Page 28 of 55

Posted: 19 Mar 2008, 09:03
by Kiki_54
Christiantandjung wrote:om om sekalian... Aku mau tanya nich... Numpang ya... hehehe...

Omm... TREX itu di sarankan nggak sih bwt pemula??? soalnya saya naksr TREX nih... hehehe...
Kalo bisa tolong di berikan + dan - nya ya...

CT

Christ.....Oom Dadang dulu dimulai dari Lama-V4, setelah bisa naik ke lantai atas, terus turun lagi ke ruang tamu, nyebrang ke dapur dan seterusnya, dan menganggap itu Helli udah bisa diatur sesuai kehendak kita, baru Oom beli Hirobo Engine Shutle Plus II, ...selama berlatin Hirobo Crash 3X ngabisin dana hampir 3 juta, terus teman nyaranin pakai TREX dan Alhamdulilah dengan TREX juga pernah Crash 3 X cuman Tail Boom yang bengkok cukup dengan dana gak sampai 200 ribu, sekarang sudah bisa terbang dengan baik.

Posted: 19 Mar 2008, 09:45
by sevenslidegrills
Setuju dg om dadang. Sebaiknya memang kita harus tahan nafsu dl untuk naik kelas. Dipuasin dl dg heli kecil sampai bener2 mampu menguasai karakternya. Apalagi dg honebeey king sbg heli belajar saya rasa bakal lebih mudah menguasai trex ato sejenisnya klo nanti mau naik ke heli yg lebih besar. Tapi klo pake coaxial malah nanti harus belajar dari NOL lagi karena karakter helinya beda banget dg heli fix pitch single blade ato colective.

'Chinese weights'; maaf atau 'counter balance weigths'

Posted: 19 Mar 2008, 20:03
by DeVIN
INFO: Bongkar2 modifikasi trex di forum tetangga, dapet ini,..... (maaf kalo sudah pernah dibahas sebelumnya)
runryder - T-REX 450 My chinese weight mod, http://www.runryder.com/helicopter/t388 ... 1205930651 ,
helifreak - Tail Mod for More Consistent Piros/Backward flight, http://www.helifreak.com/showthread.php?t=41309 , cukup besar threadnya, 95 halaman

- Dapat dipakai tuk servo rudder yang pas2an (karena butuh tenaga 1/4 dibandingkan tanpa memakai modifikasi ini), so sayangi servo rudder anda.
- Karena tenaga rudder yang diperlukan kecil, maka piro-rate bertambah kencang (ringan) dan backward flight lebih konsisten

Udah saya coba, versi yang ini,.... tanpa perlu bor lagi,.....
Image

yang versi lain, perlu dibor lagi,....
Image

Salam.

Trex450 settingan bagaimana toohhh

Posted: 20 Mar 2008, 15:54
by Ncuz
Trex450S, Motor 3800KV, Pinion 12T, TX Futaba, Chanel swash A,E,P 50%
Chanel Dualrate dan Epa gak diapa apain. Pitch +12 ~ -12
( Setingan liat di web trex tuning / helifreak )

Temen-temen kasih sarann doong, kemaren coba flip ke samping, kok overshot trus panik dan crash
dugaaan sih cyclic nya terlalu cepet, apa bener ya
Latihan di simulator 3 bulan udah yakin, pas nyoba langsung kok susah

Taunya cyclic udah pas dan swashplate movement pas, bagaimana tooh..?? (buat belajar 3D)

Posted: 20 Mar 2008, 20:41
by yuda
@dEVIN: itu langsung ditambah di screw tail blade yah?,, pemberatnya pake apa tuh?..

