CENDOL (next progress)

Tampilkan karya SPAD / Coroplast Anda

Moderators: aji, atari7up

User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

om syafik : pertama pake motor nya ex WD terus mau coba brushless E-sky nya om Hadi/gundul400

om nedi : ayo om kita gabung ke cinere... kalo ga salah... ada rencana dabnyak yang mau datang kesana seminggu atau dua minggu kedepan :-)
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

nedi wrote:
x wing wrote:progress: wing tip dah di pasang... aileron siap di aktifkan sesuai posisi (sayap jadi aga' lebar)

elevator & rudder deh di perlebar...


tapi sepertinya Prop nya harus pake prop elektrik deh biar daun prop nya aga' lebar, kemerin ini kan pake' prop engine yang daun nya kecil.... pengaruh kali yeee??

gimana menurut Om om pakar di sini ??


ya kemingkinan agak berat putarannya sehingga daya angkatnya kurang,
ah kapan2 saya mau main bareng juga nih dengan om x wing......


Sebenernya ada cara sederhana buat liat apa thrust yg dihasilkan cukup atau enggak buat pesawat ini :
1. Pesawatnya dg tangan.
2. Coba full throttle sebentar.
3. rasain apa ada tarikan yg cukup kuat dari porpeller.
4. kalo tarikannya terasa, maka dipastikan thrustnya cukup .
5. Kalo tarikan kurang terasa/lemah, maka thrust motor kurang, dg sebab :
a. Ukuran propeller gak cocok utk motor tsb (kombinasi pitch dan diameternya)
b. Propeller terlalu berat hingga motor enggak berputar maksimal
c. AUW terlalu berat

bang Nedi, putaran/rpm enggak berhubungan dg gaya angkat. O:) , putaran/rpm berhubungan dg thrust dan speed.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Wah jadi agak2 ngerti dikit, maklum gak mudeng ilmu pesawat.
Kalau bandingannya motor yang menggunakan gearbox dan direct harusnya diberi beban propeler seperti apa bandingannya pak? apakah yang tanpa gearbox menggunakan prop lebih kecil diameter dan pitchnya dibanding yang dengan gearbox
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Syafik wrote:Wah jadi agak2 ngerti dikit, maklum gak mudeng ilmu pesawat.
Kalau bandingannya motor yang menggunakan gearbox dan direct harusnya diberi beban propeler seperti apa bandingannya pak? apakah yang tanpa gearbox menggunakan prop lebih kecil diameter dan pitchnya dibanding yang dengan gearbox


Saya coba jawab ya om, kalo salah mohon dikoreksi

secara umum
1. Motor gearbox, mengkonversi rpm jadi torque (rpm tinggi-> torque kecil, sedang rpm rendah -> torque gede)
Nah karena low rpm high torque, maka motor dg gearbox mampu memikul propeller diameter besar dg pitch kecil.
Hasilnya adalah high thrust dan low speed.
Kalo dikasih prop diameter besar dg pitch juga besar,maka diperlukan power yg besar utk memutar nya

2. Motor direct drive, ,low torque karena high rpm maka hanya mampu memikul beban propeller diameter kecil dg pitch besar dan akan menghasilkan low thrust - high speed.
Kalo dikasih prop diameter kecil dg pitch kecil, perlu take off dg kecepatan tinggi (dg metode katapel)

Thrust diatas adalah static thrust, kalo dah terbang udah beda lagi karena pengaruh gerak laju pesawat, hambatan udara dll.

diatas saya tulis secara umum, karena ada pengecualian untuk motor brushless outrunner
Brushless outrunner ada 2 macem :
1. Low KV (low rpm) ini ekivalen dg motor bergearbox
2. high kv (high rpm) ini ekoivalen dg motor direct drive

begitu yg pernah saya baca.
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

om iwan thx bgt ya
a. Ukuran propeller gak cocok utk motor tsb (kombinasi pitch dan diameternya)
b. Propeller terlalu berat hingga motor enggak berputar maksimal
c. AUW terlalu berat

a. yap, ukuran ga sesuai karena aku pake prop engine yang daun nya kecil dan motor nya sepertinya lebih berat dari motor brushless 11,1Volt E-sky nya om HADI/gundul400

b. tepat sekali

c. AUW yang pastinya belum di timbang, kalau di timbang tangan siy sama dengan pesawat nya om Joko

dan sayap sudah menjadi lebar, karena wingtip dan trailingedge nya saudah terpasang

THX BGT ya om iwan, om... ikut ngumpul ke cinere dooonk :-)
User avatar
x wing
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 06 Mar 2007, 10:23
Location: Pamulang
Contact:

Post by x wing »

Tempel, amplas, bungkus, Cat....
Image

pinggiran tas & tembaga = pushrod home made :-)
Image

mounting motor & resize elev, rudder
Image

hhhmmm [-o< [-o< [-o< terbang ya sayang :-)
Image
User avatar
Joker
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 100
Joined: 24 Jul 2007, 11:56
Location: Surabaya
Contact:

Post by Joker »

Om kris, Bagus pesawatnya nih....... Rapi sekali.... jadi pingin juga punya pesawat......
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

kalau dah bosen... kasi ke saya om... hehehehe
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

WAAH RAPIH BANGET!!!

Ini BARU TOOP!!!
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

walau belum bosen... kasi ke saya juga mau... hihihihi
Post Reply