Page 24 of 40

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 30 Apr 2010, 15:02
by tedyBAT
Duhhh kalah armada,.... kalah ketrampilan,....kalah pengalaman.....
Jadi "mencirut" nihhh.... ](*,) ](*,) ](*,) ](*,)

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 04:38
by Budi
tedyBAT wrote:Duhhh kalah armada,.... kalah ketrampilan,....kalah pengalaman.....
Jadi "mencirut" nihhh.... ](*,) ](*,) ](*,) ](*,)



tenang oom Teddy, yang penting beliau2 mau membagi ilmu pengetahuan ke kita2 yang masih pemula (khususnya saya/Pemula 1)

apalagi beliau2 bersedia bersilaturrahmi.......

=D> =D> =D> =D> =D> =D>

saya bisa2 nggak jadi pensiun nih........ jadi semangat latihan.....biar bisa seperti beliau2

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 08:18
by Ary
tedyBAT wrote:Duhhh kalah armada,.... kalah ketrampilan,....kalah pengalaman.....
Jadi "mencirut" nihhh.... ](*,) ](*,) ](*,) ](*,)


Jangan kecil hati om Tb, 3D ?? modal utamanya kan semangat......
bukan armada,bahkan trainer saja bisa hover :D
Ketrampilan? nah ini yg perlu semangat untuk mengasahnya....
pengalaman ? nah ini yg perlu ditambah ...slah satunya ya dgn berkunjung ke cikempong menemui suhu2 disana.. :D :D

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 09:46
by MrDoms
Ary wrote:slah satunya ya dgn berkunjung ke cikempong menemui suhu2 disana.. :D :D



ini thread yang menakutkan buat saya (kapan ya bisa tail touch?? :-k ISO TT [-o< [-o< ).... ndak berani nongol apa lagi ngelmu ke cikempong - takut ngadapin itu yang namanya suhu E7J......

(kalau kecikempong bawa raket E7J ketakutan nggak ya???..... huahahahaha)

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 17:20
by Budi
MOHON MAAP...... E7J sedang antri di Gambir...... beli tiket Ke Surabaya Argo Bromo......

nggk tahu maungapain????

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 17:42
by pakdesurib
Saya pernah punya pengalaman ditabrak pesawat sendiri waktu belajar hover pesawat dekat pilot..
Akibatnya.... lengan dan beberapa jari tangan saya harus dijahit.......
Karena pingin sekali bisa hover..... 2 hari setelahnya saya sudah latihan lagi....
Intinya..... jaga keselamatan dan jangan kapok...
Salam.....

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 18:31
by yagus
tulisannya detil banget..........

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 20:04
by fandiedge
pakdesurib wrote:Untuk sahabat tedyBeat dan sahabat Doms.....
saya ingin berbagi pengalaman yang saya alami.....
mudah-mudahan bisa diambil manfaat dan hikmahnya......

judulnya...
"HOVER MEMBAWA PETAKA!!!!"

Beberapa bulan lalu......
Hampir setiap hari, jam 05.30 wib, saya sudah di laguna.
ritual saya adalah...
turunkan pesawat, pasang batt, nyalakan remote, sambung batt ke esc, check dulu rudder, elevator dlsb.. ok.... dan terbang belajar hover....
Pagi itu pesawat yang saya bawa adalah PA addiction....
pesawat ini sudah 10 hari saya miliki saat itu, dan dikarenakan karakternya bagus, saya pake pes ini untuk latihan hover.
Nah...... hari itu sebenarnya cuaca cukup baik, angin semilir dan matahari terkesan malu-malu menampakkan sinarnya.
terkadang sinar pagi menghangatkan suhu lapangan, terkadang agak gelap karena matahari terhalang awan...
musim saat itu memang peralihan mau masuk musim penghujan...

