Page 4 of 4

Posted: 15 Nov 2007, 14:25
by sevenslidegrills
Yang jelas semua heli FP atapun CP harus tetap recheck after crash. Klo sekiranya ada perlu diganti hukunnya wajib untuk diganti. Bisa dipaksakan untuk terbang tp jelas bakalan gak enak terbangnya. Atau mungkin malah gak mau terbang. Tapi klo masih bisa diperbaiki mungkin boleh lah diperbaiki untuk mengurangi cost aftercrashnya. Klo rotorhead sampe patah gitu sdh bisa bisa dipastikan mainshaft dan spinddle jelas bengkok. Sebaiknnya diganti.

Posted: 15 Nov 2007, 17:36
by Roy_95
Senada dengan om tralala... setiap kali crash ringan atau berat (apalagi), hardlanding yang mana Blade sampe kena ground/rumput dan sebagainya paling bagus untuk dicek secara keseluruhan, main shaft lepas rotor secara utuh kemudian coba hidupkan perlahan sambil lihat shaftnya goyang tidak... untuk spindel cara paling gampang untuk mendeteksi adalah lepas main blade kemudian bout/mur spindelnya diputar perlahan.. lihat apakan main blade grip sebelahnya naik turun apa diam aja...

Posted: 15 Nov 2007, 18:57
by sudjai sarmo
Raptor saya selalu ada cadangan parts spindle, main shaft, flybar rod, landing skid dan banyak lagi yang lainnya karena parts inilah yang paling sering rusak kalau crash.

Posted: 15 Nov 2007, 21:55
by sevenslidegrills
Setuju dg pak Ja'i. Klo perlu memang punya part cadangankhususnya spinddle dan mainshaft. Biar gak repot sendiri klo crash.

Posted: 27 Nov 2007, 21:50
by Budiman
Roy_95 wrote:untuk P3K heli, apalagi daerah yang susah spare partnya mungkin mainshaftnya di ketok magic dulu saya rasa ngga apa-apa... yang penting benar-benar di check apa udah lurus atw belom, bisa pake kaca dan di gelinding... atw di bawa ke tukang bubut suruh check pake micro meter... memang untuk ketok magic butuh skil dan ketelitian yang tinggi.. kalau ngga beli baru dan menunggu....hehe


Wah Om Roy...ternyata sampean satu aliran sama saya...hehehe...ketok2an ... =P~ ...lumayan ..bisa buat ngirit ongkos yg lain =P~

salam,

budi

Posted: 28 Nov 2007, 04:22
by Roy_95
Kebiasaan kalau didaerah om budiman.. maklum jauh dari HS, jadi untuk spare partsnya harus nunggu beberapa hari... kelamaan..

Posted: 28 Nov 2007, 07:51
by januar_r96
Oom Augustinus siapa bilang heli kita mainan....?? kalo menurut janu...( nanya sama papah ) heli Janu bukan mainan tapi heli kecil karena semua sara kerjanya mirip yang sebenernya yang nggak boleh salah nggak persisi... setuju nggak Oom2..??

Posted: 28 Nov 2007, 13:55
by Syafik
Setuju banget... aeromodelling is not a toy

Posted: 28 Nov 2007, 14:14
by Roy_95
@ Janu : mungkin yang di maksud Om Augustinus bukan mainan seperti maksud artikulasinya.. tapi mungkin "mainan" seperti yang sering kita permainkan wakaka aku sendiri tidak tau apa maksudnya.. soalnya jaman sekarang ini apa saja bisa diper"main"kan yah jadi mainan dong...

Posted: 28 Nov 2007, 16:05
by AgoesAurelz
Roy_95 wrote:@ Janu : mungkin yang di maksud Om Augustinus bukan mainan seperti maksud artikulasinya.. tapi mungkin "mainan" seperti yang sering kita permainkan wakaka aku sendiri tidak tau apa maksudnya.. soalnya jaman sekarang ini apa saja bisa diper"main"kan yah jadi mainan dong...


Betul Om Roy... Arti mainan itu sebenarnya relatif sekali....tergantung gaya bahasanya.... bagi sebagian orang R/C heli itu mainan (emang itu bukan mainan?)... dengan bahasa relatif saya tambahin: Bagi pilot-pilot akrobatik heli beneranpun juga dianggap mainan.... Gimana jelasinnya ya..? Relatif lah?
Daripada pusing...yang penting gini deh: Mainan atau bukan kita harus hati-hati ! :)

@Janu.... Om Agus salut sama kamu... kamu masih muda tapi udah bisa maen aeromodelling, apalagi maen heli engine... Jamanku dulu palingan cuman bisa maen neker(kelereng) dan layangan saja... hehehe... Terus berlatih, jangan lupa faktor safety... dan jangan lupakan pelajaran sekolah (itu yg utama).... Buat ayah & ibumu bangga dengan prestasimu! :)