(Q) review Pesawat F3A

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

Post Reply
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by handoyo6299 »

Kalau di pesawat Stall turn gimana ya om, kalau pada heli khan tinggal mainkan ruddernya, tail up, jadilah dia meluncur kebawah.... nah kalao pesawat gimana om Kula.. :bow: :bow: :bow:
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by kula »

kata yg sdh bisa : climb 90"...
sampe tepat sblm engine kehilangan daya dorongnya, hajar ruder ke kiri/kanan, shg pswt akan jatuh ke samping...
itu aja udah susah, apalagi ternyata bhw berputar nya harus di titik CG & tidak boleh lebih lebar dari 2x bentang sayap...hayah...susah bgt njelasinnya...wakakak..
help Om Dimas dll....
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by handoyo6299 »

:shock: :shock: :shock: , Wah susyeh om, belum lagi harus koreksi terhadap angin ya om.... tapi yakin kalo kita berlatih terus pasti bisa, ayo Om Kula semangat..... he..h.e..he.
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by kula »

iya Om...memang kata kuncinya cuma 3 :...latihan..latian & berlatih...wakakakak...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by DIMAS »

handoyo6299 wrote:Kalau di pesawat Stall turn gimana ya om, kalau pada heli khan tinggal mainkan ruddernya, tail up, jadilah dia meluncur kebawah.... nah kalao pesawat gimana om Kula.. :bow: :bow: :bow:


kula wrote:kata yg sdh bisa : climb 90"...
sampe tepat sblm engine kehilangan daya dorongnya, hajar ruder ke kiri/kanan, shg pswt akan jatuh ke samping...
itu aja udah susah, apalagi ternyata bhw berputar nya harus di titik CG & tidak boleh lebih lebar dari 2x bentang sayap...hayah...susah bgt njelasinnya...wakakak..
help Om Dimas dll....


Ini ada sedikit gambar gerakan stall turn, yg benar dan supaya nilai ga nol, juga cara2nya.
Kalau udah muali patern, gerakan yg 3D ga sulit deh.....dijamin.....he he

Image

Selamat mencoba....thx, salam...
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by handoyo6299 »

Ada pertanyaan sedikit om Dimas, ini dilakukan dimana Up or Down wind, mohon penjelasan please.... :bow: :bow: :bow: :bow: terus juga saat masuknya roll, harus bagaimana? sorry banyak pertanyaannya... :D :D :D :D
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by DIMAS »

handoyo6299 wrote:Ada pertanyaan sedikit om Dimas, ini dilakukan dimana Up or Down wind, mohon penjelasan please.... :bow: :bow: :bow: :bow: terus juga saat masuknya roll, harus bagaimana? sorry banyak pertanyaannya... :D :D :D :D

Maap ya salah kasih gambar, sebenernya kalau hanya stall turn ga ada gerakan rolling nya.

Kalau yg di gambar ini adalah gerakan stall turn with 1/4 roll,yg ini roll harus diposisi tengah2 jarak antara saat naik dan stall turn. Roll on the middle of line.
Posisi stall turn bisa di sisi kiri dan juga bisa di sisi kanan, tergantung patern nya.

Tapi prinsip stall turn sama dengan yg digambar.
thx, salam...
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by kula »

gak mslh down/up wind om handoyo...krn stall turn kan dilakukan 2x, di kiri 1x lalu di kanan 1x..jd kita akan berhadapan dgn posisi down wind & up wind ...hehehe ( kalo di penggung cirebon, yg kita hadapi selalu adalah cross wind....huahaha)
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by handoyo6299 »

@ om Dimas, matur nuwun sanget penjelasannya, he..h.e. makin penasaran aj nich...
@ om Kula : waks :shock: :shock: :shock: , cross wind.... busyet ap gak lari dari garis tuch om, terus koreksinya gimana om... :bow: :bow: :bow: :bow:
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: (Q) review Pesawat F3A

Post by kula »

handoyo6299 wrote:@ om Dimas, matur nuwun sanget penjelasannya, he..h.e. makin penasaran aj nich...
@ om Kula : waks :shock: :shock: :shock: , cross wind.... busyet ap gak lari dari garis tuch om, terus koreksinya gimana om... :bow: :bow: :bow: :bow:


lah...boro2 bisa ksh jawaban..lha wong daku aja gak tau caranya...huehehe... :-k :-k
Post Reply