Page 3 of 6

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 12 Jan 2009, 10:28
by Kiki_54
toto wrote:
Kiki_54 wrote:Pak jaka gimana Delta Sportnya Mas Anas udah sampai di bengkelnya Pak jaka?........cepetan repair ya Pak...biar kita test flight lagi..........


Nanti saya kalo jadi kebandung sekalian mo besuk entuh delta sport dan nanti saya kabarin pak hasil rawat inapnya ......... ini juga kalo jadi jalan loh .....

Oom toto...kapan ke bandung....?lanjut ke Cirebon donk ajarin manuver Super Sport, kemarin tgl 11/01 teman2 dari RAC gak sempat ngajrin, karena mereka asyik akrobat dan menikmati lapangan penggung

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 12 Jan 2009, 10:31
by Kiki_54
davit123 wrote:beberapa waktu yang lalu saya tertarik untuk merakit pesawat delta ini, tapi berdasarkan hasil pemantauan saya dari beberapa rekan yang memiliki, rata rata pesawat berakhir cepat dengan crash, dengan gejala pesawat melintir diatas lalu menghujam ke bawah atau pesawat take off gagal, jadi saya agak ragu ingin memiliki pesawat ini, maklum masih pemula, bukan bermaksud menjelek kan tipe pesawat, tapi apakah benar tipe pesawat ini termasuk tipe high skill controller atau memang karakter pesawat ini yg super aktif

Menurut Pak Aby (Jkt) kelas2 kita belum waktunya pakai Delta Sport, kemarin Mas Anas memang kurang cari2 informasi, cuman runding sesama pemua di Cirebon aja (dia dan saya) hehehe....lalu beli...dan gak bisa terbang.

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 12 Jan 2009, 10:42
by setyo antarikso
Kiki_54 wrote:
davit123 wrote:beberapa waktu yang lalu saya tertarik untuk merakit pesawat delta ini, tapi berdasarkan hasil pemantauan saya dari beberapa rekan yang memiliki, rata rata pesawat berakhir cepat dengan crash, dengan gejala pesawat melintir diatas lalu menghujam ke bawah atau pesawat take off gagal, jadi saya agak ragu ingin memiliki pesawat ini, maklum masih pemula, bukan bermaksud menjelek kan tipe pesawat, tapi apakah benar tipe pesawat ini termasuk tipe high skill controller atau memang karakter pesawat ini yg super aktif

Menurut Pak Aby (Jkt) kelas2 kita belum waktunya pakai Delta Sport, kemarin Mas Anas memang kurang cari2 informasi, cuman runding sesama pemua di Cirebon aja (dia dan saya) hehehe....lalu beli...dan gak bisa terbang.


betul pak, pesawat ini tingkat konsentrasinya lebih tinggi dari low wing sejenis supersport/mentor. Meleng dikit resiko gabruk tinggi. Kl mau lbh santai mixing banyak diaktifkan, cuma karakternya jadi berkurang.

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 12 Jan 2009, 17:41
by obien
klu yg sy rasakan delta sport 40 terbangnya lurus banget...enak buat terbang ngebut level sambil flypass...cma klu buat elevator memang agak kurang cepat responya..mungkin perlu dimodif lg bikin yg agak lebar lg, soalnya sy pernah bikin lub, sy dah prediksi ketinggiannya trus begitu dah dapet lingkaran kira2x moncong pswt posisi jam 3/kebawah lurus 90` buat bsa balik dgn cepat keposisi normal, rasanya hidung peswt berat bgt... untung agak tinggi jadinya dapet jga.(pas-pasan bgt) dari situ sy cba stel travel adjust sama D/R di elevator ..agak lumayan..cma ngaruhya nga bgitu banyk.. :)

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 13 Jan 2009, 08:40
by Kiki_54
obien wrote:klu yg sy rasakan delta sport 40 terbangnya lurus banget...enak buat terbang ngebut level sambil flypass...cma klu buat elevator memang agak kurang cepat responya..mungkin perlu dimodif lg bikin yg agak lebar lg, soalnya sy pernah bikin lub, sy dah prediksi ketinggiannya trus begitu dah dapet lingkaran kira2x moncong pswt posisi jam 3/kebawah lurus 90` buat bsa balik dgn cepat keposisi normal, rasanya hidung peswt berat bgt... untung agak tinggi jadinya dapet jga.(pas-pasan bgt) dari situ sy cba stel travel adjust sama D/R di elevator ..agak lumayan..cma ngaruhya nga bgitu banyk.. :)

Pakai engine berapa merk apa Om?

