Page 3 of 6
Re: Jet Trainer v1
Posted: 26 Nov 2010, 09:37
by redsky767
ini gambar pas lg di overhaul sekalian sedot lemak.... semua lapisan stiker udah dilepas (gilee....ternyata stlh ditimbang stikernya aja hampir 100 gram

)


lagi nyoba teknik covering dgn lem fox yg dicampur ama tinta printer

teknik ini ternyata murah meria mulus

. komposisinya (6 sendok makan lem fox + 3 tetes tinta kuning) menghasilkan warna kuning yg ngejreng. tinggal diamplas halus trus cet sekali lagi. mudah2an berhasil.
mudah2an besok dah bisa re-maiden lagi....biar bisa lanjutin proyek A400M

Re: Jet Trainer v1
Posted: 05 Dec 2010, 18:50
by redsky767
Re: Jet Trainer v1
Posted: 08 Dec 2010, 00:18
by redsky767
siang tadi rencana mau re-maiden dgn motor yg baru, landing gear udah dipasang, trus aileron juga udah dipasang. kali ini di setting jadi flaperon

...penasaran pengen rasain landing dgn flaps

...



ESC - nya dipasang dibawah body biar dingin...

celakanya pas di tes, ini motor seperti melempem. padahal batre 2650 mAh baru di charge full. ESC-nya pake TowerPro H40A Brushless Speed Controller.

akhirnya bongkar lagi. dan kemudian sy ganti dengan Hobbyking SS Series 50-60A ESC, cuman harus pake UBEC.
pas di tes lagi, baru motornya ngeluarin thrust yg lebih bertenaga...tapi motornya agak nyendat2....kalo full throttle langsung cut off. trus cek lagi wire2nya, ternyata wire bawaan motor harus dikikis dulu sebelum disambung ke terminal connector....
tes ketiga mulai agak lancar...tapi masih agak nyendat dikit2. gak tau kenapa ??? akhirnya gak jadi terbang deh....

. yah...harus nunggu sampe sabtu besok buat re-maiden lagi...
mohon bantuan teman2 semua yg punya pengalaman dgn motor yg nyendat begini ???
Salam
Re: Jet Trainer v1
Posted: 08 Dec 2010, 06:20
by hery_s
oom rezky...mantap tuh pesawatnya, kalau dilihat jarak propeler terlalu dekat ya...kalu mau takeoff apa nggak kena tanah om.
kalau kasus tersendat-sendat motor sih biasanya ada satu gulungan yg putus, kalau kasus motor baru sih mungkin soldernya kurang kena dalamnya kawat email, jadi harus dikikis dulu sampe keliatan kawat tembaganya om...motor nya mantaf tuh, saya pengen juga pake 1 motor buat f14.
Re: Jet Trainer v1
Posted: 08 Dec 2010, 15:26
by redsky767
hery_s wrote:oom rezky...mantap tuh pesawatnya, kalau dilihat jarak propeler terlalu dekat ya...kalu mau takeoff apa nggak kena tanah om.
posisi propellernya aman koq oom hery, udah sy tes pada posisi sudut 45 derajat (tail nyentuh tanah) propellernya gak kena tanah.

. cuman memang kalo mo take off harus gak bisa diatas rumput kayaknya...

. triknya, landing gear belakang sy mundurin ke belakang posisinya hingga dekat dgn propeller...
hery_s wrote:kalau kasus tersendat-sendat motor sih biasanya ada satu gulungan yg putus, kalau kasus motor baru sih mungkin soldernya kurang kena dalamnya kawat email, jadi harus dikikis dulu sampe keliatan kawat tembaganya om...motor nya mantaf tuh, saya pengen juga pake 1 motor buat f14.
gitu ya oom, berarti kawatnya harus di kikis lagi nih. cuman emang motor ini penasaran sy. apa bisa ngangkut beban hingga 1200 gram

. mau test static thrust, agak malas nih...

. btw siapa gragerian yg punya pengalaman dgn motor ini ??? mohon sharing -nya dnk

.
salam.
Re: Jet Trainer v1
Posted: 12 Dec 2010, 14:36
by Syafik
warnanya memang garang dg strip model batik keren om...
saran saya uuntuk kabel dari esc ke motor kalau bisa disolder aja om, pengalaman pake sambungan gitu sering masalah... kadang nyendat2 dan motor gak sempurna memutarnya
Re: Jet Trainer v1
Posted: 13 Dec 2010, 21:39
by redsky767
Re: Jet Trainer v1
Posted: 13 Dec 2010, 22:04
by didin
redsky767 wrote:1. Terbang dengan AUW 1200 gram. ini pesawat kesan nya sangat lemot

.....[mode sok jago : On].
mohon analisa para suhu dan rekan2 semua terhadap masalah ini..

He...he..he...lucu juga ya Om dgn motor ini, berat auw 1200 gram tapi tenaga lemot....
pakai prop 10x5 ya Om...menurut saya ini powernya jadi kurang, perkiraan saya dgn prop ini power di bawah 300 watt (ini perhitungan saya watt efektif minimum utk auw 1200 gram)
Coba 10x7 Om....kalau hitungan saya sudah sampai 300 watt....tenaga oke utk nggangkat auw 1200 gram (Mode sok tahu=ON)
Re: Jet Trainer v1
Posted: 13 Dec 2010, 22:28
by redsky767
didin wrote:redsky767 wrote:1. Terbang dengan AUW 1200 gram. ini pesawat kesan nya sangat lemot

.....[mode sok jago : On].
mohon analisa para suhu dan rekan2 semua terhadap masalah ini..

He...he..he...lucu juga ya Om dgn motor ini, berat auw 1200 gram tapi tenaga lemot....
pakai prop 10x5 ya Om...menurut saya ini powernya jadi kurang, perkiraan saya dgn prop ini power di bawah 300 watt (ini perhitungan saya watt efektif minimum utk auw 1200 gram)
Coba 10x7 Om....kalau hitungan saya sudah sampai 300 watt....tenaga oke utk nggangkat auw 1200 gram (Mode sok tahu=ON)
makasih oom didin masukannya.

. cuman stock propeller saya cuman itu adanya

. atau mungkin bisa di ganti dengan yg 8x6 E ya....

. kalo ini saya punya yg 3 blade...
upsss... hampir lupa, penempatan motor-nya setelah sy cek ulang memang cenderung menukik kebawah (down thrust)

...ato jangan2 ini penyebab utama motor gak mau climbing ya ???

...
tapi, hari minggu kemaren si pesawatnya dah kadung di operasi lagi...

. jadinya V2 pake twin motor oom....

Re: Jet Trainer v1
Posted: 13 Dec 2010, 23:30
by redsky767
karena nafsu untuk terbang kencang dah di ubun2....hari minggu kemaren si jet trainer dioperasi lagi...
akhirnya jadi varian 2....

dengan twin motor. kali ini pake 2 ESC 25 A.
Penempatannya motornya dibikin up-thrust. trus karena gak punya contra rotating propeller yg ukuran 6 x 5 ", penempatan motornya saya bikin left thrust... kira2 begini posisinya :


untuk mounting motornya, pake rexona roll on....


AUW jadi bertambah 1350 gram..... pas di tes static, setengah throttle, sepertinya thrust-nya cukup menjanjikan....

Nah, sy mohon bantuan para suhu dan gragerian,
1. untuk left thrust (berlawanan dengan arah putaran motor) pada prop pusher apakah sudah benar ??? saya udah test taxing dan dengan posisi motor seperti ini pesawat bisa berjalan dengan lurus.
2. Untuk up – thrust apakah sudah benar ??? (posisi motor di belakang dan dibawah sayap)
Terima kasih sekali lagi. Salam hangat…
