Rekaman_Adam_Air.txt-mp3

Diskusi ttg pesawat sipil / airliners dalam dan luar negeri

Moderators: NF, stefendy

User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

seperti nya begitu om fajar.

cuman sedikit yang saya ragu apakah ini rekaman asli apa bukan....berdasarkan pengalaman sy melihat teman teman main salah satu wahana di genting kemarin (seperti di foto bawah ini)
Image
wahana tersebut naik sampai ketinggian puncak, trus tiba tiba jatuh bebas, mostly para pemainnya tidak mampu berteriak karena tekanan gravitasi sehingga suara mereka tercekat ditenggorokan aja. kalau dipikir pikir, berapa kecepatan jatuh wahana tersebut? rasanya ga sampai 700km / jam.

kemudian kita bayangkan pesawat boeing yang waktu cruise kecepatannya sekitar 700km/jam, ditambah lagi pesawat tersebut menghujam, rasanya kecepatan pesawat tsb mampu menembus 1000km/jam, tapi koq pilot nya bisa berbicara layaknya orang normal? (coba dengarkan baik baik sebelum impact, pilotnya sanggup berbicara seperti biasa tanpa ada penekanan nada) biasanya kalau kita jatuh bebas gitu, pasti suara kita akan menggeram seperti menahan sesuatu yang sangat berat.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

NF wrote:.....tunggu saja , mungkin nanti ada film sejenis SECOND from DISASTER................yang berisikan penyidikan yg valid....

dan Air Crash Investigation dari NatGeo. tapi rasanya ga secepat itu :(
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

flytosky wrote:seperti nya begitu om fajar.

cuman sedikit yang saya ragu apakah ini rekaman asli apa bukan....berdasarkan pengalaman sy melihat teman teman main salah satu wahana di genting kemarin (seperti di foto bawah ini)
Image
wahana tersebut naik sampai ketinggian puncak, trus tiba tiba jatuh bebas, mostly para pemainnya tidak mampu berteriak karena tekanan gravitasi sehingga suara mereka tercekat ditenggorokan aja. kalau dipikir pikir, berapa kecepatan jatuh wahana tersebut? rasanya ga sampai 700km / jam.

kemudian kita bayangkan pesawat boeing yang waktu cruise kecepatannya sekitar 700km/jam, ditambah lagi pesawat tersebut menghujam, rasanya kecepatan pesawat tsb mampu menembus 1000km/jam, tapi koq pilot nya bisa berbicara layaknya orang normal? (coba dengarkan baik baik sebelum impact, pilotnya sanggup berbicara seperti biasa tanpa ada penekanan nada) biasanya kalau kita jatuh bebas gitu, pasti suara kita akan menggeram seperti menahan sesuatu yang sangat berat.


Saya kebetulan bulan juli kemaren baru dari Genting Higlands om... Tapi saya ngga nyobain permainan ini... bukannya takut om, karena waktu itu badan lagi meriang... dan lagi itu di outdoor, kebetulan waktu itu kabut uda turun dan suhu cukup dingin... Saya cuman nyoba roller coster yg di Cosmo World (Indoor) waktu di Kuala Lumpur... ada route Loop nya, cukup kerasa G-nya! Tapi bagi saya sih biasa aja... belum seserem yg di amrik..
Kalo yg di Genting mah masih belum apa-2 om...

Balik maning ke Laptoop... Menurut saya sih efek Grafitasi menggunakan alat "terjun bebas" itu beda dgn di cockpit pesawat... jangan disamain loh om...
Di dalam cabin pesawat kan ada alat utk mengatur "cabin pressure" sehingga tekanan cabin di dalam seimbang... Saya rasa semua pesawat jet (apalagi jet tempur) pasti pake... Dengan alat yg sama, saya percaya memungkinkan percakapan pilot-copilot Adam masih cukup lancar hingga pesawat naas itu menghujam lautan...
User avatar
dion
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 188
Joined: 10 Oct 2007, 20:30
Location: Jogja
Contact:

Post by dion »

Menhub Pastikan Rekaman AdamAir Palsu
Menhub Jusman Syafii Djamal memastikan rekaman pembicaraan terakhir pilot AdamAir KI 574 adalah rekaman palsu. Karena dalam rekaman yang beredar terdapat perbedaan dengan yang asli.
[Detik]
http://www.detiknews.com/read/2008/08/0 ... mair-palsu
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

dion wrote:Menhub Pastikan Rekaman AdamAir Palsu
Menhub Jusman Syafii Djamal memastikan rekaman pembicaraan terakhir pilot AdamAir KI 574 adalah rekaman palsu. Karena dalam rekaman yang beredar terdapat perbedaan dengan yang asli.
[Detik]
http://www.detiknews.com/read/2008/08/0 ... mair-palsu


hehehe... Kata "PALSU" itu kalo di dunia politik dan pemerintahan bisa berbeda artinya loh om... \:D/
(Negara kita kan udah berapakali terbukti menerapkan azas manfaat daripada azas kebenaran/kejujuran.. hehehe) 8-[
Maaf kalo terdengar naif dan vulgar.... bagi saya salah satu kesalahan fatal yg mengakibatkan bangsa kita jadi bangsa miskin dan terbelakang karena kita sudah terbiasa memutar balikkan kebenaran demi manfaat... :bow:

