Wind Raider wrote:Wahh mantap sketxhup bisa buat cari cg Aerodynamics cg agak berbeda dgn static cg setahu saya
setahuku sih memang CG aero lebih di depan (15% - 25%MAC) biar bisa gliding, kalo CG fisik kan posisi tengah-tengah titik berat (50%Mac) kalo nggak salah ya ini
Wind Raider wrote:Wahh mantap sketxhup bisa buat cari cg Aerodynamics cg agak berbeda dgn static cg setahu saya
setahuku sih memang CG aero lebih di depan (15% - 25%MAC) biar bisa gliding, kalo CG fisik kan posisi tengah-tengah titik berat (50%Mac) kalo nggak salah ya ini
Correct pak .. Tepatnya Center of Lift . Cg biasa agak maju drpdr CL sehingga tercipta keseimbangan .
Kalau di sketchup kayaknya cg static alias center of mass deh pak ( itu pun kalau saya tidak keliru hehehe ). Jadi pemakaian sketchup sekalian dipakai utk mengepaskan cg ya pak .?
Akhirnya remaiden sukses dengan nilai cg yang didapat setelah beberapa kali glide test di angka 195 mm dari leading edge atau 10 % lebih maju dari hitungan sketcup. berikut video minggu kemaren saat maiden terbang liar dengan kondisi CG sesuai desain hitungan tools dengan setting elefon di rate 100 dan 75 dengan expo 80.
Berikut video setelah cg di 195 mm atau sebesar 10 % dari static cg di sketcup' nilai ini didapat dengan beberapa kali test glide' (saat landing di menit terakhir tanpa throt) sementara setingan elevon, dual rate di 28 dan 40 serta expo 65 %. pelajaran yang didapat 1. pergerakan elevon tidak boleh terlalu besar, sehingga settingan dual ratenya harus kecil. 2. Teknik melempar jika ngelmpar sendiri harus diperhatikan. Berikut video remaidennya hari ini dengan om hilmi dan om ari, edisi video yang di edit dari armada quad nanti nyusul ya suhu. Oya suhu sory cuma kirim link soalnya uplod dari hp
checkvalve wrote:Berhubung stocknyafoamnya kurang saat ini belum memungkinkan untuk membuat da mengulang lagi proses detail burger baru' menungguu stock nya lengkap ijin suhu mimin alias wasit agar bisa ngelanjutin yang masih setengah jadi Proses pengeleman motor, lem dari triplek ke motor menggunakan kabel ties dan diperkuat eopxy, dari triplek ke polyfoam menggunakan hotglue
selagi menunggu lem kering dilanjutkan Pembuatan pushrod, dari kawat gorden dan strip carbon yang dibentuk, diikat benang terlebih dahulu seperti bikin layang layang, kemudaian dihotglue dan dirapikan dengan shrinkfit Pembuatan tempat batre Dilanjutkan dengan pengeleman elektronik agar fix
AYOOO SEMANGAD MAJU TERUS ,SAYA JUGA BARU MULAI KOK,..
Video lagi suhu, kali ini take off dari tangan, landing ditangan juga. ngetes 19 oktober 2014, tidak ada pengurangan berat berat total masih 600 gram, terbang asik banget, dibanding home made yang pernah dibuat, F-15, mustang,
setuju banget dengan suhu wind raider, main speed oke main slow juga oke... jadi kepingin masangin kamera karena terbangnya stabil sekali
checkvalve wrote:Video lagi suhu, kali ini take off dari tangan, landing ditangan juga. ngetes 19 oktober 2014, tidak ada pengurangan berat berat total masih 600 gram, terbang asik banget, dibanding home made yang pernah dibuat, F-15, mustang,
setuju banget dengan suhu wind raider, main speed oke main slow juga oke... jadi kepingin masangin kamera karena terbangnya stabil sekali