perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Diskusi pesawat rc elektrik
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by BZ123456 »

Yah memang begitulah....buat saya...ngutak atik electronic di aeromodelling sama atau bahkan melebihi kepuasan menerbangkan pesawatnya......pesawat saya gak banyak dan gabus trainer semua....tapi gak ada bosennya improvisasi dari mereka
User avatar
Kresna88
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 161
Joined: 31 Oct 2012, 18:06

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by Kresna88 »

iwan21 wrote:
kok puyeng ?
pertanyaan dibawah utk motor 2822

kan udah ada keterangan yg saya kopi diatas


nah utk yg 2408, apanya yg panas?, motornya? pastinya dg prop 8x4 dan lipo 3sel kegedean propellernya, karena rekomendasinya kalo pake 3 sel cuman 7x4


Panjenengan memang pantas disebut Pakde Maha Suhu...
Sabaaaaaaaaaaaaaaaaarrnya ruaaaaarr biasaa... :mtp :mtp :mtp
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by Arya m 1991 »

iwan21 wrote:
emilhp wrote:
erizal wrote:mohon maaf mas sutanto saya numpang juga karena kebetulan saya punya masalah pada batre esc dan motor, berikut pertanyaan saya untuk om suhu dan suhu , saya punya motor emax 2822 dan esc red bric 50 A dan batre 1000, 1300 Mah.
1. pertama saya pake prop 8x6 motor agak panas dikit esc juga panas dikit batre juga dikit
2. saya coba pake prop 8x4,3 semua pada enteng tapi masalah dengan trush power jadi lemot
3. saya coba pake prop 9x5 motor panas tidak bisa terpegang esc panas banget batre juga panas banget sampai perlu di angin anginkan biar cepat dingin sebelum masuk kotak brangkas
4. saya coba pake Prop 10x4,3 wah ini lebih mantap lagi glue yang ada pada support motor dan yang nempel di motor bisa cair.
yang saya bingung dan jadi pertanyaan kenapa bisa panas???? padahal di spek motor tertulis prop 9" - 10"
5. masalah kah motor saya
6. masalah kah esc saya
7. batre saya sudah gembung apakah aman di pake dan charger?????? maklum takut :duar

lebih bertanya dari pada sesak nafas...... heheheh (copy dari siapa ya)

Poin 3 dan 4 apakah pakai batere yg sama ? sebaiknya lihat lagi di panduannya . .untuk prop 9 atau 10 cocoknya dengan batere berapa cell ?

Kayaknya perlu bongkar-bongkar arsip gaero lagi neeh . . karna semua ini sudah pernah ada di bahas di gaero . . :hmm


Ini saya kopi semuanya deh , biar jelas
(sumber : http://www.headsuprc.com/servlet/the-15 ... ess/Detail)


Emax CF2822 1300kv Specifications:
Weight = 1.4 ounces (39 grams)
Diameter = 1.1 inch (28mm)
Length not including shaft = 1.2 inches (30mm)
Shaft Length = 0.62 inches (15mm)
Shaft Diameter = 3mm
Bearing Size = 3mm x 8mm x 4mm
Voltage = 7.2 to 12.6
KV = 1300
Current = 16 amp maximum for 60 seconds


Recommended props when using 3 cell Lipo batteries:

The GWS EP9050 produces 30 ounces of thrust at 17 amps. Use with caution

The GWS EP8040 produces about 24 ounces of thrust at 12 amps. Best all around prop for this motor.

The APC 8x4E produces 25 ounces of thrust at 14 amps.

The GWS HD8060 produces 22 ounces of thrust at 17 amps. Use with caution

The GWS EP7035 produces 15 ounces of thrust at 7 amps.

The APC 7x6E produces 19 ounces of thrust at 12 amps.

Recommended props when using 2 cell Lipo batteries:

The GWS EP1170 prop produces about 21 ounces of thrust at 15 amps

The GWS EP1060 prop produces about 18 ounces of thrust at 12 amps.

The GWS EP1047 prop produces about 19 ounces of thrust at 13 amps.

The GWS EP9050 prop produces about 16 ounces of thrust at 10 amps.

The GWS EP8040 prop produces about 12 ounces of thrust at 6.5 amps.

Please be aware that the battery used can make a tremendous amount of difference in the performance of brushless motors. The above data was obtained using batteries in good condition that were fully charged. Thrust and amp draw may be less with the use of batteries rated at lower amp output, and slightly more using batteries rated for higher amp output. Other factors, such as ESC timing and variations in actual motor KV can affect the performance of brushless motors as well. We recommend the use of a Watt Meter to test the current draw of your particular power system, especially if you plan to use a prop that pushes the motor near it's maximum amp rating.


