Page 3 of 4

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 11 May 2011, 08:01
by bagusna
Pak de emang top markotop......
mau tanya nih apa memang benar pengganti nitro bisa menggunakan campuran minyak jarak+alkohol 95% ato mslnya bisa diganti campuran minyak jarak+premix, klau bisa brapa takarannya Pakde..... :tlt :tlt :tlt

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 11 May 2011, 11:43
by sudjai sarmo
@bagusna
Methanol mau diganti dengan Alkohol ? ya tentu bisa, Methanol dan Alkohol masih serumpun karena Alkohol adalah Ethanol tetapi harus dimurnikan dulu dari 95% ke 99,9% agar unjuk kerja Mesin lebih bagus lagi.
Cara memurnikan tetap sama yaitu pakai Batu Kapur yang telah dibakar yang biasanya dipakai pada campuran bahan bangunan. Ambil batu kapur kemudian diremukan lalu masukan ke Alkohol 95% tadi, reaksinya Alkohol kelihatan mendidih akibat batu kapur bertemu air, bila masih mendidh tambahkan lagi batu kapurnya sampai bila Anda tambahkan batu kapurnya sudah tidak ber reaksi lagi itu tandanya Alkoholnya sudah Murni, tinggal Anda saring campuran tadi dengan kertas saring. Mudah bukan.
Biasanya Alkohol yang diklaim oleh pembuatnya berkadar 95% setelah dimurnikan tersisa hanya sekitar 65% saja, ketahuan bahwa produsen Alkohol tersebut ngibul.

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 18 May 2011, 06:32
by Salimo007
sudjai sarmo wrote:@ gigisekar, semua mesin Gass Turbine pada pesawat berbahan bakar Avigass Turbine atau lazimnya disebut Avtur kalau di negara barat disebut Kerosene kalau di Jawa Timur disebut Lengo Gas sedang di Kalsel biasa disebut Minyak Gas. Pada pewsawat yang terbang sangat tinggi Avtur disimpan pada tangki pesawat yang dilengkapi Heater agar Avtur tidak beku saat terbang tinggi. Sedangkan Bensol adalah bahan bakar pesawat bermesin Piston. Sedangkan bahan bakar Pilotnya bisa saja Soto Betawi lengkap dengan Es Tehnya. Asyik kan.


ooo gitu yaa. pak de saya mau tanya nii, kalo pesawat yang masih menggunakan bensol sekrang ini apa masih ada. terimakasih pade sarmo yang baik hati.

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 18 May 2011, 07:52
by andreas13
:thx :thx IKUT menyimak..... jadi tau & tambah pengetahuan .... ni.... :shy

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 18 May 2011, 08:53
by toto
sudjai sarmo wrote: ............................. Karburatornya sendiri juga sangat berbeda antara Gasser yang hanya terbang datar saja dengan yang inverts. Untuk yang terbang datar digunakan karburator konvensional seperti yang dipakai pada Sepeda Motor, sedangkan pada pesawat yang invert harus digunakan karburator jenis Diagfram ................ ( Nanti akan dikupas lebih detil lagi tentang Diagfram ini ). Maaf mau sarapan dulu nanti disambung lagi.


pa'de suhu sudjai, dengan membaca ulasan di atas sangat menarik nih dan untuk ini saya pengen belajar berdasarkan apa yang saya lihat di Cikempong ada yang menerbangkan pesawat ber BBM Pertamax dengan engine hasil konversi glow to gas tapi tetap pakai kaburator standard glow seperti di foto2 di bawah ini di bolak balik antara lain terbang inverted lama kok mesin tidak mati ya, kira2 fenomena apa yg terjadi dengan Carbu standard glow di invert enggak mati

salam

ini hasil konversinya glow to spark

Image

ini terbangnya posisi KE masa transisi menuju ke posisi invert

Image

nah nyampe deh ke posisi inverted

Image

dan terakhir nekad .................... mata siwer antara udah lewat ranting atau belon

Image

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 19 May 2011, 07:51
by iwanfitrawan
:whoaa :whoaa :whoaa ...temangsang...alias nyatol....

