Tentang motor BP21

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

sama seri, tapi kok ada yang magnetnya kuat dan ada yang biasa ya ???
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Cogging maksudnya ya ?, seperti kalo kita puter pake tangan trus ada kekuatan yg nahan ?.
Itu tidak menentukan kuatnya magnet pakde, itu cuma mewakili berapa sepatu stator yg berhadapan langsung dg magnet..
Jadi kali dalam satu posisi ada 2 magnet atau lebih berhadapan dg sepatu stator dg jumlah yg sama, maka efek cogging akan lebih kuat daripada cuma 1 magnet terhadap 1 sepatu stator.

Jadi mestinya kalau kutub stator 9 dan magnetnya 12, maka efek cogging nya akan sama utk semua motor yg dg seri sama, kecuali memang magnetnya udah berkurang kekuatannya (akibat crash., over heating akibat overcurrent).

Coba juga pastikan jumlah magnet dan jumlah kurtub statornya sama , jangan2 yg satu 9 kutub satunya 12 kutub he he he he..
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

and so..... baikan yang mana dan pro & con ?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Ini berlaku umum utk motor brushless outrunner:

- Cogging kuat umumnya indikasi torsi motor yg dihasilkan besar dan KV dipastikan kecil, cocok utk porp diameter ukuran besar dan terbang lambat karena thrustnya besar.
Utk memutar prop diameter besar tentu juga diperlukan input power yg besar juga (narik arusnya besar , karena akibat tarikan magnet yg kuat maka utk menggeser posisi bell dari satu kutub ke kutub berikutnya diperlukan daya yg kuat).

- Cogging lemah umumnya rpm/KV tinggi, hanya cocok utk prop diametar kecil.

- Jumlah magnet akan berbanding terbalik dg rpm, makin sedikit magnetnya makin tinggi rpmnya

- Ini secara umumnya aja karena ada juga motor dg cogging besar mempunyai rpm/KV tinggi
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

hehe he tambah mumet aku........ tapi trims atas penjelasanya... jadi bl ini utk prop gedhe dan lo rpm kan ?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Benul..eh betul...prop minimal 8x4, utk slow flyer.....(jangan buat ngebut, entar dipakas malah ESC nya yg kobong he he he he....udah ada yg ngalamin tuh, 2 kali ESC 18 Amp kobong gara2 2408nya dg prop 8040 , Lipo 3 sel , dipasang di jet pusher dan WD dan dipaksa ngebut gila2an ck ck c kc ck..))
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

he heh eh .......speknya ini om,... BM 2408 -21 ESC 30 A , kalo pake 8040 dan 2 sel lipo bisa ndak ?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

wah bisa banget kalo dg 2 sel. kalo perlu prop pake 9038
User avatar
shaify
Gaero Ambassador
Gaero Ambassador
Posts: 196
Joined: 20 Jan 2007, 20:31
Location: PK-JT 310
Contact:

Post by shaify »

kalo utk WD yg pake 2 sel propnya ukuran brp pak? kalo 7060 bisa gak? atau 8047 hasil dr 1047 yg dipotong..
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

WD dg 2sel , mending pake prop 8040 atau itu 8047...kalo pake 7060 mesti sih bisa juga....cuman mungkin kurang tenaga..
Post Reply