Salam kenal juga Om. . . .
Memang pada pesawat, tidak ada tempat buat error. Sekali jatuh, habislah semuanya. Bahkan pada pesawat modelpun prinsipnya sama. Hanya saja karena jatuh bisa bikin lagi (hanya resiko duit), maka kadang suka seenaknya atau coba-coba. Tapi sebenarnya bisa membahayakan orang lain juga.
Salam,
NGL
flap
Moderator: NGL
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: flap
Ngomong soal FLAP. bagaimana tipsnya atau stepnya utk coba-coba pesawat kita utk menggunakan flaperon? mungkin suhu² bisa berbagi pengalaman.. soalnya pesawat ane udah ane pasang dua servo utk aileron dan rencanya difungsikan juga sbg flaperon... sukron..
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: flap
kalo pengalaman saya dengan menggunakan Tx Jr Propo 2610 (6ch), dan Rx Corona/EZC
- di system menu Tx kita ubah type sayap menjadi flapperon, kemudian matikan tx..
- slot servo sebelah kanan sayap di masukan di slot aileron Rx (biasanya nomer 2 setelah slot untuk esc),
- untuk slot servo sebelah kiri sayap kita hubungkan dengan slot flap di Rx (biasanya slot terakhir/paling bawah)...
silakan untuk suhu lain yang ingin menambahkan....atau mungkin bagaimana apabila kita menggunakan Tx Futaba terimakasih...
- di system menu Tx kita ubah type sayap menjadi flapperon, kemudian matikan tx..
- slot servo sebelah kanan sayap di masukan di slot aileron Rx (biasanya nomer 2 setelah slot untuk esc),
- untuk slot servo sebelah kiri sayap kita hubungkan dengan slot flap di Rx (biasanya slot terakhir/paling bawah)...
silakan untuk suhu lain yang ingin menambahkan....atau mungkin bagaimana apabila kita menggunakan Tx Futaba terimakasih...
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: flap
oooh gak nyambung yaa??? maap..maaph hehehehe....koneksinya lagi lemot nich
om aku pake flapnya di wd, ma semua pesawat homemade ku....(kalo untuk engine aku belum tau)....biasanya kalo untuk elektrik (pengalamanku) dengan konfigurasi tx 2610 itu khan belum ada switch untuk mengatur degree flap jadinya cuma satu switch aja dan itu aku set maksimal 45 derajat..dan itu pun sudah sangat maksimal buat pesawat kelas electric..tinggal digabung dengan maintenance throttlenya aja...namun ya ..itu...flap di klik langsung speed pesawat ngedrop dan pesawat mendongak keatas otomatis throttle harus dinaikkan
namun lama..kelamaan...sepertinya gak banget dech kalo di klik flap langsung maksimal 45 derajat, dan dengan segala keterbatasan itu...saya coba akalin dengan mix flap+elevator, yang bisa di on-off khan fungsinya, sehingga hanya kita nyalakan pada saat mau take-off dan landing saja....dan itu lebih smooth ketimbang landing dengan flap yang menggunakan switch, karena sudut flapnya bisa diatur dengan gimbal txnya dan seiring dengan elevator....malahan bronco saya bisa bertahan harrier sebelum landing lho oom....sekian pengalaman saya om...
om aku pake flapnya di wd, ma semua pesawat homemade ku....(kalo untuk engine aku belum tau)....biasanya kalo untuk elektrik (pengalamanku) dengan konfigurasi tx 2610 itu khan belum ada switch untuk mengatur degree flap jadinya cuma satu switch aja dan itu aku set maksimal 45 derajat..dan itu pun sudah sangat maksimal buat pesawat kelas electric..tinggal digabung dengan maintenance throttlenya aja...namun ya ..itu...flap di klik langsung speed pesawat ngedrop dan pesawat mendongak keatas otomatis throttle harus dinaikkan
namun lama..kelamaan...sepertinya gak banget dech kalo di klik flap langsung maksimal 45 derajat, dan dengan segala keterbatasan itu...saya coba akalin dengan mix flap+elevator, yang bisa di on-off khan fungsinya, sehingga hanya kita nyalakan pada saat mau take-off dan landing saja....dan itu lebih smooth ketimbang landing dengan flap yang menggunakan switch, karena sudut flapnya bisa diatur dengan gimbal txnya dan seiring dengan elevator....malahan bronco saya bisa bertahan harrier sebelum landing lho oom....sekian pengalaman saya om...
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: flap
makasih Om Fajar ulasan pengalamannya... ane juga pake JR2610 ane fungsiin flaperon.. begitu switch flap diaktifin aileron kiri & kanan langsung turun.. apa gak bisa pelan ya turunnya? yg bikin pelan turun flap itu dari radio apa dari servonya ya? Dan flap ane bikin full 125% kegedean ya? Dan di mix elevator down 132%.. belom coba terbang nih.. 

- teddy
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 02 Sep 2007, 14:27
- Location: Jakarta Barat dan Bojonegoro
Re: flap
fajar wrote:kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??
mau nanya mas...kalo pake flapron, aileron turun semua khan...tapi masih bisa fungsi ngga untuk belok, atau belok pake rudder ?...makasih
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 703
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: flap
teddy wrote:fajar wrote:kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??
mau nanya mas...kalo pake flapron, aileron turun semua khan...tapi masih bisa fungsi ngga untuk belok, atau belok pake rudder ?...makasih
sebenernya masih bisa oom...namun kurang maksimal...lebih baik..aktifkan flapperon+elevatornya pas udah final approaching lurus sehingga gak perlu belok2 lagi......namun kalo mau lebih yahud lagi...sebaiknya flap dan aileronnya dipisah...namun boros servo...hihihihi
- rudyWing
- Master Sergeant
- Posts: 417
- Joined: 03 Apr 2008, 07:14
- Location: PGC
- Contact:
Re: flap
fajar wrote:kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??
