Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

Mana de Pak Dhe Suhu Sahid dan Mas Suhu Handoyo6299.... :tlt :tlt ..

salam,
budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by sahid »

Budiman wrote:Mana de Pak Dhe Suhu Sahid dan Mas Suhu Handoyo6299.... :tlt :tlt ..

salam,
budiman


Pakdhe, sedang nyruput kopi disini Udha... :wek
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

:ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 ...
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Syafik »

handoyo6299 wrote:Wah muantapppp. ilmunya...ikut menyimak ach..sambil dipraktekkan.he...
Itu khan kalau Loop dan Roll, bagaimana ya kalau Stall Turn....... hmmmmm...sedikit berbagi pengalaman juga boleh ya.....

Step untuk stall turn....
paling penting adalah kondisi pilot, harus dan harus merasa nyaman sehingga orientasi tidak kacau..biasakan setelah take off untuk menguji orientasi terlebih dahulu dengan sedikit bermain rudder, atau membentuk figure 8 horisontal kecil didepan kita ( ini sekedar berbagi pengalaman, tanpa melakukan ini kalau memang sudah nyaman untuk FF boleh langsung lakukan FF) barulah kita lakukan FF.
Lakukan Fast Forward Flight pada altitude aman ( at least setinggi mata pilot ) dengan input down elevator diikuti throttle stick up, Setelah heli mendapat airspeed (pinjem istilah suhu Budiman) cukup,-- ctt. jangan paksakan untuk melaju lebih cepat pada fase ini, biarkan heli terbang dengan kecepatan alaminya dari input FFF pertama kita, baik itu dengan down stick maupun throttle up stick, supaya helinya terbang cepat lurus tanpa ragu-ragu( maksudnya nggak angguk-anggukan gitu he.h.e.h.e)--saatnya untuk melevelkan nose dengan sedikit koreksi elevator up, saat heli melaju didepan kita biarkan pass sedikit dikiri atau kanan kita kemudian berikan input elevator up secukupnya sambil tarik throttle stick ke tengah, biarkan beberapa saat heli menanjak naik alami (cuantiik banget ya.... posisi ini ) ketika kecepatan menanjaknya mulai menurun siap-siap untuk berikan input rudder--- kiri boleh kanan juga ndak apa-apa----dan tepat saat heli stop biarkan sepersekian detik (supaya terlihat efek stallnya ) baru input rudder diberikan, tetap jaga throttle stick netral atau lihat kondisi angin, kalau kita heading wind maka berikan sedikit minus cyclic supaya heli meluncur turun pada jalur naiknya.... saat masuk pada point up tadi, tarik dengan lembut elevator up bersamaan (lembut juga) dengan throttle up, stop elevator up pada posisi nose heli sedikit menukik untuk tetap FFF... pass didepan pilot rasanya serrrrr...muantappppp :plk :plk :plk :plk :plk :plk :plk

ini manuver kesukaan saya...

kalau suhu2 sudah pada ngomongin manuver kok jadi pingin terbang heli lagi padahal maunya berhenti nih... :pyg :pyg
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Budiman »

udahlah,Mas...maen heli lg aja..kelas 50 aja..murah meriah..hehehehe

salam,
budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by sahid »

Syafik wrote:
handoyo6299 wrote:Wah muantapppp. ilmunya...ikut menyimak ach..sambil dipraktekkan.he...
Itu khan kalau Loop dan Roll, bagaimana ya kalau Stall Turn....... hmmmmm...sedikit berbagi pengalaman juga boleh ya.....

Step untuk stall turn....
paling penting adalah kondisi pilot, harus dan harus merasa nyaman sehingga orientasi tidak kacau..biasakan setelah take off untuk menguji orientasi terlebih dahulu dengan sedikit bermain rudder, atau membentuk figure 8 horisontal kecil didepan kita ( ini sekedar berbagi pengalaman, tanpa melakukan ini kalau memang sudah nyaman untuk FF boleh langsung lakukan FF) barulah kita lakukan FF.
Lakukan Fast Forward Flight pada altitude aman ( at least setinggi mata pilot ) dengan input down elevator diikuti throttle stick up, Setelah heli mendapat airspeed (pinjem istilah suhu Budiman) cukup,-- ctt. jangan paksakan untuk melaju lebih cepat pada fase ini, biarkan heli terbang dengan kecepatan alaminya dari input FFF pertama kita, baik itu dengan down stick maupun throttle up stick, supaya helinya terbang cepat lurus tanpa ragu-ragu( maksudnya nggak angguk-anggukan gitu he.h.e.h.e)--saatnya untuk melevelkan nose dengan sedikit koreksi elevator up, saat heli melaju didepan kita biarkan pass sedikit dikiri atau kanan kita kemudian berikan input elevator up secukupnya sambil tarik throttle stick ke tengah, biarkan beberapa saat heli menanjak naik alami (cuantiik banget ya.... posisi ini ) ketika kecepatan menanjaknya mulai menurun siap-siap untuk berikan input rudder--- kiri boleh kanan juga ndak apa-apa----dan tepat saat heli stop biarkan sepersekian detik (supaya terlihat efek stallnya ) baru input rudder diberikan, tetap jaga throttle stick netral atau lihat kondisi angin, kalau kita heading wind maka berikan sedikit minus cyclic supaya heli meluncur turun pada jalur naiknya.... saat masuk pada point up tadi, tarik dengan lembut elevator up bersamaan (lembut juga) dengan throttle up, stop elevator up pada posisi nose heli sedikit menukik untuk tetap FFF... pass didepan pilot rasanya serrrrr...muantappppp :plk :plk :plk :plk :plk :plk :plk

ini manuver kesukaan saya...

