
ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
- unding
- Chief Master Sergeant
- Posts: 885
- Joined: 24 Mar 2011, 22:39
- Location: Makassar
- Contact:
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
Mungkin diagram sederhananya akan seperti ini ya..


- soloflight
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 07 Jul 2012, 11:21
- Location: Bangka Belitung
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
fajar wrote:soloflight wrote:Para suhu yang terhormat, adakah cara membalik arah putaran motor BL dari remote. saya sudah pernah coba pakai relay yang di kendalikan dari remote, tapi relay nya gak awet. apakah para suhu punya cara lain, atau memang ada alat nya atau gimana? saya ingin membalik arah putaran ini pada saat landing, kurang lebih seperti sistem reserve thurst pada pesawat beneran, karena lapangan tempat saya main rada kecil/pendek, jadi pesawat sering nabarak saat landing. mohon kiranya di beri petunjuk oleh para suhu sekalian. terima kasih sebelum nya. salam hormat saya..
melihat permasalahan di atas berarti pesawat oom solo electric ya? boleh tau jenis apa? setahu saya kalo memang runway pendek agar bisa menghemat runway untuk pesawat kelas elektrik masih lebih efektif dan efisien dengan menambahkan flap pada main wing....atau kalo memang sudah ada biar lebih efektif lagi dengan menambahkan air brake (kebalikannya arah flap yang hanya digunakan setelah touchdown saja).....semoga saran ini bisa membantu....
betul mas.., saya pake pesawat elektrik jenis trainer yaitu peswat WD 500. sebenar nya disini saya bukan hanya masalah untuk runway pendek aja (bisa aja saya pindah main ke lapangan yang luas ) tapi selebih nya saya sebenarnya juga ingin experimen aja, lagi pula biar terlihat lebih sedikit seperti pesawat betulan ( yang pake sistem reserve thrust. tentu dengan sistem kerja yang beda). Pada saat pesawat landing, terlihat amat sangat mantap om, serasa pesawat betulan... hehe....lbih kurang nya seperti inilah video nya.
- didin
- Major
- Posts: 1793
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
soloflight wrote:pitra_rcbagus wrote:maksudnya seperti di rc car?? klo pesawat ga bisa kayaknya, yg bisa itu pitchnya yg dibalik. seperti system heli 6ch. pesawat turboprop seperti atrnya wings air saya perhatikan pitchnya bisa berubah ubah
maksud saya pada saat landing arah putaran propeler nya dibalik, saya udah pernah buat dan bisa, tapi relay nya gak awet, cepat panas dan lumer, karena motor yg saya pakai agak rada besar sekitar 600watt. apakah ada cara lain yang tanpa relay, kalo dengan membalik arah pitch terlalu rumit kayak nya, tapi emang cara itu oke...
Kalau keperluan utk landing, dgn modif begini rasanya kurang efisien om, ....mending landing approach dilakukan dgn benar...
- soloflight
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 07 Jul 2012, 11:21
- Location: Bangka Belitung
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
didin wrote:soloflight wrote:pitra_rcbagus wrote:maksudnya seperti di rc car?? klo pesawat ga bisa kayaknya, yg bisa itu pitchnya yg dibalik. seperti system heli 6ch. pesawat turboprop seperti atrnya wings air saya perhatikan pitchnya bisa berubah ubah
maksud saya pada saat landing arah putaran propeler nya dibalik, saya udah pernah buat dan bisa, tapi relay nya gak awet, cepat panas dan lumer, karena motor yg saya pakai agak rada besar sekitar 600watt. apakah ada cara lain yang tanpa relay, kalo dengan membalik arah pitch terlalu rumit kayak nya, tapi emang cara itu oke...
Kalau keperluan utk landing, dgn modif begini rasanya kurang efisien om, ....mending landing approach dilakukan dgn benar...
hehe...om didin... kata2 yang saya besarin itu maksud nya apa om...? ( maklum newbi om )

