Page 4 of 5
Re: os max 15cv-a
Posted: 31 Jan 2015, 18:00
by Arya m 1991
anelah wrote:kalau mesin nyala dan pesawat diangkat, landing gear (simpel dari ruji sepeda) getar, jadi berisik. Biasanya, bagaimana cara meminimalisir getaran dari engine?
Propeller balance dan dudukan engine dari kayu.
Ahh biarin aja om, punya sy jg berisik & getar roda2nya kalo di angkat

Re: os max 15cv-a
Posted: 31 Jan 2015, 18:01
by Arya m 1991
anelah wrote:os 15 cva akan dicoba pada pesawat stick/trainer, high wing dikit, home made, wing area 1716cm^2, panjang fuselage 74cm, berat total dibawah 800g.
mumumbul ggga?
Jgnkan 800gr, 1kg jg ngangkat haha

Re: os max 15cv-a
Posted: 06 Feb 2015, 11:42
by anelah
yahahaha... 1kg ok ya...

Re: os max 15cv-a
Posted: 06 Feb 2015, 17:39
by Arya m 1991
anelah wrote:yahahaha... 1kg ok ya...

Saya bantu hitung ya max thurstnya
Kalo ga slh powernya itu 0.45Hp
Lalu di rubah ke watt
1hp = 746watt
0.45 x 746 = 335,7watt
Anggap aja power mesin itu 335watt
Lalu di bagi power loading 0.22watt/gr (trainer)
335watt : 0.22watt/gr = 1522.xxxx gr
Max power 1500gr'an atw 1.5kg'an
Lalu di kasij efisiensi power 75%
1500 x 0.75 = 1125gr (thrust ideal)
800gr yaa ngabrittt
Kalo utk pesawat sport
335watt / 0.3 watt/gr?? ...
Silahkan hitung hehheehe

Sy pernah punya ASP 15 Hornet
900gr aja msh bisa terbang itupun pake prop ukuran kecil 7x3 harusnya pake 7x4 ~ 8x4 dan pake fuel oplos 0% nitro
Apalg OS 15 CVA dg nitro 10%~15%

Re: os max 15cv-a
Posted: 06 Feb 2015, 21:44
by iwan21
Koreksi om Arya, yg om hitung itu power loading dan AUW yg bisa dipikul oleh power mesin berdasarkan patokan power loading yg om Arya tentuin.
Kalo mau ngitung thrust ya dipasang prop dulu dan dicari rpm optimal dg pasangan prop dimaksud
Re: os max 15cv-a
Posted: 07 Feb 2015, 06:50
by anelah
ok, yang penting berat masih bisa dipikul oleh mesin tersebut.
masalahnya masih di mesin yang belum spontan kalau throttle dinaikkan, masih ada batuk2 nya, tapi kalau pelan2 dinaikkan ok.
pakai propeller 8.5x4 (nemunya itu) terdengan rpm (alat ukur belum punya) sepertinya kurang, dipegang tangan terasa ada tenaganya pada full throttle, tapi tenaga tarikan kurang dibandingkan dengan brushless 450Watt (turnigy D3536/1450KV) menggunakan propeller yang sama.
Re: os max 15cv-a
Posted: 07 Feb 2015, 10:29
by Arya m 1991
anelah wrote:ok, yang penting berat masih bisa dipikul oleh mesin tersebut.
masalahnya masih di mesin yang belum spontan kalau throttle dinaikkan, masih ada batuk2 nya, tapi kalau pelan2 dinaikkan ok.
pakai propeller 8.5x4 (nemunya itu) terdengan rpm (alat ukur belum punya) sepertinya kurang, dipegang tangan terasa ada tenaganya pada full throttle, tapi tenaga tarikan kurang dibandingkan dengan brushless 450Watt (turnigy D3536/1450KV) menggunakan propeller yang sama.
Yaa jelas om 15cva 335watt vs turnigy 450watt kencengan 450watt, ini udh setara engine .20 ~ .25
Mungkin settingan karbu blm pas

Re: os max 15cv-a
Posted: 09 Feb 2015, 08:52
by anelah
[youtube]
http://youtu.be/vlJWIOquG9s[/youtube]
kurang pas apanya. kedengaran seperti rpm nya kurang?
Re: os max 15cv-a
Posted: 09 Feb 2015, 11:29
by christoffel
om, kalau mau cek performance jangan di blayer gitu, nggak kelihatan setting nya udah bener nggak nya...
di full aja yg stabil, agak lama gitu ...
biar kedengaran ada batuknya apa nggak, bisa diukur rpm nya, dll
lha kalau di blayer begitu gimana dengernya, emang mau test servo throtle ... ??? wkwkwk
Re: os max 15cv-a
Posted: 13 Feb 2015, 10:56
by anelah