Sudah habis 3 batt, saya nyantai sejenak dan mencoba untuk review kembali apa-apa dari penerbangan pagi itu yang mas harus diperbaiki lagi.
Saya mulai lagi latihan.... ritual dilaksanakan.. pasang batt ke 4 dan urutan-urutan selanjutnya.
Saya mulai belajar masuk hover dengan harier dng maksud untuk memperbaiki penampilan, karena saat itu saya bisanya kalo mau hover... nge-dive dulu terus genjot elevator supaya pesawat berdiri. cara ini memang paling praktis tapi epeknya .....pesawat jadi tinggi terbangnya.

Mentor saya di berbagai kesempatan sudah berulang kali katakan....., kalo mau hover.... belajar harier dulu supaya kalo naik hover pesawat bisa halus berdirinya... cuman karena saya sok tau, saya pikir harier belakangan aja, yang penting bisa hover dulu....
Karena sdh mulai putus asa kok gak bisa hover rendah... saya coba dengan cara yang dikatakan mentor saya itu...
Ternyata.... hasilnya bisa lebih baik, hover bisa mulai rendah....rendah......rendah dan akhirnya bisa sedengkul.....
Begitu bisa sedengkul.... saya senangnya bukan main....
pesawat saya landingkan, remote saya taruh di mobil, saya lalu nari-nari kegirangan di lapangan kayak di pilem-pilem bollywood itu......

Nah.......masuk batt ke 5 saya mulai latihan hover lagi......
Saya pikir.... kalo tadi saya sdh bisa sedengkul..... kalo pesawatnya deketan dengan saya gimana ya???
Mulailah saya belajar narik....narik.... (saya gak tau istilahnya... pokoknya supaya pesawat itu datang ke kita...)
Pas posisi rudder sejajar dengan dada saya, pesawat makin lama makin dekat ke saya.....
saat itu.......... sinar matahari tiba-tiba mendadak hilang....suhu mendadak menjadi dingin...... dan angin bertiup kencang dari arah berlawanan.....
sontak otak saya nge-lock....., saya gak tau lagi mana yang harus di input..... sementara pesawat terus menuju ke arah saya sambil hover...
Karena kejadian yang begitu tiba-tiba (kalo gak salah hitung gak lebih dari 3-4 detik).....
Gedubrrakkk.......... rudder pesawat itu menabrak kepala saya lebih dulu....

Kaget bukan main....saya coba reflek tangkep pesawat dengan tangkap canopynya ....
Walah....walah.... karena ketarik .....canopy copot dari badannya.......
dan kali ini..... gedubraakk.....punggung pesawat itu menghantam mulut saya....
saya sudah makin panik.....
karena saya pikir pesawat sdh begitu dekat..... sekalian saja sekali lagi saya coba menangkapnya pake tangan kiri yang sudah megang canopy duluan,
Ndelalah.....yang kepegang justru cowlnya..........
karena licin sebelum meleset lagi, reflek tangan kanan saya coba pegang punggung pesawat itu lagi.
saya gak sadar kalo tangan kanan masih pegang remote....... begitu 2 jari saya merasa bisa megang kayu carbon yang malang diatas batt deket cowl itu....... tak sadar...jempol saya malah nge-gas throttle....
Tak ayal yang ketiga.......gedubrraaakk..... sekarang malah dada saya dihantam pesawat.
Karena sudah panik............... saya coba tangkap sayapnya pake tangan kiri sambil pegang canopy.
Lagi-lagi licin dan jari kurang panjang (krn canopy)....

Mulailah siksaan itu datang......... propeller pesawat itu "menggerinda" lengan kiri saya duluan sampe kaos dan lengan kiri saya robek-robek.....
Kepanikan terjadi......saya coba reflek melindungi diri dari serangan itu saya menutup muka saya dengan remote yang saya pegang pake tangan kanan...
dasar nasib........ 3 jari saya gantian di "gerinda" oleh propeller yang masih berputar full throttle itu (mana batt baru pake kira2 3 menit).
mungkin kalo di film kan seperti saya diserang oleh "monster" yang menguliti korbannya lebih dulu sebelum memakannya....

Kejadian itu begitu cepat...... hanya dalam hitungan detik saja.....
Dengan sisa keberanian yang ada....... hooppp.... 3 jari tangan kiri saya berhasil menangkap badan pesawat dekat rudder....
saya tertegun............. (shock mungkin ya...) dengan posisi tangan kiri pegang canopy dan badan pesawat, dan tangan kanan pegang remote.
saya menggambarkannya kayak "conan the barbarian" di pilem-pilem yang kalo habis menang perang, ngangkat pedannya yang besar dan berat itu keatas.....
throttle masih kondisi full, suara propeller berdengung-dengung laksana beberapa ekor lebah yang terbang deket kuping kita.....
saya pegang terus itu pesawat karena takut kalo lepas, pasti pesawat ini melesat gak karuan.....

Dalam kondisi itu...... masih sempatnya terlintas di kepala, ini barang gak murah.... sehingga... yang tadinya saya berniat untuk lepaskan semua biar jatuh gedubrakan di lapangan.... akhirnya niat itu saya urungkan...
...... dengan sisa tenaga yang ada, pelan-pelan saya turunkan throttle.... dan pelan-pelan saya meletakkan pesawat, canopy dan remote ke tanah dengan mencoba berpura-pura tidak terjadi apapun untuk tujuan menenangkan diri.

Lega rasanya "serangan fajar" itu bisa berakhir.... saya terduduk......diam....... membisu serta memejamkan mata ditengah lapangan pagi itu.
Beberapa detik setelahnya......saya mulai rasakan lengan kiri saya dingin dan mulai cekot-cekot.......dan disusul dengan cekot-cekotnya jari-jari tangan kanan saya.
Dengan mata masih terpejam saya besarkan hati saya dengan mengatakan pada diri sendiri...."ah....paling-paling nanti bengkak....."
Begitu mata saya buka lagi.... dan melihat lengan kiri saya....seketika itu juga rasa sakit yang luar biasa melanda, apalagi waktu saya liat jari kanan saya sudah bersimbah darah berwarna merah kehitaman........
Seketika itu saya menjerit "adooohhh.....", memecahkan keheningan dan kesunyian laguna pagi itu........
Pikiran saya mulai kacau...... mata mulai berkunang-kunang......, rasa sepi, sunyi, sendiri mulai menghantui, saat sadar tidak akan ada siapapun orang yang akan menolong saya.....
dengan sempoyongan saya mencoba bangkit, berdiri dan kembali ke mobil untuk cari-cari tensoplast yang seingat saya biasanya saya taruh di tool box..... sial...... ternyata gak ada.............

Mata mulai berkunang-kunang dan kepala mulai pusing......, saya raih semprotan yang saya yakini isinya spiritus yang biasa saya pake utk bersihkan pesawat kalo selesai terbang, dan crot....crot....crot.......saya semprotkan terus ke luka-luka yang menganga tsb tanpa tau maksud dan tujuannya apa (refleknya paling tdk luka jadi dingin) dan berharap darah ini berhenti mengalir dengan sendirinya. nyatanya...... tidak, sampai akhirnya dengan tenaga yang ada ....saya raih kain lap yang biasa saya pake lap pesawat kalo habis terbang (dengan tentunya kain tersebut sdh bercampur methanol, spirtus, bensin, hitam dan kumel), lalu.... saya tutup luka yang terbesar (3 jari saya yang sudah menganga dan terlihat tulangnya karena kulitnya sudah saya liat pada berceceran ditanah. (saya jadi mual memandangnya).
Kemudian...karena tidak ada perekat, isolasi atau apapun untuk melilit lap ini, tanpa pikir lagi saya buka kaos saya, trus saya gigit untuk merobeknya jadi beberapa bagian, dan....saya pake untuk mengikat lap di tangan saya, robekan yang lain saya pake untuk nutup luka menganga di lengan saya.

setelahnya......saya berjalan sambil tertatih-tatih ke tengah lapangan utk mengambil pesawat dan menaruhnya lagi di mobil (ini yang sulit... krn dalam posisi normal menata pesawat di mobil gampang saja, tapi dalam kondisi luka-luka??.....) dan... saya harus kembali lagi ke tengah lapangan untuk mengambil remote dan manaruhnya di jok mobil, sudah tentu perbuatan saya ini menyebabkan jok mobil bersimbah darah.

