Menentukan CG

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by rudyWing »

Rekans GRAGE, bisa bagi pengalaman bagaimana caranya untuk adjusting CG tersebut? maksud ane bagaimana adjust tanpa dengan menambah suatu "beban" lagi? apabila batere sudah tidak bisa digeser² lagi krn batere udah pas²an nangkring di dudukan casing batere?
sukron... sukron.. [-o<
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by ferry »

rudyWing wrote:Rekans GRAGE, bisa bagi pengalaman bagaimana caranya untuk adjusting CG tersebut? maksud ane bagaimana adjust tanpa dengan menambah suatu "beban" lagi? apabila batere sudah tidak bisa digeser² lagi krn batere udah pas²an nangkring di dudukan casing batere?
sukron... sukron.. [-o<


Sungguh pertanyaan yg sulit nih Om bilamana kondisi model sdh mentok CG gak ketemu dan tdk dimungkinkan lagi penambahan berat.....mungkin salah satu solusi yaitu dgn mengatur letak peralatan elektronik sedemikian rupa shg paling tidak bisa memindahkan posisi dari tail heavy menjadi nose heavy atau sebaliknya baru diatur CG yg tepat, kalo itu tdk juga bisa dilakukan konsekwensi logis dgn menambah berat spy bisa ketemu proper CG atau memodifikasi model justru pada body yg dirasa tdk perlu dihilangkan ( bisa dgn cara melobangi dll )......mungkin sedikit solusi Om :D
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by rudyWing »

@Iya Om ferry, sy bingung juga nih model bawaan pabrik (foam) yg sudah mati dilem, cuma disediakan lubang batere yg pas dan lubang buat radio dan nempelin wing yg pas²an juga.. maksud ane tanpa harus mengurangi keindahan pesawat scale supaya kelihatan tetap cantik tanpa harus "nempelin" sesuatu...
utk geser radio bisa hanya bbrp centi rasanya juga tidak signifkan, kayanya rada sulit ya? tentu dgn penambahan beban adalah jalan satu²nya pilihan terakhir yg bisa dilakukan dgn konsekuensi pesawat jadi tambah berat..?? :-k melubangi pesawat??? [-X [-X
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by ferry »

hehehe.....yg saya maksud melobangi ya dibuang dikit dagingnya kemudian dicover kembali spy tdk kelihatan ada lobang disitu gt om.....memang sedikit korban di estetika....kalo sdh diatas bag yg detail td kan sdh gak kelihatan.....berat nih!!! :-k :-k :-k
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by toto »

@rudyWing, kalo soal ARF yang terbuat dari foam memang serba salah deh soal geser2 penyeimbang, salah satu jalan keluar yang pernah saya lakukan ya seperti saran om ferry itu tapi buntutnya pesawat jadi rentan patah kalo keseleo dikit aja, abis itu karena tail heavy saya juga pernah tuker pakai BL yang beratan dikit tapi powernya kan nambah tuh, bisa juga kalo nose heavy Rx di geser semaksimum mungkin kebelakang kalo perlu dicoak pelan2 trus ditutup/dilem/dicover.

Tapi kalo boleh tahu jenis pesawat foamnya apa ya kali2 aja ada yang sama dengan koleksi saya, karena kalo cuman beda2 tipis aja ya paling2 si jempol rada lebih sibuk dikit lah waktu menerbangkannya
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Menentukan CG

Post by DIMAS »

rudyWing wrote:Rekans GRAGE, bisa bagi pengalaman bagaimana caranya untuk adjusting CG tersebut? maksud ane bagaimana adjust tanpa dengan menambah suatu "beban" lagi? apabila batere sudah tidak bisa digeser² lagi krn batere udah pas²an nangkring di dudukan casing batere?
sukron... sukron.. [-o<

Salam kenal...
Pengalaman saya ....... posisi dudukan motor dipanjangin atw dipendekin aja, sampe CG cocok.
Klo nambahin tinggal panjangin baut dudukan motor, klo mau mendekin....copot lem dudukan motor...potong foamy dan lem lagi.
Salam....
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by rudyWing »

@Om Toto: perlu dipertimbangkan berat mana antara estetika dgn terbang enak tapi rentan (krn pesawat dicoak buat nempelin pemberat..)

