flap

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
NGL
Airman
Airman
Posts: 25
Joined: 23 Jan 2007, 13:30
Location: Cimahi

Re: flap

Post by NGL »

Salam kenal juga Om. . . .
Memang pada pesawat, tidak ada tempat buat error. Sekali jatuh, habislah semuanya. Bahkan pada pesawat modelpun prinsipnya sama. Hanya saja karena jatuh bisa bikin lagi (hanya resiko duit), maka kadang suka seenaknya atau coba-coba. Tapi sebenarnya bisa membahayakan orang lain juga.

Salam,
NGL
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: flap

Post by rudyWing »

Ngomong soal FLAP. bagaimana tipsnya atau stepnya utk coba-coba pesawat kita utk menggunakan flaperon? mungkin suhu² bisa berbagi pengalaman.. soalnya pesawat ane udah ane pasang dua servo utk aileron dan rencanya difungsikan juga sbg flaperon... sukron..
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Re: flap

Post by fajar »

kalo pengalaman saya dengan menggunakan Tx Jr Propo 2610 (6ch), dan Rx Corona/EZC
- di system menu Tx kita ubah type sayap menjadi flapperon, kemudian matikan tx..
- slot servo sebelah kanan sayap di masukan di slot aileron Rx (biasanya nomer 2 setelah slot untuk esc),
- untuk slot servo sebelah kiri sayap kita hubungkan dengan slot flap di Rx (biasanya slot terakhir/paling bawah)...

silakan untuk suhu lain yang ingin menambahkan....atau mungkin bagaimana apabila kita menggunakan Tx Futaba terimakasih...
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: flap

Post by rudyWing »

@OM Fajar... mungkin maksud ane persiapan utk landingnya getoohh.. brapa prosentase utk flap dan elevator yg Om gunakan? atau ada hal² lain yg perlu dipertimbangkan saat mencoba flap diudara?
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Re: flap

Post by fajar »

oooh gak nyambung yaa??? maap..maaph hehehehe....koneksinya lagi lemot nich

om aku pake flapnya di wd, ma semua pesawat homemade ku....(kalo untuk engine aku belum tau)....biasanya kalo untuk elektrik (pengalamanku) dengan konfigurasi tx 2610 itu khan belum ada switch untuk mengatur degree flap jadinya cuma satu switch aja dan itu aku set maksimal 45 derajat..dan itu pun sudah sangat maksimal buat pesawat kelas electric..tinggal digabung dengan maintenance throttlenya aja...namun ya ..itu...flap di klik langsung speed pesawat ngedrop dan pesawat mendongak keatas otomatis throttle harus dinaikkan

namun lama..kelamaan...sepertinya gak banget dech kalo di klik flap langsung maksimal 45 derajat, dan dengan segala keterbatasan itu...saya coba akalin dengan mix flap+elevator, yang bisa di on-off khan fungsinya, sehingga hanya kita nyalakan pada saat mau take-off dan landing saja....dan itu lebih smooth ketimbang landing dengan flap yang menggunakan switch, karena sudut flapnya bisa diatur dengan gimbal txnya dan seiring dengan elevator....malahan bronco saya bisa bertahan harrier sebelum landing lho oom....sekian pengalaman saya om...
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: flap

Post by rudyWing »

makasih Om Fajar ulasan pengalamannya... ane juga pake JR2610 ane fungsiin flaperon.. begitu switch flap diaktifin aileron kiri & kanan langsung turun.. apa gak bisa pelan ya turunnya? yg bikin pelan turun flap itu dari radio apa dari servonya ya? Dan flap ane bikin full 125% kegedean ya? Dan di mix elevator down 132%.. belom coba terbang nih.. :-k
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Re: flap

Post by fajar »

kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??
User avatar
teddy
trainee
trainee
Posts: 14
Joined: 02 Sep 2007, 14:27
Location: Jakarta Barat dan Bojonegoro

Re: flap

Post by teddy »

fajar wrote:kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??

mau nanya mas...kalo pake flapron, aileron turun semua khan...tapi masih bisa fungsi ngga untuk belok, atau belok pake rudder ?...makasih
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 703
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Semarang, Jawa Tengah....

Re: flap

Post by fajar »

teddy wrote:
fajar wrote:kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??

mau nanya mas...kalo pake flapron, aileron turun semua khan...tapi masih bisa fungsi ngga untuk belok, atau belok pake rudder ?...makasih


sebenernya masih bisa oom...namun kurang maksimal...lebih baik..aktifkan flapperon+elevatornya pas udah final approaching lurus sehingga gak perlu belok2 lagi......namun kalo mau lebih yahud lagi...sebaiknya flap dan aileronnya dipisah...namun boros servo...hihihihi
User avatar
rudyWing
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 417
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC
Contact:

Re: flap

Post by rudyWing »

fajar wrote:kalo mau pelan turunnya seperti yang saya ulas sebelumnya oom...di mix dengan elevator....pasti uenak dech..btw untuk pesawat apa nich??? electric?? engine??


:-k Maksud Om Fajar begini: saat switch flap aktif, flap gak turun tp akan turun saat chanel elevator dimainin gitu? trus.. koneksi servo tetap? aileron 1 -> chanel aileron, aileron 2 -> chanel mix1 ...? pesawat electrik
Post Reply