@ncuz: maksudnya overshot kebablasan yah?,, kalo cyclick nya cepat brarti malah bagus buat 3D, hanya saja mesti penyesuaian, mungkin dr/exp nya untuk aileron & elevator dikurangi nilai %nya sehingga geraknya bisa sedikit aga'lambat, tapi jangan terlalu lambat bisa kedubrak lagi ntar :D ..
sebaiknya belajar invert nose in dulu aja mpe mateng om, mateng dalam artian tidak jatuh & bisa mengarahkan heli sesuai keinginan dalam keadaan inverted nose in,, sesudah itu baru deh dicoba flip..
kalo yang anda lakukan roll kali yah?, brarti mesti belajar invert tail in dulu, supaya setelah roll anda bisa mengontrol heli sesuai keinginan & tidak panik..
cara tsbt lumayan efektif menurut pengalaman saya..
bukan bermaksud menggurui tapi hanya berbagi pengalaman aja :D

Posted: 20 Mar 2008, 20:51
by DeVIN
yuda wrote:@dEVIN: itu langsung ditambah di screw tail blade yah?,, pemberatnya pake apa tuh?..



@Yuda. Yap. Saya pake yang langsung di screw tail, jadi gak perlu bor2 lagi (takut ndak center ntar). Bisa dipakai bearing kecil yang difungsikan seperti ring, bisa pakai ball link, tinggal cari baut dan mur yang panjang tuk ikatannya.

Salam.

Posted: 20 Mar 2008, 21:59
by andre77
wah informasi penting ini patut di coba

Posted: 21 Mar 2008, 01:06
by Ncuz
@Yuda , wah makasih banget tips nya, iya lagian saya coba roll
di kebun belakang rumah, dan dari ketinggian 5 meter...hehehe
kayaknya kurang tinggi ya kalo baru belajar #-o

Simulatornya ngibulin berarti, soalnya di simulator udah jagoan invert
dan roll..heheh
Ok deh saya coba invert tail in dulu, tapi cari2 lapangan dulu nih.... O:)

Tanya satu lagi pak Yuda, buat belajar invert, setting throttle idle
100-90-85-90-100 udah bener apa perlu settingan lain...??
Saya pake blade 325pro, motor 3800Kv, Pinion 12T, kalau set idle
suara blade nya kok sereemmm banget dengernya, rpm-nya ketinggian gak ya ?

Posted: 21 Mar 2008, 09:23
by sevenslidegrills
Ncuz wrote:@Yuda , wah makasih banget tips nya, iya lagian saya coba roll
di kebun belakang rumah, dan dari ketinggian 5 meter...hehehe
kayaknya kurang tinggi ya kalo baru belajar #-o

Simulatornya ngibulin berarti, soalnya di simulator udah jagoan invert
dan roll..heheh
Ok deh saya coba invert tail in dulu, tapi cari2 lapangan dulu nih.... O:)

Tanya satu lagi pak Yuda, buat belajar invert, setting throttle idle
100-90-85-90-100 udah bener apa perlu settingan lain...??
Saya pake blade 325pro, motor 3800Kv, Pinion 12T, kalau set idle
suara blade nya kok sereemmm banget dengernya, rpm-nya ketinggian gak ya ?


Sedikit bantu om. Klo mau roll lebih mudah klo dilakukan sambil forward flight. Tapi klo flip diawali hover pun bisa. Overshoot mungkin yg dimaksud over pitch kali ya? Jadi klo roll saat heli posisi vertikal pitch dibuat si minimal mungkin agar tidak lari. Contoh klo terlalu positif heli akan cenerung lari ke kanan klo kita liat dari tail in, sedang kan klo terlalu negatif akan lari ke kiri. Begitu juga saat posisi heli sudah inverted pitch di buat negatif secukupnya agar tidak melompat. Memang utnuk flip ato roll harus tepat pemberian pitchnya sesuai posisi heli.

Saya rasa simulator tidak ngibuli kok pak. Cuma klo di sim kita bawaannya PeDe aja. Jadi kontrol heli lebih bagus dan tepat karena gak ada "beban"...... Makanya klo bisa model di simulator settingan dibuat seindktik mungkin dg heli sehari2. Klo pake heli 450 di simulator sebaiknya juga lebih sering nyoba manuver dg heli 450 juga karena diharapkan mendapatkan karekter yg mirip.

Posted: 23 Mar 2008, 15:51
by yuda
Setuju dengan om Sgirls..

@Ncuz: pakenya V2 yah?.. Pinion pake 13 aja om, & tortle curv dibikin 100 semua lebih bertenaga.. Jangan lupa kalo ada stabilizer deket padle dilepas aja, karna jadi berat kalo buat flip / roll..