Page 3 of 9

Posted: 02 Aug 2008, 10:26
by coyo
ngukur kv-nya pake apa Suhu?

Posted: 02 Aug 2008, 13:05
by yagus
coyo wrote:Sekedar buat referensi, mungkin hasilnya gak bisa sama persis tapi minimal mendekatilah....
Image

Image

Image

Image

Image

untuk lengkapnya bisa liat di http://www.badcock.net


ini semua maksudnya apa yah ? maap newbie.

Posted: 02 Aug 2008, 14:39
by coyo
misalnya yg di tabel paling atas, dengan jumlah lilitan 14T dengan kawat ukuran 26AWG terminasi WYE(Star), dengan lipo 2s (7.4V) prop GWS HD 4,5x4 akan didapat thrust 105gr

Nah, klo sy, cara pakenya dibalik. Misalnya punya batere 3s (11.1V) + prop GWS 7035, untuk mendapat thrust yg optimal mesti bikin motor [18T 26AWG WYE] yg jumlah lilitannya 18T, ukuran kawat 26AWG terminasi WYE

Semoga penjelasan sy bisa dimengerti ato malah tambah membingungkan??

Posted: 02 Aug 2008, 14:59
by yagus
Terima kasih om coyo.
Lumayan mengerti. Kalo 'kawat ukuran 26AWG' ini maksudnya apa? kan biasanya kawat ukurannya 0.3, 0.4, 0.5 dst. Maap tanya trus hehehhe :)

Posted: 03 Aug 2008, 07:19
by iwan21
coyo wrote:ngukur kv-nya pake apa Suhu?


dulu sempet minjem tachometer....KV antara 2900 ~ 3100 yg dipasang di Haoye 64mm EDF

Re: Step by step modif CDR motor

Posted: 10 Jun 2009, 17:11
by abiazfa69
klo motor cd rom kawat diganti yg biasa dipake motor tamiya trus magnet tetep aslinya motor cdrom masih bisa muter ga ya?
klo muter KV nya jadi berapa? berapa watt daya nya?klo dipasang, maximal bobot pesawat bisa sampai berapa?

jadi pengen nyoba.... :D
cari yg murmer siiii

Re: Step by step modif CDR motor

Posted: 10 Jun 2009, 18:54
by iwan21
abiazfa69 wrote:klo motor cd rom kawat diganti yg biasa dipake motor tamiya trus magnet tetep aslinya motor cdrom masih bisa muter ga ya?
klo muter KV nya jadi berapa? berapa watt daya nya?klo dipasang, maximal bobot pesawat bisa sampai berapa?

jadi pengen nyoba.... :D
cari yg murmer siiii


kawat ok aja pake kawat yg buat tamiya
magnet asli gak bisa dipake, kurang kuat dan cepet panas
maksimum powernya 60 watt dan bisa bawa pesawat sampe bobot 300 gr

Re:

Posted: 31 Dec 2009, 16:33
by kula
yagus wrote:Terima kasih om coyo.
Lumayan mengerti. Kalo 'kawat ukuran 26AWG' ini maksudnya apa? kan biasanya kawat ukurannya 0.3, 0.4, 0.5 dst. Maap tanya trus hehehhe :)


mohon pencerahan utk pertanyaan yg ini blm dijawab....
makaciihhh...

Re: Step by step modif CDR motor

Posted: 01 Jan 2010, 02:41
by rachmatjeny
hihi... om kula gimana PEERnya?...

saya udah nyoba sesuai saran suhu iwan..

20 lilitan. dan pake kawat ex trafo 2A 3x

bongkaran 2408 motor
di test bisa muter.
pake prop 7x4.

tapi kok trus sepertinya kurang nendang ya...

jadi mau nanya lagi nich..

jumlah lilita pengaruhnya apa?
dan
besar kawat pengarunya juga apa?

udah baca dari hal 1.. tapi kok gak nemu jawabannya ya.. ato bahasanya ketinggian ya... :-k

mohon penjelasan simple jangan pake bahasa luar angkasa ya suhu...
pake bahasa tanah abang aja \:D/

terimakasih suhu :muach:

Re: Step by step modif CDR motor

Posted: 01 Jan 2010, 14:03
by kula
Justru itu Om RJB, daku punya keyakinan bhw diameter n jmlh lilitan sgt pengaruh. Itu sebabnya daku msh menanti jawabannya. Sdgkan utk jmlh lilitan kan sdh dijwb suhu RJ 21 tuh, antara 14-20