Page 3 of 5

Re: Engine Thrust

Posted: 17 Nov 2009, 11:32
by Budi
fandiedge wrote:
Budi wrote:Para Suhu, kalau ngga salah.......NitroOxide, Octane, Cetane merupakan penambah energi/volume bahan bakar, atau menambah Heating Value dari Bahan Bakar (BTU/Calorie) per volume tersebut. Jadi per mililiter terbakarnya BBM menghasilkan energy yang berbeda.

Ini membuat generated Power di crankshaft juga berbeda. Semakin tinggi Heating Valuenya, semakin besar daya yg dihasilkan, semakin tinggi pula temperature yg diakibatkan, juga terjadinya kenaikan akselerasi

Mmmmm.,. apakah kuat silinder bloknya sama pistonnya!!
setau saya pistonnya harus d buat low compresi!!


untuk beberapa aplikasi, karena mengutamakan akselerasi, kompressi akhirnya terlalu tinggi sehingga volume ruang bakar harus diperbesar dengan menambah gasket/shim. Material Piston dan Con-rod juga diganti dgn alloy yg tahan panas dan lebih kuat

contohnya, untuk heli engine OS90 menyarankan penambahan 2 shim (disediakan di box) untuk penggunaan Nitro tinggi...

Re: Engine Thrust

Posted: 17 Nov 2009, 16:04
by fandiedge
Budi wrote:
fandiedge wrote:
Budi wrote:Para Suhu, kalau ngga salah.......NitroOxide, Octane, Cetane merupakan penambah energi/volume bahan bakar, atau menambah Heating Value dari Bahan Bakar (BTU/Calorie) per volume tersebut. Jadi per mililiter terbakarnya BBM menghasilkan energy yang berbeda.

Ini membuat generated Power di crankshaft juga berbeda. Semakin tinggi Heating Valuenya, semakin besar daya yg dihasilkan, semakin tinggi pula temperature yg diakibatkan, juga terjadinya kenaikan akselerasi

Mmmmm.,. apakah kuat silinder bloknya sama pistonnya!!
setau saya pistonnya harus d buat low compresi!!


untuk beberapa aplikasi, karena mengutamakan akselerasi, kompressi akhirnya terlalu tinggi sehingga volume ruang bakar harus diperbesar dengan menambah gasket/shim. Material Piston dan Con-rod juga diganti dgn alloy yg tahan panas dan lebih kuat

contohnya, untuk heli engine OS90 menyarankan penambahan 2 shim (disediakan di box) untuk penggunaan Nitro tinggi...

Oo gitu.,.,. secara ssaya blom punya engine dan gasoline.,.,
Tapi masalah dengan pendinginnya cooling sistemnya gimana ya?
apakah cuma dengan udara doang? berarti penurunan ketahan mesinnya gampang ber kurang!!
ada cair khusus yang di buat untuk melapisi metal (namanya ngga tau apa) dia bisa reduce panas dari gesekan2 mungkin itu bisa membantu ketahanan mesin,.,
ada ngga piston plane seperti ini
ImageImage

Re: Engine Thrust

Posted: 17 Nov 2009, 16:26
by fandiedge
Maaf ya om budi ., [-o< [-o< .,
saya cuman saya penasaran sama mesin2 buat plane ini,.,.
pabrikan cuman buat mesin dan tidak memikirkan cooling sistemnya!!
klo menurut saya see mesin apapun bisa di optimalisasikan tapi sesuai batas2 yang di buat d pabrikan!!
tapi klo cuman meningkatin akselerasinya ato powerny doang, bagaimana dengan ketahannannya!!
karna panas itu yang dapat menyebabkan mesin mati ato istilah anak2 otomotif kampung (ngejam)
macet,., syukur2 cuman macet klo somplak ring pistonya ato bloknya pecah AMPPUUUUUN DEH!!

Re: Engine Thrust

Posted: 17 Nov 2009, 16:49
by justinus
fandiedge wrote:Maaf ya om budi ., [-o< [-o< .,
saya cuman saya penasaran sama mesin2 buat plane ini,.,.
pabrikan cuman buat mesin dan tidak memikirkan cooling sistemnya !!


