Page 4 of 4

Re: ask:kemana harus mencari pesawat gasoline >100cc

Posted: 28 Mar 2015, 08:38
by budiartha
Sy pernah 2x pakai 100cc. Keduanya tanpa power box.bahkan pak putu ari 170cc hanya dng reciver 4cnl saja.ken servo hitec dng servo programer menghemat semuanya.tp kedua pesawat tersebut crash krn sayap patah di atas. Dan sekarang tinggal mesin dan servo.berhubung pak dollar lagi melambung maka sy rakit 50cc versi murah .tentu krn murah banyak kekurangannya twtapi semua itu bisa ditutupi dng kreatifitas dan waktu yg tersita.

Re: ask:kemana harus mencari pesawat gasoline >100cc

Posted: 16 Aug 2015, 16:04
by flylow
budiartha wrote:Sy pernah 2x pakai 100cc. Keduanya tanpa power box.bahkan pak putu ari 170cc hanya dng reciver 4cnl saja.ken servo hitec dng servo programer menghemat semuanya.tp kedua pesawat tersebut crash krn sayap patah di atas. Dan sekarang tinggal mesin dan servo.berhubung pak dollar lagi melambung maka sy rakit 50cc versi murah .tentu krn murah banyak kekurangannya twtapi semua itu bisa ditutupi dng kreatifitas dan waktu yg tersita.


Intinya tergantung servo sama style terbang.
kalo bec cukup untuk supply semua servo tanpa browning(ngedrop) lanjut aja.
kemudian terbangnya mau gimana. kalo manuver semacam snap-roll itu membutuhkan ketahanan servo torsi tinggi dan membutuhkan arus besar sesaat.
jika tidak kuat maka supply tegangan ke receiver akan turun mengakibatkan receiver mati sebentar. dalam kecepatan tinggi matinya receiver bisa fatal.
di kami kalo terbang cantik 100cc aman aja tanpa powerbox.

saya ada servo bluebird 35kg. nyoba idupin sepasang di darat pake bec 16a begitu digerakin tegangan lsg drop dan kadang receiver mati, nah seperti ini contoh kasus ekstrimnya.