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 13 Jan 2009, 12:07
by setyo antarikso
obien wrote:klu yg sy rasakan delta sport 40 terbangnya lurus banget...enak buat terbang ngebut level sambil flypass...cma klu buat elevator memang agak kurang cepat responya..mungkin perlu dimodif lg bikin yg agak lebar lg, soalnya sy pernah bikin lub, sy dah prediksi ketinggiannya trus begitu dah dapet lingkaran kira2x moncong pswt posisi jam 3/kebawah lurus 90` buat bsa balik dgn cepat keposisi normal, rasanya hidung peswt berat bgt... untung agak tinggi jadinya dapet jga.(pas-pasan bgt) dari situ sy cba stel travel adjust sama D/R di elevator ..agak lumayan..cma ngaruhya nga bgitu banyk.. :)


kl ga salah Om Obin pake 55

karakter yang sama dgn saya, delta 30/55AX. Kl half cuban, narik elevatornya pas vertikal dive berat banget kayak mau terjun bebas. Akhirnya mix elevator - flaperon dipakai, agak mendingan. Apa mungkin horisontal stabilizer nggak sejajar dengan main wing belum ngerti juga, minta pertolongan para suhu suhu nih..

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 14 Jan 2009, 14:12
by DIMAS
Nambahin informasi.......
Waktu kita ke Cibinong.....saya sempet nerbangin pesawat Delta Sport 40 milik pOnKy.....
Bentuk sayap dng leading edge menyerong kebelakang dan aerofoil yg agak tipis adalah ciri pesawat utk ngebut (high speed) dan akibatnya punya karakter Stall speed yg tinggi. Jadi untuk Take off dan Landing pun harus dengan kecepatan yg lebih cepat dibanding peswat sekelasnya.
Akibatnya pesawat akan stall (kelihatannya melintir) pada saat take off karena kecepatannya masih kurang.
Begitu juga waktu mau landing....kecepatan jgn terlalu pelan.....nanti bisa stall.
Salam...

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 14 Jan 2009, 14:13
by toto
Terima kasih Dimas atas pencerahannya tapi masih ada neh nerusin aja pertanyaan dari om Setyo, apakah efek aerodinamikanya apabila kedudukan horizontal stabilizer tidak sejajar dengan wing ........... mohon kiranya pencerahan dari para pakar atau suhu dan sekalian aja apa efeknya apabila kedudukan horizontal stabilizer sebidang maupun lebih tinggi kedudukannya terhadap wing

Terima kasih sebelumnya

Salam

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 14 Jan 2009, 14:43
by Kiki_54
DIMAS wrote:Nambahin informasi.......
Waktu kita ke Cibinong.....saya sempet nerbangin pesawat Delta Sport 40 milik pOnKy.....
Bentuk sayap dng leading edge menyerong kebelakang dan aerofoil yg agak tipis adalah ciri pesawat utk ngebut (high speed) dan akibatnya punya karakter Stall speed yg tinggi. Jadi untuk Take off dan Landing pun harus dengan kecepatan yg lebih cepat dibanding peswat sekelasnya.
Akibatnya pesawat akan stall (kelihatannya melintir) pada saat take off karena kecepatannya masih kurang.
Begitu juga waktu mau landing....kecepatan jgn terlalu pelan.....nanti bisa stall.
Salam...

Sepertinya engine yang kemarin dipasang di Delta sport kekecilan, sehingga walau udah full trotle pesawat gak terangkat, nantisetelag reair akan dicoba ulang. Tksh mas dimas..
Salam untuk papanya

Re: Delta Sport Gak bisa terbang, apa yang salah?

Posted: 14 Jan 2009, 14:46
by DIMAS
Kiki_54 wrote:Mas Dimas....Ini gambar pesawatnya lagi dipegang yang punya waktu mau persiapan test flight
Image

Teorinya....apabila posisi Stabilizer tdk sejajar, maka dorongan angin dari propeler bisa langsung ke arah stabilizer dan tidak terganggu oleh posisi wing, sehingga fungsi stabilizer optimal walaupun kecepatan pesawat rendah.

Apabila posisi sejajar maka dorongan angin dari prop ke arah stabilizer sedikit terganggu oleh posisi wing, shg stabilizer lebih berfungsi optimal karena kecepatan pesawat.

Dampak posisi stabilizer agak terasa pada saat rolling, klo sejajar maka rolling lebih mudah satu garis, kola ga sejajar....biasanya nge barrel (membentuk lingkaran).
Makanya pesawat patern (pada umumnya) sejajar antara wing dng stabilizer.
Salam...