Page 4 of 4
Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 00:04
by ariebudi
pake sedikit gambar ya suhu...

ilustrasi separo bagian wing...
panjang bidang biru dan kuning yang atas dan bawah sama...
pada gambar yang atas sayap lurus tanpa hedral...
luas permukaan = luas proyeksi...
karena sayapnya rata...
pada gambar bawah sayap dengan hedral...
luas proyeksi sayap lebih kecil dibanding yang atas...
karena sayap ditekuk keatas jg mengurangi panjang absolut sayap...
luas permukaan sayap > luas proyeksi...
nah wing area yang mana nih...
luas permukaan apa luas proyeksi...
mohon pencerahannya...

Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 00:42
by unding
ariebudi wrote:pake sedikit gambar ya suhu...

ilustrasi separo bagian wing...
panjang bidang biru dan kuning yang atas dan bawah sama...
pada gambar yang atas sayap lurus tanpa hedral...
luas permukaan = luas proyeksi...
karena sayapnya rata...
pada gambar bawah sayap dengan hedral...
luas proyeksi sayap lebih kecil dibanding yang atas...
karena sayap ditekuk keatas jg mengurangi panjang absolut sayap...
luas permukaan sayap > luas proyeksi...
nah wing area yang mana nih...
luas permukaan apa luas proyeksi...
mohon pencerahannya...

Wing area tetap luas sayap yg sebenarnya walaupun sayapnya ditekuk, sebab pada saat menghitung kerugian gesekan ataupun gaya lift variabelnya adalah luas permukaan / bidang sayap, bukan luas proyeksinya. Kalau menurut saya (ilmunya belum nyampe) luas proyeksi sayap nanti digunakan pada saat menghitung wing loading (berat/luas penampang)
Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 07:05
by rachmatjeny
lah kirain pesawat terbang
makin seru nih kalo para suhu dah ngeluarin jurus silatnya
ane seperti biasa nontong paling depan ah... misi....

Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 08:45
by iwan21
Ada yg ketinggalan
anhedral pada wing = 10 derajat
dihedral pada wingtip/winglet = 45 derajat

pak Unding, bisa PM emailnya kesaya ?, mau kirim gb yg versi gedenya
Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 08:50
by ariebudi
unding wrote:Wing area tetap luas sayap yg sebenarnya walaupun sayapnya ditekuk, sebab pada saat menghitung kerugian gesekan ataupun gaya lift variabelnya adalah luas permukaan / bidang sayap, bukan luas proyeksinya. Kalau menurut saya (ilmunya belum nyampe) luas proyeksi sayap nanti digunakan pada saat menghitung wing loading (berat/luas penampang)
kalo ngitung wing loading pake luas proyeksi...brati rencana itung2 sayap yang ini kurang luas ya suhu...
unding wrote:Perencanaan :
Wing Loading = 50 gram/dm2
AUW = 2500 gram
Wing Area = 2500/50
= 50 dm2
Konsep sayap seperti ini

Wing span = 100 Cm
Root chord = 80 Cm
Tip chord = 20 Cm
Luas (WA) = 50 dm2
CG distance = 14 Cm
Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 10:03
by unding

betul sekali om ariebudi. ...Kalau dilihat dari sudut situnya nilai WL akan bertambah, tapi ingat nilai AUW (2500 gram) masih flexibel (bisa turun) jadi WL juga bisa turun, kesimpulannya nilai WL masih relatif klu dalam bentuk konsep (teoritis), nanti pada actualnya barulah ketahuan nilai yg sebenarnya........ salam

Re: Bavar 2
Posted: 06 Dec 2011, 13:13
by ariebudi
Re: Bavar 2
Posted: 07 Dec 2011, 06:59
by unding