Balik ke soal "PALSU" nih om...
Sekedar contoh saja:
Saya punya CD Program Windows asli, kemudian om Dion copy punya saya...
Nah, CD om bisa dikatagorikan CD palsu (Tidak asli, karena copy-an), bisa juga disebut ASPAL (Asli tapi Palsu)*

*Dibilang ASLI ya asli karena dicopy dari aslinya dan hasilnya persis dengan yg asli!
Dibilang Palsu ya palsu, wong bukan aslinya...
Betul ngga om..?? \:D/

Maaf, Kalo saya pribadi ngga mau terburu-buru percaya dengan pernyataan menteri tsb...
(Mohon maaf kalo ada yg tersinggung... tapi pendapat pribadi sah-sah aja kan?)

Mari kita tunggu saja.. The truth will come out.... soon or latter.... kalo ngga di dunia di akherat pasti juga ngga ada hal yg tersembunyi.. :)
Last edited by AgoesAurelz on 05 Aug 2008, 16:30, edited 1 time in total.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Gak berani komentar. Soalnya pesawat saya juga masih sering error. Ya pilot error lah, mekanikal failure karena teknisinya error lah. Pokoknya masih sering berbuat error. [-( Masih perlu belajar lagi.
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Post by mcat »

Ini ada analisa amatiran dr temen saya yg mencoba utk menganalisa:

pertama terjadi instrumen failurr
yaitu IRS yg berhubungan dengan FMS
lantas copil berusaha untuk mereset
namun yg direset adalah sisi left
yaitu yg berhubungan dengan display didepan pilot
sehingga instrumen jadi blank
namun disisi copil display masih menyala seperti biasa
kedua penerbang berusaha untuk memperbaikinya
tidak ada yg memegang kendali secara manual
seharusnya pada saat FMS tadi di reset
auto pilot akan disengage
baru sang kapten menyadari disaat pswt sudah miring ke arah kanan lebih dari 35 drajat
yg secara otomatis mengaktifkan alaram
terdengar disana ada bunyi "BANK ANGLE"
copil denga display yg masih menyala berusaha untuk recover
namun sang kapten yg terbang hanya mengandalkan feeling
marah dan mengatakan "Jangan dibelokin nech"
kapiten terus membelokan pesawat ke arah kanna yg membuat pesawat masuk dalam keadaan spin
terdengar bunyi clck...clack...clack berulang2x
dalam hal ini pesawat overspeed dg steep dive
lalu ter dengar bunyo tooooottt yg merupakan alarm bahwa pesawat sudah berada kurang dari 1000 feet
dari data FDRnya pesawat berada pada kecepatan 450 knot pada saat itu
fantastis pesawat itu hanya akan mampu bertahan hingga 300 knots
kenbali kapten berusaha mengangkat hidung pesawat
namun terdengar ledakan yg menandakan pesawat dipaksa naik dengan tekanan yg berlebih akibat kecepatan tadi
elevator mungkin patah
hingga yg terdengar hanya sunyiiii
dan kata2x ALLAHUAKBAR
kembali sunyiii
rekaman putus pada ketinggian 100 feet
mungkin pesawat sudah overstress
dan pecah sesaat sebelum menabrak air
kesunyian tadi pastinya seluruh awak sudah black out akibat G yg berlebihan
habis dech
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 313
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

btw... issue ini ada hubunganya dengan kasus perpolitikan tanah air gak sih kira2?
atau jangan2 ada hubunganya dengan 2009 nanti ?
atau untuk menyaingi kasus kasus pembunuhan macam ryan dkk....
atau untuk memecah konsentrasi publik tentang dugaan kasus2 korupsi di DPR dll....

ah.. saya nunggu dan melihat saja....
wong kalo main pesawat gabus aja dan ngebank sering keterusan,dan bablas ke tanah...
User avatar
dion
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 188
Joined: 10 Oct 2007, 20:30
Location: Jogja
Contact:

Post by dion »

hahah kalo politik pasti buat "nylamurin" yang lagi Hot2 :D ,... tapi semua berita sih perlu ditampung tapi jangan dicerna mentah2 :D. yang penting bijak menilai :).
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

biasanya pas kejadian berlalu, banyak analisa2 hebat....
tapi pas keadaan panik dan genting, bisa nggak dia?? saya pikir sang pilot sudah berusaha sekuat kempampuannya dengan perlengkapan seadanya...

Sekarang ini gimana nih, biar kebocoran dan pembenahan penerbangan lebih bagus.... itu yang perlu di lakukan, fakta sudah ada dan tidak perlu dianalisa pengamat lagi... end of story.

kalau mau jadi pilot mesti bisa santai kalau main skytower di genting itu, kalau saya mah terus terang takut ntar jantung tiba2 stop.... hehehehe mainan saya ya... yang dihotel paling atas itu om.... :ym16 walaupun tetap juga nggak berani coba, takut stroke dan kena penyakit miskin hahahahaha...

saya masih yakin kalau rekaman itu adalah rekaman keadaan sebenarnya walau bukan asli 100% seperti om AA bilang...
Post Reply