEBET MAS... kadang di bekasi... hehehe saran saya, dateng aja ke cibubur. byk tuh yg mau ngajarin anda disana. SALAM

Posted: 08 Apr 2008, 12:42
by Syafik
saya aja kalau mau main menempuh jarak 50km mas kalau PP 100km jauh lho itu... tapi asik kalau mainnya bisa bareng2 dan bisa banyak diskusi dengan para senior2...
Posted: 08 Apr 2008, 21:04
by sevenslidegrills
Mas wanwan, horn servo itu lengan yg ada diservo itu. Ada juga yg bilang arm servo.