
Pilihan Pswt utk Belajar F3A>Mohon Pencerahan
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
bwijono wrote:Halo om yang ngaku pemula 1 he he he
klo menurut pengalaman saya pakai venus 90 untuk manuver intermediate cukup nyaman kok. Dengan YS110 prop 15x8 power udah lebih-lebih.
Kemarin saya pake engine heli YS 91ST karena YS110 bermasalah, juga masih enak.
Kalo lihat aeropet 90 dg engine 4S ASP rasanya juga udh cukup sih....rasanya lokarena belum pernah coba... tp dg propeler segitu jangan" enginenya 2S yah?
Oom Bambang, Prop 16 itu karena nggak punya prop 15, emang climbing ratenya jadi berkurang jauh. Pilih ASP1204S karena cuma untuk belajar pingin pinter kayak oom Bambang. cuma untuk slow KE fly pass cukup stabil


Venus kemarin pakai Engine heli? saya lihat powernya cukup.....sayang beradu freq.......gimana Enginenya oom, saya doakan aman??

Mau tanya Oom, bedanya electric power sama Engine gimana Oom? apa kelebihan dan kekurangan dalam F3A.
Saya lihat ada yg pakai Motor Cyclone 160 F3A batt 10cell Prop APC 20"E???
Mohon Pencerahan........

- bwijono
- Posts: 7
- Joined: 22 Jun 2007, 14:03
- Location: Jakarta
Om Budi, venus hancur karena jatuh di pepohonan, carburator pecah.... yah nasib...
Betul Om Budi itu manuver P-07, tp untuk JAC Open nanti pake yang manuver intermediate...
Wah Om Budi emang rendah hati....beliau ini manuver hover juga luar biasa...
senang lihat manuvernya......
Turut sedih yach Om..........tapi denger-denger info dari Grage Intelegent bahwa akan ada penggantinya yach Om..............

Betul Om Budi itu manuver P-07, tp untuk JAC Open nanti pake yang manuver intermediate...
Wah Om Budi emang rendah hati....beliau ini manuver hover juga luar biasa...

Turut sedih yach Om..........tapi denger-denger info dari Grage Intelegent bahwa akan ada penggantinya yach Om..............



- bwijono
- Posts: 7
- Joined: 22 Jun 2007, 14:03
- Location: Jakarta
Soal beda engine dan electric.....he he he yang jelas ongkosnya electric lebih mahal.....
Tapi electric selalu bersih abis main.....
Karena terbang saya masih belepotan saya masih pilih engine, trus juga untuk menghaluskan jempol fuel abis bisa lgs isi dan terbang lagi.. beda dg electric musti nunggu charge dulu...
Tapi electric selalu bersih abis main.....
Karena terbang saya masih belepotan saya masih pilih engine, trus juga untuk menghaluskan jempol fuel abis bisa lgs isi dan terbang lagi.. beda dg electric musti nunggu charge dulu...
- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 582
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
sony wrote:ok pak sudah I save itu patternya..btw itu aeropetnya sampean ya pak? cakep eui
Iya oom, Jujur saya ambil Aeropet karena warnanya eyecatching habis, juga soalnya waktu itu belum banyak menimba ilmu dari Oom Bambang, jadi utk saya warna lebih penting.

](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
setelah kemarin berkunjung ke Halim dan melihat manuver Oom Bambang, sepertinya next F3A plane saya Venus II, soalnya itu pesawat nurut banget ama yg punya, atau mungkin karena jempolnya ya????

Oom Bambang, thanks untuk infonya, utk mendatangnya mohon pencerahan lagi tips untuk belajar temen2 di cibinong dan cibubur, mulai dari mana kalo belajar, apa harus langsung kelas 90 atau bisa dari 50 dulu, karena hitung2 pesawat F3A itu sangat bervariasi ...bahkan harganya ada yg sama dgn mobil??

- bwijono
- Posts: 7
- Joined: 22 Jun 2007, 14:03
- Location: Jakarta
Om Budi saya sekarang lagi mo coba spot on 120.....
Mudah" sabtu ini udah kelar dirakit, jadi bisa nyobain....
Menurut pengalaman Venus II pake engine heli 91ST sebenernya utk manuver tertentu masih kurang powernya. Lebih baik dengan YS110, kecepatan pesawat menjadi konstan di tiap manuver. Jadi kemarin pake 2 stroke karena part di NTC ga kunjung nongol...
Mulai belajar rasanya ngga perlu lgs 90, bahkan saya sendiri belajar dengan tiger2. Begitu udh tau karakteristik manuver intermediate baru ganti pesawat patern... Melihat kepiawaian Om Budi kemarin, rasanya belajar F3A ga lama tuh

Mudah" sabtu ini udah kelar dirakit, jadi bisa nyobain....
Menurut pengalaman Venus II pake engine heli 91ST sebenernya utk manuver tertentu masih kurang powernya. Lebih baik dengan YS110, kecepatan pesawat menjadi konstan di tiap manuver. Jadi kemarin pake 2 stroke karena part di NTC ga kunjung nongol...
Mulai belajar rasanya ngga perlu lgs 90, bahkan saya sendiri belajar dengan tiger2. Begitu udh tau karakteristik manuver intermediate baru ganti pesawat patern... Melihat kepiawaian Om Budi kemarin, rasanya belajar F3A ga lama tuh
