Untuk CMP cessna 46,saya merasa ada yg aneh, yaitu wing nya mempunyai sudut serang terhadap centerline body dan elevator,sehingga sy merasakan speednya belum cukup, ni pes sdh mau take off sj,jadi rawan stall, kemudian bagian belakang sayap saya ganjal untuk menurunkan sudut serang sayapnya,terbangnya jadi mendingan cuma pes jd aneh karena sayap belakangnya jdi mangap....atau cuma punya sy sj yg begini ya? cessna sy yg lain (ESM 120) tdk ada sudut serangnya sama sekali,terbangnya bagus skl.
Untuk piper J3 cub,sy sdh coba TWM EP,TWM Clipwing EP,Carlgolberg 70,Kyoso 46,Sig 1/4 scale. semuanya itu butuh mixing Rudder to Aileron supaya beloknya bisa mulus,serta cg yg benar2 harus diperhatikan,sedangkan untuk TWM J3 25 sy tdk pernah punya tapi melihat teman dilapangan dgn pes ini yg spin melulu dan paling gampang stall, solusi yg bisa dicoba ya cek cg baik2 dan usahakan mixing diatas...
Antara Cessna Skylane 46 dan Avistar
- seasickers
- Airman
- Posts: 30
- Joined: 23 Jan 2007, 13:50
- Location: Semarang
- Contact:
- Yagee
- Staff Sergeant
- Posts: 273
- Joined: 25 Jan 2007, 09:51
- Location: Semarang Kaline Banjir
- Contact:
Piper j3 cub twm 26s memang butuh ketrampilan tangan dan perasaan sebenarnya menggunakan engine 25 udah cukup...propeller 9x6 bolly usahakan posisi mesinnya inverted dan kuncinya pada cg badab dan cg sayap...
cg sayap yaitu keseimbangan antara beban sayap kanan dan kIri karena faktor penempatan engine...caranya pegang ujung as proppeler/engine dgn satu telunjuk sementara telunjuk yg lain letakkan di ujung ruder bagian bawah...lihat titik keseimbangannya kalo berat kanan ya sayap kiri tempelin pemberat sampai imbang...
cara menerbangkan Piper twm 26s....( BERSAMBUNG )
cg sayap yaitu keseimbangan antara beban sayap kanan dan kIri karena faktor penempatan engine...caranya pegang ujung as proppeler/engine dgn satu telunjuk sementara telunjuk yg lain letakkan di ujung ruder bagian bawah...lihat titik keseimbangannya kalo berat kanan ya sayap kiri tempelin pemberat sampai imbang...
cara menerbangkan Piper twm 26s....( BERSAMBUNG )
- djonipln
- trainee
- Posts: 10
- Joined: 28 Feb 2007, 11:13
Yagee wrote:Piper j3 cub twm 26s memang butuh ketrampilan tangan dan perasaan sebenarnya menggunakan engine 25 udah cukup...propeller 9x6 bolly usahakan posisi mesinnya inverted dan kuncinya pada cg badab dan cg sayap...
cg sayap yaitu keseimbangan antara beban sayap kanan dan kIri karena faktor penempatan engine...caranya pegang ujung as proppeler/engine dgn satu telunjuk sementara telunjuk yg lain letakkan di ujung ruder bagian bawah...lihat titik keseimbangannya kalo berat kanan ya sayap kiri tempelin pemberat sampai imbang...
cara menerbangkan Piper twm 26s....( BERSAMBUNG )
...ach..yang bener bos?
- wa2n
- Technical Sergeant
- Posts: 338
- Joined: 17 Feb 2007, 13:23
- Location: Banjarbaru (KalSel)
- Contact:
@ Om Paskal, kalo V Mar sy punya Subaru & De Havilland (sy pasang float skid), untuk produk V Mar mereka nggak pake monokote tapi policote jd tdk ada tumpang tindih warna seperti monocote yg sering ngelontok kl kena oli / minyak. policote lebih rapih. Pesawat Subaru sangat cocok untuk pemula dan advant karena karakteristik terbangnya anteng banget dan sdh dilengkapi flap, tp servonya jd banyak banget (7 bh servo).
Untuk pesawat trainer n22 superstar lumayan kuat bodinya tp T77 produk Seagull lebih kuat dan terbangnya enak, apalagi bentuk sayapnya dehidral jd sangat stabil dan cocok utk pemula.
Untuk pesawat trainer n22 superstar lumayan kuat bodinya tp T77 produk Seagull lebih kuat dan terbangnya enak, apalagi bentuk sayapnya dehidral jd sangat stabil dan cocok utk pemula.
- Yagee
- Staff Sergeant
- Posts: 273
- Joined: 25 Jan 2007, 09:51
- Location: Semarang Kaline Banjir
- Contact:
- tn
- Staff Sergeant
- Posts: 214
- Joined: 17 Jan 2007, 17:44
- Location: seribu sungai (Banjarmasin)
- Contact:
djonipln wrote:Yagee wrote:Piper j3 cub twm 26s memang butuh ketrampilan tangan dan perasaan sebenarnya menggunakan engine 25 udah cukup...propeller 9x6 bolly usahakan posisi mesinnya inverted dan kuncinya pada cg badab dan cg sayap...
cg sayap yaitu keseimbangan antara beban sayap kanan dan kIri karena faktor penempatan engine...caranya pegang ujung as proppeler/engine dgn satu telunjuk sementara telunjuk yg lain letakkan di ujung ruder bagian bawah...lihat titik keseimbangannya kalo berat kanan ya sayap kiri tempelin pemberat sampai imbang...
cara menerbangkan Piper twm 26s....( BERSAMBUNG )
...ach..yang bener bos?
emang pa'de Joni pernah punya pengalaman nebangkan Piper J3 Cub..........?????

- tn
- Staff Sergeant
- Posts: 214
- Joined: 17 Jan 2007, 17:44
- Location: seribu sungai (Banjarmasin)
- Contact: