Page 3 of 3

Re: tentukan cg trainer

Posted: 10 Feb 2011, 17:38
by toto
sulistio wrote:waduh ilmu dri pakde toto sangat berguna banget.
apa melanggar hak cipta utk menjiplak alat timbangnya :thx
uda ada rencana nih pak ipin nerbangin plane enjin nya.ini pak erik yg akan bantu carikan cg nya.


om sulistio ayo dong katanya ilmu dari saya sangat berguna segera dong gunakan keburu ilmu ini menjadi tidak berguna ... :wek

nah sekarang posting dulu itu pesawat bersama om sulistio kegunaannya biar kita2 sama berkenalan antar pesawat .... :ide

terus nanti jangan lupa di foto dilapangan before dan after maidennya ya om ................ :hah ... kan ada gunanya untuk dokumentasi ................. :wek

salam

Re: tentukan cg trainer

Posted: 10 Feb 2011, 20:48
by sulistio
ok nti pak ipin yang akan dokumentasikan proses maiden pesawat tersebut :pis
apa perlu down thrust jg biar pesawat lebih anteng

Re: tentukan cg trainer

Posted: 11 Feb 2011, 07:26
by ipin17
siap om, tinggal sms aja langsung tim dokumentasi ke tkp :pis :pis

Re: tentukan cg trainer

Posted: 11 Feb 2011, 09:20
by toto
down dan right thrust ya wajib lah om kalau enggak entar pas di buka throttle nya pesawat akan langsung mengudara kaya roket dan sambil mlenceng ke kiri om .... entar minta tolong aja ke ahlinya itu om suhu ipin17 untuk ngeceknya

salam

Re: tentukan cg trainer

Posted: 11 Feb 2011, 09:30
by ipin17
ahli ngompori hehe :thx :thx

Re: tentukan cg trainer

Posted: 11 Feb 2011, 09:48
by pamuncak
alatnya bagus jg bisa ditiru eh maaf diaplikasikan tp kalau boleh kasih saran sedikit,permukaan yg menempel di sayap mst kecil dgn harapan lbh presisi dalam posisinya semacam ada tambahan ketinggian dan dibuat dgn sudut tajam kasarannya ditancapkan sebuah paku spy CG bisa ditampilkan sebagai suatu titik tp kalau untuk secara garis besar sdh ok.maaf sedikit mendapatkan konfirmasi lg dari guru besar semuanya.saya janji jg tdk akan ada udak mengudak lg.saya baca CG itu 1/4 dari panjang chord MAC dgn batasan sampai 30% untuk normalnya alias terbang datar tp dgn curving airfoil tertinggi ttp berada diarea ini 25-30% dan 35% pesawat menjadi berat dibelakang .kebelakang jadi mendongak ke depan menunduk.kalau 1/3 kan masih sisa 10% itu ikut siapa atau dibagi tiga lagi jadi 33,5%.mohon penjelasannya utamanya dari guru besar semua

Re: tentukan cg trainer

Posted: 26 Mar 2011, 06:25
by Kiki_54
doditsky wrote:waahh...susahan pake chesna electrik om sulistyo...kalo dah lulus chesna ..kembali ke high wing...kayaknya tambah anteng saja...

pakde toto....barusan glider electrik yang saya piloti ilang. :whoaa :whoaa :whoaa ..hehehehe berarti belum suhu dunk.....nggak gubrak..tapi ilangggggg.....kena angin nggak kuat..sudah saya down masih saja naik...kena angin....


Hahahahaha..........2 tahun yang lalu, WD saya juga begitu, terbang jauh gak bisa kembali menantang angin dan jatuh 5 Km dari penggung,

Re: tentukan cg trainer

Posted: 12 Dec 2015, 10:38
by Irwan Bossanova
mantappp om toto sgat detail pncerahannya