kalau suhu2 sudah pada ngomongin manuver kok jadi pingin terbang heli lagi padahal maunya berhenti nih... :pyg :pyg



ha....ha....ketahuan selera Mas syafik ttg rotary wing...stall turn..alias...yg anjlok-anjlok...pasanganya tail slide toh mas....ayo mas...mule lagi....spt kt suhu udha Budiman....kelas paling merakyat..eng'50 :deal :plk :plk :plk

dan lagi sampeyan itu inspirator saya main heli.....ingat yang tanpa skid pipe dulu mas.......he...he....( baju merah masih nuansa kantoran sambil hover heline...wes jan apik tenan....)
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by handoyo6299 »

Syafik wrote:
handoyo6299 wrote:Wah muantapppp. ilmunya...ikut menyimak ach..sambil dipraktekkan.he...
Itu khan kalau Loop dan Roll, bagaimana ya kalau Stall Turn....... hmmmmm...sedikit berbagi pengalaman juga boleh ya.....

Step untuk stall turn....
paling penting adalah kondisi pilot, harus dan harus merasa nyaman sehingga orientasi tidak kacau..biasakan setelah take off untuk menguji orientasi terlebih dahulu dengan sedikit bermain rudder, atau membentuk figure 8 horisontal kecil didepan kita ( ini sekedar berbagi pengalaman, tanpa melakukan ini kalau memang sudah nyaman untuk FF boleh langsung lakukan FF) barulah kita lakukan FF.
Lakukan Fast Forward Flight pada altitude aman ( at least setinggi mata pilot ) dengan input down elevator diikuti throttle stick up, Setelah heli mendapat airspeed (pinjem istilah suhu Budiman) cukup,-- ctt. jangan paksakan untuk melaju lebih cepat pada fase ini, biarkan heli terbang dengan kecepatan alaminya dari input FFF pertama kita, baik itu dengan down stick maupun throttle up stick, supaya helinya terbang cepat lurus tanpa ragu-ragu( maksudnya nggak angguk-anggukan gitu he.h.e.h.e)--saatnya untuk melevelkan nose dengan sedikit koreksi elevator up, saat heli melaju didepan kita biarkan pass sedikit dikiri atau kanan kita kemudian berikan input elevator up secukupnya sambil tarik throttle stick ke tengah, biarkan beberapa saat heli menanjak naik alami (cuantiik banget ya.... posisi ini ) ketika kecepatan menanjaknya mulai menurun siap-siap untuk berikan input rudder--- kiri boleh kanan juga ndak apa-apa----dan tepat saat heli stop biarkan sepersekian detik (supaya terlihat efek stallnya ) baru input rudder diberikan, tetap jaga throttle stick netral atau lihat kondisi angin, kalau kita heading wind maka berikan sedikit minus cyclic supaya heli meluncur turun pada jalur naiknya.... saat masuk pada point up tadi, tarik dengan lembut elevator up bersamaan (lembut juga) dengan throttle up, stop elevator up pada posisi nose heli sedikit menukik untuk tetap FFF... pass didepan pilot rasanya serrrrr...muantappppp :plk :plk :plk :plk :plk :plk :plk

ini manuver kesukaan saya...

kalau suhu2 sudah pada ngomongin manuver kok jadi pingin terbang heli lagi padahal maunya berhenti nih... :pyg :pyg



Itu tandanya memang gak boleh meninggalkan rotary Wing suhu..h.e..he..eh ayo dirakit lagi, ambil part yang dari rak itu loh....
Tapi Suhu kita yang satu ini memang kayaknya senang yang STALL gitu ya Pakdhe...he..he.. sampe-sampe fixed wing pun deterbangkan dalam kondisi Stall terus menerus(rolling harrier dst)...
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Tanya Persiapan bikin loop dan rolling

Post by Syafik »

sahid wrote:
Syafik wrote:ini manuver kesukaan saya...

kalau suhu2 sudah pada ngomongin manuver kok jadi pingin terbang heli lagi padahal maunya berhenti nih... :pyg :pyg



ha....ha....ketahuan selera Mas syafik ttg rotary wing...stall turn..alias...yg anjlok-anjlok...pasanganya tail slide toh mas....ayo mas...mule lagi....spt kt suhu udha Budiman....kelas paling merakyat..eng'50 :deal :plk :plk :plk

dan lagi sampeyan itu inspirator saya main heli.....ingat yang tanpa skid pipe dulu mas.......he...he....( baju merah masih nuansa kantoran sambil hover heline...wes jan apik tenan....)

walah masih ingat aja om satu ini, padahal saya sudah lupa... sekarang lokasi itu sudah tidak pernah dipake terbang lagi (joko dolog), sudah pindah bekerja di tempat lain... palingan buat ngopi aja kalau udha budiman nongol di surabaya
Post Reply