Terus Terang saya yang suangat awam ini cuma paham 20% dari apa yang dijelasin om crist (nanti saya baca lagi ah sampe paham), jadi kesimpulan yang sederhana yang bisa saya tarik sebisanya dari sini...kita cari CG dari pesawat kosongan dulu, setelah ketemu kita letakkan elektroniknya, dan yang terakhir kita gunakan batre untuk balancing?
sama om, ane jg terutama ttg CoL, mungkin akan lebih elas jika suhu chris jg menyertakan gambarnya, terus pake ap tuh ngukurnya/cara cek CoL sdah tepat? yg ane tau kalo CoG bisa dicek pake jurus 2 jari, seperti om dibawah ini:
trims
Last edited by roni on 30 Nov 2011, 08:03, edited 1 time in total.
christoffel wrote:kalau luas, nggak langsung berhubungan. kalau panjang memang ada dampaknya tapi terhadap pergeseran CG ke arah panjang sayap. kalau lebar sayap (mean chord), semakin besar chord maka pergeseran CG (karena CoL nggak mungkin bergeser) yg sama akan jadi kecil persentasenya (toleransi diukur dg persentase) dengan catatan pergeseran nya ke arah lebar sayap yg artinya arah panjang badan pesawat.
contoh : sayap dengan chord 20cm, toleraransi CG 5% artinya 5% x 20cm = 1 cm. kalau sayap yg sama diperbesar 100% maka chord nya jadi 40cm. toleransinya jadi 5% x 40cm = 2 cm. nah, jadi lebih besar kan ...