Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
- zainal
- Airman First Class
- Posts: 63
- Joined: 26 Jun 2008, 19:55
- Location: Gorontalo Aeromodelling Club
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
oke om mantap, lanjut..... di tunggu maidenya
- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
zainal wrote:oke om mantap, lanjut..... di tunggu maidenya
Siip, kalau ga ada halangan hari Minggu ini.
Ditunggu posting gamabr auroranya om.
- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
Tersendat sendat in project Cosmosnya.
Kondisi saat ini sudah selesai di cat. Tadi nya sudah dipasangi servo & mechanical retract.
Berhubung kedatangan "tamu" pesawat idaman saya, si cosmos bakal di upgrade retractnya dengan yang penumatic.
Berikut foto2 Cosmos:

Dan

Ini dia alasan yang membuat si Cosmos tertunda, Curare 60. Seingat saya ini buatan 87 - 88, dari tangan mpu Elang.
Pesawat sudah dicat, kondisi mint dan belum pernah diterbangkan, menurut pemilik lama.

Dan jodohnya, OS 61 V.

Carburator 7M, the best nitro carbu ever made, kata orang......

Fiuhhhhh...., bakal pusing cari manifold exhaust nya ni.

Kondisi saat ini sudah selesai di cat. Tadi nya sudah dipasangi servo & mechanical retract.
Berhubung kedatangan "tamu" pesawat idaman saya, si cosmos bakal di upgrade retractnya dengan yang penumatic.
Berikut foto2 Cosmos:

Dan

Ini dia alasan yang membuat si Cosmos tertunda, Curare 60. Seingat saya ini buatan 87 - 88, dari tangan mpu Elang.
Pesawat sudah dicat, kondisi mint dan belum pernah diterbangkan, menurut pemilik lama.

Dan jodohnya, OS 61 V.

Carburator 7M, the best nitro carbu ever made, kata orang......

Fiuhhhhh...., bakal pusing cari manifold exhaust nya ni.



- beta_james
- Chief Master Sergeant
- Posts: 798
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
- atari7up
- First Lieutenant
- Posts: 1386
- Joined: 06 May 2008, 10:10
- Location: Medan - (D.A.C)
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
richard wrote:
Ini dia alasan yang membuat si Cosmos tertunda, Curare 60. Seingat saya ini buatan 87 - 88, dari tangan mpu Elang.
Pesawat sudah dicat, kondisi mint dan belum pernah diterbangkan, menurut pemilik lama.







- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
beta_james wrote::tlt![]()
![]()
![]()
![]()
Om James yang baik, apa kabar ?
Kayak pernah liat ya curarenya,



Hayoo coba ingat2 lihat dimana.
Terima kasih sudah mampir di thread ini om suhu.
Siapa tahu punya exhaust manifold buat OS 61 V, boleh lah di PM ke murid mu ini.
Tabik om,
richard
PS: kalau pas ke Bali kabari ya om, kita pacu si Cosmos dan si Curare bareng2.
atari7up wrote:richard wrote:
..................................................
![]()
![]()
...........Si Cu.........
![]()
![]()
Bang atari ini bukan ngiler liat pesawat na, tapi tangan yang megang engine itu.....
- atari7up
- First Lieutenant
- Posts: 1386
- Joined: 06 May 2008, 10:10
- Location: Medan - (D.A.C)
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK

- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
Akhirnya datang juga.
Air retract set buat si Cosmos.

Ini pengalaman pertama install air retract. Sudah itu manualnya tidak ada pula, lupa dikirim
.
Menurut om google, mestinya bisa menghemat berat dibandingkan install 3 unit mechanical retract + 2 servo retract.
Dan lebih efisien juga biayanya, karena harga nya 1/3 air retract branded.
Ke 3 landing strut dilengkapi per, dan seperti kata spec nya, cukup kuat untuk pesawat sampai dengan berat 6 KG.
Untuk yang disayap harus rubah housing buat roda karena strut air retract nya lebih pendek 2 cm.
Sedangkan untuk rumahnya hanya merubah lubang mur, ukuran housing persis sama dengan yang mechanical retract.

Untuk nose retract, hanya perlu merubah dudukan, di majukan lebih dekat ke firewall 0,5 cm. Strut nya sama panjang dengan yang sebelumnya.

Yang ini lebih heboh lagi. Servo bay di fuselage mesti restorasi habis.
Batt, Rx, switch dan servo throttle mesti pindah.

Tempatnya dipakai sebagai ruangan untuk perangkat aktivasi retract, tabung udara, mini servo (untuk aktivasi air retract) dan penambahan servo steering wheel (masih belum bisa memastikan apakah bisa di gabung dengan servo rudder).
Untuk steering, unit air retract in menggunakan pull - pull cable.

Sepertinya om pilot mesti berbagi tempat dengan batt rx & rx,

Besok sambung lagi.
Sambil nunggu siaran langsung Liga Champion.....malam ini mau menyelesaikan instal wing retract dan kalau sempat nose retract.
Air retract set buat si Cosmos.

Ini pengalaman pertama install air retract. Sudah itu manualnya tidak ada pula, lupa dikirim

Menurut om google, mestinya bisa menghemat berat dibandingkan install 3 unit mechanical retract + 2 servo retract.
Dan lebih efisien juga biayanya, karena harga nya 1/3 air retract branded.
Ke 3 landing strut dilengkapi per, dan seperti kata spec nya, cukup kuat untuk pesawat sampai dengan berat 6 KG.
Untuk yang disayap harus rubah housing buat roda karena strut air retract nya lebih pendek 2 cm.


Sedangkan untuk rumahnya hanya merubah lubang mur, ukuran housing persis sama dengan yang mechanical retract.

Untuk nose retract, hanya perlu merubah dudukan, di majukan lebih dekat ke firewall 0,5 cm. Strut nya sama panjang dengan yang sebelumnya.

Yang ini lebih heboh lagi. Servo bay di fuselage mesti restorasi habis.
Batt, Rx, switch dan servo throttle mesti pindah.

Tempatnya dipakai sebagai ruangan untuk perangkat aktivasi retract, tabung udara, mini servo (untuk aktivasi air retract) dan penambahan servo steering wheel (masih belum bisa memastikan apakah bisa di gabung dengan servo rudder).
Untuk steering, unit air retract in menggunakan pull - pull cable.

Sepertinya om pilot mesti berbagi tempat dengan batt rx & rx,



Besok sambung lagi.
Sambil nunggu siaran langsung Liga Champion.....malam ini mau menyelesaikan instal wing retract dan kalau sempat nose retract.
- atari7up
- First Lieutenant
- Posts: 1386
- Joined: 06 May 2008, 10:10
- Location: Medan - (D.A.C)
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK




- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: Merakit Cosmos, F3A jadul dari MK
Lanjut lagi,
Semalam cuma sempat kerjakan retract wing kanan.

Penampakan dari samping. Dudukan harus di tipiskan karena air retract lebih gemuk.
Mestinya separuh atau seluruh landing strut sejajar dengan permukaan wing. Ternyata pengerjaan nya lebih banyak dari yang diperkirakan.

@bang atari, masuk angin terus aku ni bang.

Semalam cuma sempat kerjakan retract wing kanan.

Penampakan dari samping. Dudukan harus di tipiskan karena air retract lebih gemuk.
Mestinya separuh atau seluruh landing strut sejajar dengan permukaan wing. Ternyata pengerjaan nya lebih banyak dari yang diperkirakan.



@bang atari, masuk angin terus aku ni bang.