@Om Dimas: Salam kenal, nah itu yg susah Om.. pesawat buatan pabrik biasanya serba pas.

@Om Ferry: Dgn menambah pemberat konsekuensi pesawat jd tambah berat.. asal powernya udah oke sih gak pa² ya Om..

anyway.. terima kasih semua atas masukannya, kl bisa sy simpulkan sbb:

Pemberat
Kelebihan pemberat:
- Mudah (tinggal tempel
pake isolasi)

Kekurangan pemberat:
- Mengabaikan estetika
- Pesawat tambah berat
- Power berkurang
- Pesawat bisa rentan
(kalau dicoak)

Geser equipment elektronik /modifikasi
Kelebihan geser komponen:
- Tidak menambah berat.
- Tidak mengurangi estetika

Kekurangan geser komponen:
- Sulit dilakukan krn ruang pesawat yg pas/sulit dijangkau.
- Tentu akan menghilangkan estetika juga apabila dilakukan modifikasi spt sarannya Om
Dimas. Pesawat akan hilang keasliannya, spt baling² tambah nongol atau masuk kedalem. :shock:
- Mengganti komponen yg lebih berat atau lebih ringan? bisa saja. Tp susah cari yg cocok
](*,)

Jadi menurut sy orang awam di dunia aeromodelling dgn menimbang kelebihan dan kekurangan di atas, baru bisa ditentukan mana yg lebih baik utk meng-adjust CG pesawatnya. misalnya pesawat yg punya power besar dan mengabaikan estetika mungkin bisa gunakan alternatif pertama (pakai pemberat)..
Sebetulnya yang salah belinya ngkali ya?? tidak mempertimbangkan bbrp faktor di atas hee..
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Menentukan CG

Post by Syafik »

Urun pendapat om... biasanya kalau pswt pabrikan sudah direncanakan matang pas CG dan estetikanya jika kita mengikuti spek yang dianjurkan, saya punya pengalaman punya beberapa pswt foam ARF kasusnya juga sama karena kalau misal kit RTF pake motor brush dg gearbox yang notabene berat dan kita ganti dg motor BL lonceng misalnya yang lbh ringan hasil akhirnya pswt akan tail heavy, solusi sebelum semua part elektrik dipasang saya simulasikan dulu apa2 yang mau saya pasang dg sekedar menempelkan di tempatnya masing dan ditimbang CGnya, geser2 dikit posisinya... kalau udah mentok masuh tail heavy paling gampang cari bat lipo yang agak beratan dikit cukup banyak lho bedanya buat balance CG...
Saya pernah ngerakit pswt foam pitts dapatnya kit doang tanpa elektrik apa2, kayaknya sudah sangat direncanakan pabriknya untuk tempat2 elektriknya... sudah selesai sangat2 tail heavy padahal saya pake lipo 1500mah 16C, akhirnya saya taruh esc dibelakangnya persis motor, lumayan dingin kena angin langsung cuman rentan kalau crash kena impact langsung dan kasih lipo yang 2200mah 20C baru deh enak banget karena pas CGnya... akhirnya saya berpatokan pada lipo beratnya sama karena kalau lbh ringan dikit gak enak... demikian pengalaman saya
User avatar
teddy
trainee
trainee
Posts: 14
Joined: 02 Sep 2007, 14:27
Location: Jakarta Barat dan Bojonegoro

Re: Menentukan CG

Post by teddy »

DIMAS wrote:
rudyWing wrote:Rekans GRAGE, bisa bagi pengalaman bagaimana caranya untuk adjusting CG tersebut? maksud ane bagaimana adjust tanpa dengan menambah suatu "beban" lagi? apabila batere sudah tidak bisa digeser² lagi krn batere udah pas²an nangkring di dudukan casing batere?
sukron... sukron.. [-o<

Salam kenal...
Pengalaman saya ....... posisi dudukan motor dipanjangin atw dipendekin aja, sampe CG cocok.
Klo nambahin tinggal panjangin baut dudukan motor, klo mau mendekin....copot lem dudukan motor...potong foamy dan lem lagi.
Salam....

hallo dimas mau nanya...kalo pesawat biplane seperti ultimate atau pits gmn ? yang diangkat sayap yang atas atau bawah ? thanks
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 314
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Menentukan CG

Post by Adilgun »

kalo gak salah, 25-30% dari wing atas om...
Post Reply