:?: :?: :?:

Re: Engine Thrust

Posted: 17 Nov 2009, 17:19
by kula
gak setuju dgn statement gak mikirin cooling system akh... Kalo gak mikirin, pasti gak di ksh heatsink... Hehehe..

Re: Engine Thrust

Posted: 17 Nov 2009, 18:09
by fandiedge
kula wrote:gak setuju dgn statement gak mikirin cooling system akh... Kalo gak mikirin, pasti gak di ksh heatsink... Hehehe..

wah suhu kula,,.,., maklum saya kan newbie!!
apakah ngga bisa pake semacam oli cooler or radiator air!!
:bow: :bow:

Re: Engine Thrust

Posted: 18 Nov 2009, 07:22
by Budi
fandiedge wrote:ada cairan khusus yang di buat untuk melapisi metal (namanya ngga tau apa) dia bisa reduce panas dari gesekan2 mungkin itu bisa membantu ketahanan mesin,.,



ada pak, namanya Xado, lebih tepatnya GEL/Pasta, kandungannya ceramic prebonded dengan magnetic metal, atau disebut magnetized ceramic, cara kerjanya pada temperature tinggi ceramic/metal ini mengisi groove dan melapisi dinding2 metal yag ada sehingga permukaan metal yang ada lebih halus(roughness lebih rendah)


Back to Engine Thrust........... Thrust sangat tergantung dengan karakteristik aerodinamic dari propeller. Lebar Bilah, sudut serang(AoA), dll. Jadi perhitungan nya sangat mengarah pada manufacturer data sheet.

Re: Engine Thrust

Posted: 18 Nov 2009, 09:49
by vavansunburn
fandiedge wrote:
kula wrote:gak setuju dgn statement gak mikirin cooling system akh... Kalo gak mikirin, pasti gak di ksh heatsink... Hehehe..

wah suhu kula,,.,., maklum saya kan newbie!!
apakah ngga bisa pake semacam oli cooler or radiator air!!
:bow: :bow:


Salam kenal Om fandiedge,
Saya juga newbie, yang lagi ngelamar jadi anak muridnya Suhu Budi..hehe..
Boleh sharing dikit ya..
Memang musuh utama engine RC adalah overheat, lihat saja : betapa besarnya heatsink di engine RC Car karena RPM nya nyampe 30ribuan dan letak enginenya ada didalam bodyshell. pendinginan hanya diperoleh dari lubang di kaca depan dan samping mobil. sedangkan heatsink engine RC Plane lebih kecil karena sudah didinginkan oleh prop yang ada didepan engine (tractor prop).

Sistem radiator di engine RC modelling sudah dipakai di engine RC Boat. Heatsink fin dganti dengan "radiator" yang berisi air mengalir. airnya sendiri berasal dari air luar yang dipompa oleh tekanan prop lewat selang yang berada di dekat prop.

Karena itu setahu saya, pabrikan OS saja ga mau kasih garansi untuk engine Ducted sama Boat.

Kalo ada yang mo koreksi, ditunggu ya Om...

Re: Engine Thrust

Posted: 18 Nov 2009, 10:38
by su-31
justinus wrote:Ini yang asyik. Suhu electric ketemu suhu nitro ketemu suhu gasser, dipandu dalang eyang Toto. Kayak KPK ketemu Polisi ketemu Jaksa. :lol:


..ya sukur ada penengahnya yaitu Bang Justinus Nasution sebagai pimpinan Team 8.

Re: Engine Thrust

Posted: 18 Nov 2009, 10:45
by AgoesAurelz
su-31 wrote:
justinus wrote:Ini yang asyik. Suhu electric ketemu suhu nitro ketemu suhu gasser, dipandu dalang eyang Toto. Kayak KPK ketemu Polisi ketemu Jaksa. :lol:


..ya sukur ada penengahnya yaitu Bang Justinus Nasution sebagai pimpinan Team 8.


hmmm.... yang jadi Angg@do dan Antas@ri siapa dong, eyang?? :-k :-k