Sickle 46e F3A
- Turbofly
- Airman First Class
- Posts: 71
- Joined: 04 Apr 2010, 14:43
- Location: Jakarta Timur
Re: Sickle 46e F3A
Walaah ini kapan datangnya Dan, muaantab euy pindah aliran ya
wktu k rmh kok ini ga ada ..
wktu k rmh kok ini ga ada ..
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Sickle 46e F3A
iwan21 wrote:Kalo liat beratnya yg sampe 2200gr, coba kita pake itung2an om suhu Budi
Utk f3A perlu power 150 sampe 200 watt/lbs, atau ekivalen 150 sampe 200 watt/450 gr.
nah dg berat yg 2200, powernyua minimal kita ambil yg 150 watt/450gr, maka kira2 perlu motor minimal kelas 600 watt.
supaya aman lagi, hasil itungan diatas kita kaliin 150%, maka jadinya 1,5 x 600 = 900 watt.
Kita carilah motor2 kelas 900 watt.
Utk ESC sendiri, tentu kita hitung yg ampu sampe lipo 6 sel ( tegangan kerja 20 Volt), kira2 perlu ESC 900x1,5/20= 65 ampere.
kalo pake lipo 4 sel ( tegangan kerja kisaran 13 Volt) , maka ESC nya 900x1,4/13 = 100 Amp..
kapasitas ESC sengaja dikali 1,5 kali dari hitungan motor, supaya aman
setuju.......soalnya banyak ESC sekarang yang tulisannya 65 Amp, tapi begitu di tarik 65 Amp lama2 ngebul.....
jadi amannya di lebihkan.....
terus saya saran menggunakan 6 cell, karena ukuran prop menjadi tidak terlalu besar dan drawdown pada saat accelerasi juga amperenya rendah.....ESC aman.... Batt sehat.....
dengan menggunakan batt 4500mAh arus rata2 30 Amp (peak 45) maka bisa terbang sekitar 8 menit.
- Turbofly
- Airman First Class
- Posts: 71
- Joined: 04 Apr 2010, 14:43
- Location: Jakarta Timur
Re: Sickle 46e F3A
Budi wrote:iwan21 wrote:Kalo liat beratnya yg sampe 2200gr, coba kita pake itung2an om suhu Budi
Utk f3A perlu power 150 sampe 200 watt/lbs, atau ekivalen 150 sampe 200 watt/450 gr.
nah dg berat yg 2200, powernyua minimal kita ambil yg 150 watt/450gr, maka kira2 perlu motor minimal kelas 600 watt.
supaya aman lagi, hasil itungan diatas kita kaliin 150%, maka jadinya 1,5 x 600 = 900 watt.
Kita carilah motor2 kelas 900 watt.
Utk ESC sendiri, tentu kita hitung yg ampu sampe lipo 6 sel ( tegangan kerja 20 Volt), kira2 perlu ESC 900x1,5/20= 65 ampere.
kalo pake lipo 4 sel ( tegangan kerja kisaran 13 Volt) , maka ESC nya 900x1,4/13 = 100 Amp..
kapasitas ESC sengaja dikali 1,5 kali dari hitungan motor, supaya aman
setuju.......soalnya banyak ESC sekarang yang tulisannya 65 Amp, tapi begitu di tarik 65 Amp lama2 ngebul.....
jadi amannya di lebihkan.....
terus saya saran menggunakan 6 cell, karena ukuran prop menjadi tidak terlalu besar dan drawdown pada saat accelerasi juga amperenya rendah.....ESC aman.... Batt sehat.....
dengan menggunakan batt 4500mAh arus rata2 30 Amp (peak 45) maka bisa terbang sekitar 8 menit.
Waah menarik dan lengkap ulasan dari suhu Budi & suhu Roji sampe memancing ane buka thread yg lain supaya lebih mudeng....kemaren malam sempat nemu thread yg kesimpulannya mirip sama yang ditanyakan suhu Rachmat jeny (RJ) untuk konversi & pilihan motor kelas 50...
" contoh motornya adalah
Axi 4120/14 brushless motor, Jeti Opto 70 amp controller, 13x10 APC-E prop
atau pilihan ke Option 2
2. TR 42-60C 500Kv Brushless Outrunner
Model: TR42-60C
Speed : 500Kv
Max Efficiency : 38A
Max Load : 50A
Weight : 280grams
Lipo Cell requirements: 3~7cell
No Load Current : 4.3A
Resistance: 23mh
Power: 900W
Shaft: 5mm
Suggested prop: 13x10e ~ 20x10e
apakah kesimpulannya sama utk model pswt di atas..misalkan sama persis...Bagaimana pilihan untuk propelernya apakah cocok ( 13x10e)
& pilihan propeler createrianya berdasarkan apa ya ?
1. aplikasi penggunaan (slow flyer, aerobatic, F3A..dll )
2. daya dorong yng diinginkan
3. daya motor
4. atau tergantung dari daya batteray
dan satu lagi suhu...spertinya ada 2 dimensi penting dari propeller yaitu lenght & pitch contoh 13x10e , 14x7.. dst, ukuran tsb menjelaskan apa & kapan perbandingan antara "lenght/pitch" digunakan..& tanda "e" dibelakang angka 10 artinya apa juga ya ?
makasi atas pencerahannya & mohon maaf bila pertanyanya terlalu mendasar maklum pemula minus 10...hehe
Salam
Didit
- Kang Dadan
- Senior Airman
- Posts: 197
- Joined: 24 Oct 2008, 16:29
- Location: BANDUNG
- Contact:
Re: Sickle 46e F3A
@pa budi: trimakasih ataspencerahannya pa budi,,,perlahan2 saya mulai mengerti,,,hehe
@turbosky:iya a didit ni baru dateng kemaren,,hehe
nah thread ini yg saya cari2,,,,,pesawatnya om rj setipe sama pesawat saya kayaknya
http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=8&t=6561
@turbosky:iya a didit ni baru dateng kemaren,,hehe
nah thread ini yg saya cari2,,,,,pesawatnya om rj setipe sama pesawat saya kayaknya
http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=8&t=6561
- Turbofly
- Airman First Class
- Posts: 71
- Joined: 04 Apr 2010, 14:43
- Location: Jakarta Timur
Re: Sickle 46e F3A
Kang Dadan wrote:@pa budi: trimakasih ataspencerahannya pa budi,,,perlahan2 saya mulai mengerti,,,hehe
@turbosky:iya a didit ni baru dateng kemaren,,hehe
nah thread ini yg saya cari2,,,,,pesawatnya om rj setipe sama pesawat saya kayaknya
http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=8&t=6561
bener se-type ya...hehe...baik juga para suhu kita....ga cape2nya kasi jawaban berulang..
...problem solvingnya jg sdh teruji...muantab !!
- Kang Dadan
- Senior Airman
- Posts: 197
- Joined: 24 Oct 2008, 16:29
- Location: BANDUNG
- Contact:
Re: Sickle 46e F3A
iya a didit,,kayaknya setipe,,,,paling bedi dikit dimensi n berat nya doank
dipikir2 elektrik lebih pusing ya milih2 konfigurasi pendorongnya,,,ga kayak engine,,,kasih os 55ax prop 12x8-10 dah jadi