- threadsetter
- Airman First Class
- Posts: 74
- Joined: 22 Dec 2007, 15:28
- Location: Dumai - Riau
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
mantep euy ilmunya..
saya juga pernah coba lapter yang runwaynya pendek, sudah coba pake flaperon pun masih tetap ngeloyor
setelah kejadian itu, saya malah berpikir kenapa ndak ban nya aja yang direm
tapi bikin sistem brake di landing gear pasti sangat ribet, jadi saya bikin putaran ban jadi sedikit kesat
efeknya ya pas mau take off musti full throtle dulu
saya juga pernah coba lapter yang runwaynya pendek, sudah coba pake flaperon pun masih tetap ngeloyor

setelah kejadian itu, saya malah berpikir kenapa ndak ban nya aja yang direm
tapi bikin sistem brake di landing gear pasti sangat ribet, jadi saya bikin putaran ban jadi sedikit kesat

efeknya ya pas mau take off musti full throtle dulu

- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 812
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
pake brake system-nya RC car?
ato yg emang khusus buat pesawat:
http://www.sigmfg.com/IndexText/KAV0263.html
ato DIY:
http://www.rcdon.com/html/wheel_brakes.html

http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=89094&page=2
ato yg emang khusus buat pesawat:
http://www.sigmfg.com/IndexText/KAV0263.html
ato DIY:
http://www.rcdon.com/html/wheel_brakes.html

http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=89094&page=2
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 812
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
Reverse Thrust dgn cara nge-flash ulang ESC:
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=1555606
menurut sy ini lebih "aman" drpd motong jalur pcb
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=1555606
menurut sy ini lebih "aman" drpd motong jalur pcb
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
Kayaknya pake ini lebih sederhana
4D hollow Variable Pitch Unit


tinggal tambah servo 1 , pake ch flap atau gear, tinggal ceklek atau dial dari remote buat ngatur picth
4D hollow Variable Pitch Unit


tinggal tambah servo 1 , pake ch flap atau gear, tinggal ceklek atau dial dari remote buat ngatur picth
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 812
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
lebih sederhana tp ga lebih murah hehehe......
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 706
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: ask .cara membalik arah putaran motor BL dari remot
soloflight wrote:fajar wrote:soloflight wrote:Para suhu yang terhormat, adakah cara membalik arah putaran motor BL dari remote. saya sudah pernah coba pakai relay yang di kendalikan dari remote, tapi relay nya gak awet. apakah para suhu punya cara lain, atau memang ada alat nya atau gimana? saya ingin membalik arah putaran ini pada saat landing, kurang lebih seperti sistem reserve thurst pada pesawat beneran, karena lapangan tempat saya main rada kecil/pendek, jadi pesawat sering nabarak saat landing. mohon kiranya di beri petunjuk oleh para suhu sekalian. terima kasih sebelum nya. salam hormat saya..
melihat permasalahan di atas berarti pesawat oom solo electric ya? boleh tau jenis apa? setahu saya kalo memang runway pendek agar bisa menghemat runway untuk pesawat kelas elektrik masih lebih efektif dan efisien dengan menambahkan flap pada main wing....atau kalo memang sudah ada biar lebih efektif lagi dengan menambahkan air brake (kebalikannya arah flap yang hanya digunakan setelah touchdown saja).....semoga saran ini bisa membantu....
betul mas.., saya pake pesawat elektrik jenis trainer yaitu peswat WD 500. sebenar nya disini saya bukan hanya masalah untuk runway pendek aja (bisa aja saya pindah main ke lapangan yang luas ) tapi selebih nya saya sebenarnya juga ingin experimen aja, lagi pula biar terlihat lebih sedikit seperti pesawat betulan ( yang pake sistem reserve thrust. tentu dengan sistem kerja yang beda). Pada saat pesawat landing, terlihat amat sangat mantap om, serasa pesawat betulan... hehe....lbih kurang nya seperti inilah video nya.
kalo thrust reverser di video itu mah bukan dibalik putaran motornya oom....itu hanya membalikkan arah thurst di moncong belakang edf.....lebih simple....tapi harus edf....
kalo thurst reverser untuk wd dengan membalik putaran motor, saya khawatir kalo kita gak sigap salah-salah malah lebih cepet stall loh oom...soalnya dia AUW-nya gak seberat pesawat engine