Saat pesawat, remote sdh didalam mobil.... saya sempat berpikir....bagaimana saya nyetir mobil ini balik kerumah...???, hanya dengan satu tangan untuk nyetir dan perseneling, kondisi mata berkunang-kunang, kepala pusing, darah keluar terus, mana pake celana pendek dan.... tdk pake kaos (orang sini bilang ote-ote). Semua jadi serba sulit karena .... sakitnya bukan main,,,,

Dengan sisa-sisa tenaga yang ada sambil masuk mobil......saya masih menyempatkan diri untuk teriak-teriak, memaki dan mengumpat-umpat siapapun orang yang bikin pesawat ini, mudah-mudahan umpatan saya didengar oleh "mbah djugo penguasa alam gaib laguna" untuk diteruskan kualatnya kepada yang berhak... (kalo di cikempong namanya eyang 7 jamban ya....), tujuannya sih....dengan mengumpat, rasa sakit ini bisa sedikit berkurang.... (walau ternyata tidak, dan saya menyesalinya......).

Saya putuskan untuk lebih dulu ke rumah sakit sebelum kerumah (rs terdekat adalah rs. haji di klampis)....nah, setelah di pelataran parikir rumah sakit saya ditanya tukang parkir, "pak.....mari gegeran yo...." (pak habis berkelahi ya...) jawab saya dengan ketus "geger dengkul mu....." , (ribut dengkulmu).."kon gak ndelok ta nek aku mari ditubruk pesawat....." (kamu gak liat ta kalo saya baru ditubruk pesawat.....") ....... wis ojo takon ae.... nang ndi doktere... (sudah jng tanya lagi......dimana dokternya..... tanya saya ketus..., tukang parkir itu menunjuk salah satu pintu di UGD.
Dengan terhuyung-huyung saya menuju pintu dimaksud.. sesekali saya menoleh ke tukang parkir dan melihatnya garuk-garuk kepala tanda bingung.....mungkin pikirnya.... pesawat apa pagi-pagi sudah nubruk orang??......

Dengan penampilan ala tarzan, saya mendatangi meja terima pasien yang dijaga salah satu perawat disana.
Saya ditanya.... luka kena apa pak...... saya jawab sekenanya "disrempet becak mbak"...... bersamaan itu, saya baru tersadar..... robekan kaos di lengan saya sudah berwarna merah semua, begitupun dengan lap yang saya pake balut tangan saya.....

Tak lama kemudian...... datanglah dokter jaga pagi itu....
Dengan senyum yang menunjukkan lesung pipitnya, dokter jaga yang wanita dan masih muda itu memapah saya menuju salah satu tempat tidur disitu.
wajahnya cukup cantik dan berkulit putih bersih, walaupun saya sdh mulai lemas dan pusing karena kehilangan cukup banyak darah, saya masih menyempatkan untuk memperhatikan dokter muda ini dengan seksama.....
salah satu yang paling saya ingat adalah......dokter ini begitu wangi.... harum..... entah karena parfum yang dipakainya atau baju yang dipake baru dicuci atau karena baru mandi, entahlah...... buat saya ini menenangkan pikiran dan perasaan saya saat itu.