dipikir2 elektrik lebih pusing ya milih2 konfigurasi pendorongnya,,,ga kayak engine,,,kasih os 55ax prop 12x8-10 dah jadi


- Turbofly
- Airman First Class
- Posts: 71
- Joined: 04 Apr 2010, 14:43
- Location: Jakarta Timur
Re: Sickle 46e F3A
yup..di market tersedia bnyk pilihan spec konfigurasi pendorongnya ...bingung cari yg terbaik... ujung2nya minta nasihat tuan guru suhu dech...hehe
- rachmatjeny
- Captain
- Posts: 1670
- Joined: 19 Mar 2009, 21:55
- Location: Depok
- Contact:
Re: Sickle 46e F3A

motornya yang pernah saya pake ini om..
tapi escnya cari yang bagusan lagi.. setau saya turnigi 80A cukup..
semoga membantu


- rachmatjeny
- Captain
- Posts: 1670
- Joined: 19 Mar 2009, 21:55
- Location: Depok
- Contact:
Re: Sickle 46e F3A
3. TURNIGY 50-55A 400kv Outrunner (Eq.4120/18)

Spec.
TR-55A
Max Eff: 50A
Max Load: 68A
Kv: 400
Weight: 300gr
Pull : 1900~4000gr
Prop Size: 14x9 or 13x8
Voltage Range : 10~22v
Load Current: 2.7A
Shaft: 8mm
Power equivalent : .40 to .60 glow engine
NOTE: maap kang yng tadi... balesnya disini

Spec.
TR-55A
Max Eff: 50A
Max Load: 68A
Kv: 400
Weight: 300gr
Pull : 1900~4000gr
Prop Size: 14x9 or 13x8
Voltage Range : 10~22v
Load Current: 2.7A
Shaft: 8mm
Power equivalent : .40 to .60 glow engine
NOTE: maap kang yng tadi... balesnya disini

- Kang Dadan
- Senior Airman
- Posts: 197
- Joined: 24 Oct 2008, 16:29
- Location: BANDUNG
- Contact:
Re: Sickle 46e F3A
rachmatjeny wrote:
motornya yang pernah saya pake ini om..
tapi escnya cari yang bagusan lagi.. setau saya turnigi 80A cukup..
semoga membantu
![]()
rachmatjeny wrote:3. TURNIGY 50-55A 400kv Outrunner (Eq.4120/18)
Spec.
TR-55A
Max Eff: 50A
Max Load: 68A
Kv: 400
Weight: 300gr
Pull : 1900~4000gr
Prop Size: 14x9 or 13x8
Voltage Range : 10~22v
Load Current: 2.7A
Shaft: 8mm
Power equivalent : .40 to .60 glow engine
NOTE: maap kang yng tadi... balesnya disini
nah,,,ini yang saya cari2,,,gapapa ga mama om suhu balesnya sini aja biar biar semuanya tau,,,hehe
terimakasih banyak om jen n suhu2 yang lainya,,,,sudah mempunyai gambaran yang cukup jelas untuk konfigurasi motor n esc yang pas buat pesawat saya,,hehe