coba jawab pa toto, begini secara tidak sengaja saya buka2 forum mengenai conversi mesin dari nitro ke bensin, salah satu topiknya mengenai kaburator asli nitro tetap digunakan dengan syarat penyembur udara dari kenalpot tetap masuk ke tangki, mengingat ini membantu memompa bensin ke karburator, ini akan berbeda dengan karburator dengan walbro system yang ga perlu lagi keluaran kenalpot untuk masuk kedalam tangki..karna karbu ini sudah ada penghisapnya+penampung bensinya (kl karbu nitrio ga ada penampungnya dan sistem hisap bensinya dengan menggunakan daya hisap dari lubang fenturi..kl walbro system pakai semacam membran yang disebut diafragmanya)
jangan lupa ignition systemnya mengikuti apa yang ada di enjin bensin pada umumnya, antara lain tetap menggunakan sensor magnet untuk mematik businya, busi yang memang untuk bensin(sepertinya ada 2 alternatif mengganti posisi busi /bubut atau mencari busi yg seukuran dengan busi nitro )...

mungkin itu versi ilmu cetek saya, mohon info lanjut...

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 19 May 2011, 08:42
by toto
om suhu iwanfitrawan, terima kasih atas pencerahannya nih jadi nambah ilmu untuk saya masukan dalam buku catatan untuk bagaimana meng uwik2 engine ...... :ok

salam

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 24 May 2011, 16:45
by sudjai sarmo
Maaf Pak Toto, baru bisa jawab karena selama seminggu saya nggak bisa login dan sekarang alhamdulillah sudah kembali semula berkat Mas Roji.
Semua mesin yang pakai karburator pada dasarnya sama, bedanya hanya pada system karburasinya, yang membedakan hanyalah pemakaian bahan bakarnya. Kalau mesin Nitro mau diubah ke Gasser itupun tak akan mengubah karakter karburatornya, yang sangat penting disini adalah perbandingan udara dan bahan bakarnya, bila pada mesin Nitro sekita 4 bagian udara yang dicampur dengan 1 bagian Nitro, tetapi pada mesin Gasser perbandingan tersebut sekitar 15 koma sekian berbanding 1. Perbandingan tersebut adalah yang ideal, tetapi dilapangan sulit diterapkan karena akan mengalami over heating dan biasanya dilapangan kita akan mendapatkan perbandingan sekitar 10 : 1. Jadi kalau kita mau mengubah mesin Nitro jadi Gasser settingan Nitro tidak bisa di aplikasikan pada settingan Gesser karena akan terlalu kebanyakan bahan bakar.
Kalau pakai Nitro bisa jungkir balik mesin tidak mati begitu juga walau pakai Pertamax tentunya akan sama dengan catatan tekanan bahan bakar pada tangki harus tetap ada seperti pada Nitro.



@ salimo 007, pesawat yang berbahan bakar Bensol atau Avigas masih banyak, ciri khas dari pesawat tersebut bisa dipastikan bermesin PISTON tetapi tidak semua yang bermesin Piston berbahan bakar Bensol karena sekarang sudah banyak yang bermesin Diesel dengan bahan bakar Solar.

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 24 May 2011, 17:36
by hulmannapit
sudjai sarmo wrote:@ gigisekar, semua mesin Gass Turbine pada pesawat berbahan bakar Avigass Turbine atau lazimnya disebut Avtur kalau di negara barat disebut Kerosene kalau di Jawa Timur disebut Lengo Gas sedang di Kalsel biasa disebut Minyak Gas. Pada pewsawat yang terbang sangat tinggi Avtur disimpan pada tangki pesawat yang dilengkapi Heater agar Avtur tidak beku saat terbang tinggi. Sedangkan Bensol adalah bahan bakar pesawat bermesin Piston. Sedangkan bahan bakar Pilotnya bisa saja Soto Betawi lengkap dengan Es Tehnya. Asyik kan.



:hah Sungguh, baru tau bahwa yg namanya Avtur itu adalah : MINYAK TANAH........ :wek

Terimakasih pak, informasinya..........

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Posted: 24 May 2011, 23:28
by toto
Pa'de Sudjai, terima kasih atas pencerahannya Dan menjadikan catatan saya selanjutnya dalam melakukan setting engine konversian

Salam