Dengan pasang muka seperti seolah-olah baru dilempar setrika.... saya ditangani oleh dokter muda itu.
Dengan telaten dia buka balutan saya dan membersihkan lukanya, bius lokal... serta melakukan beberapa jahitan disana sini.....
sy coba "action" semeringis mungkin pura-puranya kesakitan (tapi emang sakit) untuk mendapatkan perhatian lebih....
dokter muda itu bertanya.... apa masih sakit pak, kan sdh bius lokal...??? jawab saya..... masih mbak... tapi ditempat lain.... dokter muda itu tersenyum... dan senyuman itu membuat saya lebih tenang menghadapi penderitaan yang saya alami pagi itu...
keharuman........ ya... keharuman itu....... , sebab kalo tidak.... cekot-cekot sdh nyampe ubun-ubun, perih...haru....dan nelangsa.... campur aduk jadi satu.... apalagi kalo inget masih punya utang di hobbyshop..... bisa menambah runyamnya penderitaan......

Dia sempat bertanya pada saya kenapa sampe begitu, tapi jawab saya, " dok... kalo nanti saya cerita....pasti anda tidak percaya...." jawabnya. ... apa bapak baru berkelahi???.... jawab saya...eiit jangan panggil saya bapak dong, masa saya sudah tua-tua amat mbak.... panggil mas aja dah biar sok akrab.... jawab saya.... ya pak.... kenapa??.... tanya dia lagi... ehh. ini... mbak saya baru ditabrak pesawat..... dia pun dengernya kaget juga, pesawat terbang pak?? ... lha iya lah.... jawab saya.... masak pesawat radio???...... dia cuman manggut-manggut aja.. mungkin pikirnya... bapak ini sudah ganjen... gendeng pulak.....

Singkat kata........ sampai rumah, istri saya kaget dikira saya baru kecelakaan di jalan.... "ditubruk pesawat.....", jawab saya sambil nyelonong ke kamar mandi, dia pun maklum karena tau saya tiap pagi kelapangan, mungkin yang diherankan... kok bisa pesawat sampe nubruk..???
Jam 9 saya berangkat ke kantor......

Lusanya...... jam 6 pagi saya sudah dilapangan lagi....
berbalut perban nurunkan pesawat....pesawat yang sama....
pegang remote rasanya tebel sekali, pasang batt (walau masih terasa sakit).......
dan ....... terbang.......belajar hover lagi...

Demikianlah sekilas cerita tanpa rekayasa ini ditampilkan untuk satu tujuan....
belajar dan latihan sesuai dengan urutan yang sudah ditetapkan.....
utamakan keselamatan......
jangan ambil resiko coba-coba jika blm menguasai betul.

kata kuncinya :
bahwa kita bisa dimampukan karena terlatih....
kita terlatih karena kita bisa.....
kita bisa karena kita mau.....
kita mau karena kita niat......
kita niat karena kita sabar........
dan kita sabar karena.......
emang kepingin pesawat bisa belidili...........
hehehe.......

Salam.....


waduh omm turut prihatin yaa,.,.,. semoga lekas sembuh dan jangn berhenti beldilinya
#-o #-o
cepet sembuh ya om!!

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 20:35
by adipur
Turut prihatin atas musibahnya pakde. Moga-moga tidak terulang lagi.

Ada salah satu teman saya yg bilang gini:
Saya berani manuver rendah-rendah dekat tanah, asal gak dekat-dekat badan. Bukan soal masalah skill, tapi kita tidak tau kehendak yg Di Atas bagaimana. Bisa saja tiba-tiba ada angin besar datang ke arah kita, atau bisa juga tiba-tiba elektroniknya ada masalah. Atau malah bisa jadi tiba2 ada lalat nyasar ke idung, trus kaget and akhirnya lost control.
Mau sejago apapun kalau kejadiannya terlalu dekat badan ya susah juga mau recoverynya.

Re: Pls Post ur Hover & Tail Touch picture

Posted: 01 May 2010, 20:39
by ferry
Nek mantan dalang dadi aeromodeller ya begini..... :lol:....piss Pakdhe!!....