Page 3 of 5

Posted: 25 Jun 2007, 21:03
by Budiman
sudja'i sarmo wrote:Murah meriah adalah tujuan kaum minimalis yang realistis.


Seeeeetuuujuuuuuuuuuuuuuu...Pak Dhe Dja'i.. =D>

salam,

budi

Posted: 05 Aug 2007, 21:49
by sevenslidegrills
Klo HS81 Mg kan metal gear ya klo gak salah? Trs klo yg HS81 biasa apa? trs bagus mana, apa cuma beda di gearnya aja? Performa ke heli sendiri gimana?

Posted: 06 Aug 2007, 08:53
by andre77
HS 81 mau di gunakan di mana? kalo untuk di pasang di ruder jangan yang metal gear karena berat jadi pakai HS 81HB aja sangat pas.

Posted: 06 Aug 2007, 09:20
by Syafik
Yup bener banget... HS81MG dg HB beda gear, beratnya ikut beda apalagi harganya jauh beda... padahal featurenya sama persis... kalau digandengkan dg Gyro240 cocok banget... real best choice untuk servo analog, speed 0.11

Posted: 28 Aug 2007, 10:49
by Dedy
bener pak Djai... mindset tetap minimalist realistis kalau down grade spek sdh nyaman dan aman tentunya lebih baik. Tapi kalau tidak bisa juga jgn dipaksakan. Malah saya lgi coba Trex 450 S pake spek esky servo, gyro HH nya mumer.. :-k [-o<

Posted: 29 Aug 2007, 12:11
by irsansaputra
Saya setuju dengan aliran minimalis realistis :)
Tapi selama saya berkutat dengan hobby ini, memang ada uang, ada barang. Tinggal sejauh mana kita berkenan mengeluarkan uang kita dan apakah yang mahal tsb memang barang bagus atau sekedar mahal. Bisa juga ada barang murah yang murahan hingga bikin sebal atau murah dengan kualitas layak. Kadang sulit membedakan.
Kalau untuk Trex, saya pikir untuk Analog pake HS 81 udah the best, tak perlu yang metal Gear lah, selain mahal toh yang HS81 HB biasa jg nggak rusak pula jika jatuh. Malah saya sarankan untuk menggunakan Gyro yang reliable itu investasi yang bernilai. Tapi kombinasi GY401 & 9254 memang luar biasa, betul2 mantap dan next bisa dipindah ke heli engine hingga class 50 masih oke digunakan.
Untuk cyclic Trex, pemula sebaiknya menggunakan HS 65MG, memang harga servonya mahal banget, tapi Gear Metalnya kokoh untuk bertahan sekedar crash biasa, jadi tinggal memperbaiki heli saja udah bisa terbang lagi. Namun dari pengalaman saya jika udah dipake terbang yang agak lebih dari belajar malah lebih baik menggunakan HS 65HB??!! Aneh ya 8-[ ??
Ceritanya 450SE V2 saya terbang tinggi, satu saat accident menghadap matahari pukul 14 yang cukup silau dan akhirnya loss orientasi. Gubrak heli jatuh inverted dari ketinggian. Trex nya sendiri no problem, yang parah cuma Main Shaft yang mana baut pengikatnya dengan Rotor hub sampai patah. Boom bengkok dikit, chassis sempurna, Gear stripping dikit, spindle bengkok lumrah, Blade Carbon patah normal, Canopy masih oke. Yang parah di Servo!! Servo Elevator patah Horn saja, sedang Aileron Rontok Gear saja, yang apes servo Pitch horn patah, Gear rontok dan servonya tewas he..he...
Kesimpulan saya, MG memang kuat dan mengurangi kerjaan penggantian Gear. Namun saat crash yang kuat justru Anda harus mengganti Horn dan Gear set yang lebih mahal daripada yang HB. Cuma kalau yang HB, kerusakan Gear udah pasti, tapi pengalaman saya Horn dan Linkage aman, tapi Anda harus sering jadi montir mengganti Gear Set di dalamnya.
Kalo menurut saya semua ada masalah nya sendiri2. Itu cerita singkat pengalaman saya, yang terus terang membuat saya jg sedikit frustasi tapi karena hal ini membuat saya belajar lebih banyak. Moga2 sharing ini bermanfaat dalam hubungannya dengan hobby kita yang banyak pilihan ini, bahwa semuanya ada plus minus nya tinggal menyesuaikan dengan penggunaan yang tepat saja :)

Salam

Posted: 29 Aug 2007, 12:50
by andre77
Bener banget om Irsan mending ganti gear yg rompal dari pada motor servo yang kebakar kena beban waktu crash soalnya saya pernah mengalaminya.

Posted: 29 Aug 2007, 13:04
by irsansaputra
Oh, gitu ya Ndre.. Sebenarnya udah ada yg pernah bilang ke saya, tapi saya curiga sebenarnya tak semudah itu Motor terbakar dalam sepersekian detik kena impact seharusnya tidak rusak. Kecuali memang dengan sengaja ditahan dalam kondisi gear tidak kalah akibat kerusakan saya yakin motor yang terbakar karena motor melewan beban. Tapi anehnya punya saya bahkan selain Gear, Horn pun patah, logikanya Impact keras tapi sebentar sekali [-(
Servo sebetulnya tidak mati total, masih bergerak di salah satu End Point dari Movementnya. Cuma dari caranya bergerak terlihat sekarat alias "help me" seolah merintih demikian ha..ha..ha..
Padahal dari dulu kalo crash rendah aja nggak pernah masalah dengan 65MG di Trex SE V1 sebelumnya yang telah dijual. Ini yang di SE V2 sekalinya crash memang saya cukup tinggi, bener2 rontok tuh padahal 65MG baru semuanya. Sekarang saya pake HB aja dengan asumsi lebih rajin ganti gear servo tapi ada sisi positifnya juga dari rompalnya gear.
Memang silaunya matahari itu merupakan momok buat saya, ini kali ketiga terjadi. Pada saat manuver di arah matahari nggak apa2, namun kejadian selalu setelah menjauh dari arah matahari dimana mata saya pasti berkunang2 bekas silau itu yang membuat saya loss orientasi. Saya mengakui beginilah kalo maen nggak liat waktu dan tempat yang tepat, itupun Trex pas jatuh cuma kira2 sisa 0.5 meter dari tepi sebuah kali/sungai kecil! Bablas kalo nyemplung ke air :-({|=

Salam :)

Posted: 29 Aug 2007, 13:53
by Syafik
Pengalamannya bisa dibuat pelajaran yang berharhga

Posted: 29 Aug 2007, 14:55
by Budiman
irsansaputra wrote:Saya mengakui beginilah kalo maen nggak liat waktu dan tempat yang tepat, itupun Trex pas jatuh cuma kira2 sisa 0.5 meter dari tepi sebuah kali/sungai kecil! Bablas kalo nyemplung ke air :-({|=

Salam :)


Weh..kata2 sampean mengingatkan saya pada heli seorang teman yg nyemplung sawah... :lol: ..

salam,

budi