mcat wrote:wah good news nih buat saya.. kira2 apalgi kekurangan yg bisa diperbaiki dari pesawat ini Pak Toto? mdh2an dalam wkt dekat bisa meminang pesawat ini.
1. landing gear buatkan kawat brace antara kiri dan kanan agar landing gear tidak megar kemudian buatkan juga ikatan dari landing gear ke depan gunanya juga agar landing gear tidak bengkok kebelakang, kalo mo rapi sekalian ganti aja landing gear kawat tadi dengan yg dari after market misalnya dr produk dubro.
2. karet penutup pada fuel tank dituker dengan yg lebih lentur sehingga waktu dibaut bisa ngepres dan sebelumnya pipa kuningan yg sebagai fuel line jangan lupa diampelas dulu kalo enggak bisa nyobek fuel line yg dari karet.
3. balsa pada firewall ygt menghadap engine sebaiknya dilapis dengan cairan kedap fuel. saya pakai epoxy yg encerin. pokoknya balsa yg ke ekspose sebaiknya dilapis aja deh soalnya kalo udah kena fuel apalagi udah nyerap repot entarnya
4. lebih baik lagi kalau celah antara control surface di cover juga hal ini bikin aerodinamikanya lebih optimal
nah begitulah kurang dan lebihnya saran yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengamatan terhadap unit LA Flyer yg sabtu kemarin berada dan di terbangkan di cibinong-2
masalah tail dagger enggak masalah selama main landing gearnya normal, begitu take off sdh dpt lift bisanya sih lempeng2 aja jadi koreksi rudder relatif kecil sekali kok selama lurus dgn head wind kalo kena cross wind ya seperti biasa counternya kan kombinasi dengan aileron tapi ya jangan deh kalo bener2 nyilang dari pada pesawat terguling sayang kan
para suhu tolong koreksi ya kalo2 ada salah dalam penjelasan saya di atas