Page 3 of 12
Posted: 18 Jun 2007, 17:32
by Redblur
he???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
apakah benar ?????????????????????????????????/
kalo gitu berani....
emang apa bedanya dengan digital dan asli nya
saya punya Futaba 7CHP
Posted: 18 Jun 2007, 18:11
by sudjai sarmo
Mungkin karena di Futaba 6 Chn keatas ada fasilitas Exponential, tetapi diradio lainpun ada juga fasilitas ini.
Posted: 18 Jun 2007, 19:02
by Redblur
apa itu
Exponential
??
ngeri liat cessna jatuh kemarin
Posted: 18 Jun 2007, 20:26
by kresna
lha ternyata punya Futaba 7 CHP ....
Betul Kata pak. Djai .... coba baca dibuku manualnya khususnya tentang EXP dan D/R ....
Posted: 18 Jun 2007, 20:39
by Ravenchan
cuman sekedar komentar pswt cessna. pesawat ini memang tidak cocok dengan pemula. saya newbie yang tiba2 melompati WD, alhasil cessna sangat sulit untuk saya. tidak semudah di simulator. pesawat dengan motor standar dan batere 7cell standar tidak mampu untuk mengangkat pesawat dari posisi rogging (atau emang saya yang bodoh ya?) untuk handlaunch saya tidak berani. alhasil pesawat yang terbeli sejak 2 tahun lalu hanya untuk pajangan sampai minggu lalu. setelah saya membaca di forum-forum hobby dan konsultasi dengan senior2 seperti pak Kucing Burik dan pak Andre serta teman2 yang lain, akhirnya pesawat diganti dengan BL2408 dan batere lippo. Pemasangan BL2408 dengan cara pak andre. Kebetulan suhu Saify ada di Medan, beliau lah yang memasangkan motor BL ke pswt saya.
Test flight dengan motor BL dicoba pada hari Sabtu yang lalu dengan batere 2sel lippo. dari posisi rogging pesawat tidak dapat rogging dengan lurus. akhirnya suhu Saify yang langsung menerbangkan dengan handlaunch. pesawat terbang dengan mulus. Tapi tidak terlalu lama karena anak2 kecil yang nonton langsung ikut mengejar. Karena takut terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. akhirnya tuh pesawat dilandingkan. namun karena angin bertiup cukup kencang saat itu. pesawat sedikit terhempas dan propeler patah. landing gear depan lepas dan bengkok menghantam fuselage bagian bawah dekat batere. mainshaft aman2 aja. Itulah pertama kalinya saya melihat langsung cessna saya berhasil terbang di udara. Memang sangat puas, dan akan lebih puas lagi kalo saya langsung bisa menerbangkannya,(hehehhe mungkin minggu ini akan saya coba)
untuk landing di rumput sepertinya agak sulit..
mungkin teman2 bisa memberi advice atau pengalaman menerbangkannya. Propeler apa yang paling cocok?
terima kasih.
Posted: 18 Jun 2007, 20:50
by Redblur
kalau landing di atas rumput usahakan throttle pada posisi minim
tapi masih gerak
dan elevatror tarik ke atas Poll!!
Posted: 18 Jun 2007, 23:46
by Ravenchan
rumputnya cukup tebal sedangkan roda landing cessna kecil, sedangkan untuk rogging di atas rumput pun sulit. tapi akan saya coba sarannya mas redblur..
Posted: 19 Jun 2007, 05:32
by Redblur
yah kalo itu potong rumput nya
Cessna Imut2 harus rogging di tanah/aspal/rumput pendek
@kresna & Sudaij
oh Dr Exp
Di set gimana?
aileron berapa
Elevator berapa ?
Posted: 19 Jun 2007, 12:25
by kresna
Settinga diRadio itu tergantung selera, kalo saya dulu pertama kali terbangkan pswt Wayang saya seting spt ini :
- EXP : utk AIL dan ELE masing2 minus (-) 40
- D/R : utk AIL dan ELE masing2 60%
setelah dicoba, ternyata terlalu lemot (bahkan jauh lebih anteng dari WD), kemudian saya rubah menjadi :
- EXP : -30
- DR : 70%
Untuk beberapa lama saya cocok dg settingan ini, dan sekarang sudah dirubah lagi sesuai dg kemauan jempol, menjadi :
- EXP : -30
- DR : 80%
(settingan awal saya diatas adalah atas petunjuk dari pak Djai, om Hadi, dan AgungPK)
Mungkin para suhu2 yg lebih ahli bisa memberikan masukan juga?
Posted: 19 Jun 2007, 12:36
by Redblur
hmm tapi
Lebih liar mana?
Mustang atau Cessna ???