Page 3 of 3

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Posted: 25 Apr 2011, 09:37
by DIMAS
handoyo6299 wrote:coba cari sumbernya juga belum dapet...hiks... tapi ini schedule apa ya Om Dimas... kok kayaknya lain dari schedule P ya.... apa ini untuk area khusus atau bagaimana.. mohon penjelasan....

Kalau yang pake istilah/judul Schedule P, ini untuk kode maneuver pesawat.
Misal Schedule P 09, artinya jenis maneuver untuk pesawat, berlaku sampai dengan th 2009.
Kalau P 011, artinya jenis maneuver utk pesawat, berlaku sampai th 2011.

Atau coba ke WWW.FAI.org

Salam...

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Posted: 08 Jun 2011, 22:07
by DedDredd
DIMAS wrote:
Salah satu syarat supaya gerakan tersebut sempurna, gerakan laju heli harus kenceng.
Kalau kurang kenceng, gerakan jadi barrel.

salam...


Maaf om, kecepatan heli kenceng itu kira2 berapa ya? Mungkin ada patokan kecepatan heli berdasarkan ukuran heli?

Trus pernah baca dari sumber yg saya lupa...agar gerakan bisa smooth dan tidak kehilangan altitude sewaktu rolls sebaiknya ada mixing antara aileron dan throtle....mungkin ada suhu yang bisa menjelaskan proses mixingnya gimana....


:tlt Sepertinya f3c sama menariknya dengan 3d...

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Posted: 09 Jun 2011, 00:00
by Budiman
Sebelumnya saya bukan suhu... :wek
Heli yang memiliki laju air speed yg baik ditentukan dari design paddle ...Design paddle ini menentukan gaya gyroscopic yg mana selalu membayangi heli dalam setiap manuvernya..kalo tidak salah... :wek
kalo secara praktek yg saya lakukan untuk menilai apakah heli mampu mempertahankan air speed nya ato tidak adalah..

mengukur seberapa lama heli mampu untuk melaju lurus pada satu garis dengan besaran sudut pitch main blade yg TETAP dan ELEVATOR pada posisi neutral, tanpa bantuan tail-wind....kira2 begitu de bahasa yg bisa saya ungkapkan... :tlt

Sedangkan untuk seberapa cepat ato kencengnya heli melaju...mungkin ditinjau dari seberapa banyak elevator dan seberapa besar Pitch main blade dilibatkan, saat heli mengawali gerak Fast Forward Flight...karena sisanya setelah itu, menurut yg saya amati lho ya...laju heli dibantu oleh paddle itu sendiri ...(non FBL)... :tlt

Mixing Aeleron-Throttle....saya ga tau de... ...karena design main blade juga ikut menentukan smooth tidaknya manuver2 semacam ini...disamping dampener rubber yg soft, panjang pendek Flybar, dst... :flu

Mungkin para jawara f3c bisa menjelaskannya lebih baik de... :pis

salam,
budiman

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Posted: 09 Jun 2011, 05:44
by arief.indra
Mohon ijin menyimak ya om, ini ilmu yg baru saya tahu bagi pemula spt saya, krn 2 thn maen heli tp bisanya hanya hover dan swing aja... Hiksss

Re: Manuver Axial-Rolls dan permasalahannya

Posted: 09 Jun 2011, 06:42
by Budiman
arief.indra wrote:Mohon ijin menyimak ya om, ini ilmu yg baru saya tahu bagi pemula spt saya, krn 2 thn maen heli tp bisanya hanya hover dan swing aja... Hiksss


Silahkan Om arief.indra,
Saya juga masi ngawur maen helinya kok ,Om...
:ha3 :ha3

salam,
budiman