Berarti Emax 2822 dg 3s lipo, pake prop gws 9x5 trus pake esc 17A gtu???
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by iwan21 »

Arya m 1991 wrote:Berarti Emax 2822 dg 3s lipo, pake prop gws 9x5 trus pake esc 17A gtu???


jawabannya? tetep gak aman, lah itu 17 amp cuman tahan utk 60 detik aja kok
solusinya ya turunin ukuran propnya ke 8x4 yg paling aman

The GWS EP8040 produces about 24 ounces of thrust at 12 amps. Best all around prop for this motor.

kalo pake prop 8x4, dg arus cuman 12 amp dan dapet thrust 24 ounces masak sih masih kurang?, emang segede dan seberat apa sih pesawatnya?, jangan2 masalahnya bukan di power motor tapi di wingloading yg kelewat gede ?a

selama ini utk pesawat home made gabus yg saya buat, dg thrust yg 60 sampe 75 % AUW aja udah terbang kok, gak perlu 1:1 TWR ny
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by iwan21 »

Kresna88 wrote:
iwan21 wrote:
kok puyeng ?
pertanyaan dibawah utk motor 2822

kan udah ada keterangan yg saya kopi diatas


nah utk yg 2408, apanya yg panas?, motornya? pastinya dg prop 8x4 dan lipo 3sel kegedean propellernya, karena rekomendasinya kalo pake 3 sel cuman 7x4


Panjenengan memang pantas disebut Pakde Maha Suhu...
Sabaaaaaaaaaaaaaaaaarrnya ruaaaaarr biasaa... :mtp :mtp :mtp


lah ini kan anak orang, kalo anak saya sendiri sih udah saya cubit hihihihiiiiiiii
User avatar
affandi11
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 682
Joined: 11 Jul 2012, 09:13
Location: Tanjungpinang-Kep. Riau
Contact:

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by affandi11 »

pengetahuan saya belum sampe kesana nech.............!! py slalu berusaha menyimak dengan seksama hbs gitu saya copas bwt dirangkum dan disusun sesuai pemahaman saya..........!! jadi maaf ya suhu2 klo ntar tiba2 sya nnya yang agk nyeleneh...........

GAERO mang Mantap...... :mtp :mtp :mtp :mtp :mtp
User avatar
nganggur
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 248
Joined: 14 Aug 2011, 21:06
Location: Kulonprogo-Jogja-watess
Contact:

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by nganggur »

Si Emax CF 2822..
hmm pernah ane pake di 3D LIL ripper W.S Standard Version..
Pake Prop 9.45 aman kog dgn esc 25-30 A.
masalah panas byk faktornya....mungkin Posisi Prop yg ga balance, over AUW, maennya yg extreme mungkin..
hmm....apalagi yaaa...?? Mungkin krn murah jadi cepet panas wkkkkkaaaaa :tmb
Btw dah dijabarkan dengan jelas ama suhu2 diatas kog..hehehe... :mtp
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by christoffel »

AUW nggak ada hubungan nya dengan motor panas om ...
kalau over AUW, yg terbang nya berat atau malah nggak bisa terbang, tapi motor nya nggak akan jadi lebih panas.
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by Arya m 1991 »

Boro2 terbang si Emax keburu rusak,... tinggal sisa esc 30a, esc hk 15/18a, motor Tpro black 2408, 3s 1100 (ex cessna artech)

Yg 2408 sy pake 30a prop 8x4, baru muter 2 kali landing panas tuh motor..
Kelewatan kali ya ngangkat AUw 900gr, hahaha, (mode sok tau d pake aja + paksa)
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: perhitungan motor+prop+esc+batere gimana?

Post by BZ123456 »

Sebenernya saya di hobby ini diajarkan banyak sekali oleh kegiatannya.....yang pertama adalah disiplin....(bagun pagi, recycle batt, cek dan ricek sebelum terbang...etc) dan tanggung jawab...(bermain pada tempatnya, tidak ugal-ugalan, etc)...serta menjadi pemikir yang kritis....(nanya mulu....kebanyakan nanya ke buku dan manual, inovatif...etc)
Jadi lambat laun saya belajar detail mekanik dan elektronik aeromodelling karena sudah terbiasa dengan dengan 3 ilmu dasar tadi....dan sampe sekarang...hobbynya ngutak atik terus...malah jarang terbang...kalo di lapangan lebih banyak ngopi dari pada terbang wekekekek
Sangat menyenangkan kalo semua menjadi terencana dan predictable....selamat berpusing gembira
Post Reply