gyroplane
Moderator: wonodikromo
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Iya nich, minta ditanggepin, kita udah IN malah dibiarkan pusing sendiri,..hehehe.
BTW Terimakasih suhu sudah menjelaskan, maka semakin matap lah keyakinan nich sekarang pengertiannya,...
Sipp,..ini emang termasuk SPECIAL INTEREST, jadi source yang gini-ginian kagak begitu banyak. tapi ini yang bikin penasaran dan pengen ngegali
BTW Terimakasih suhu sudah menjelaskan, maka semakin matap lah keyakinan nich sekarang pengertiannya,...
Sipp,..ini emang termasuk SPECIAL INTEREST, jadi source yang gini-ginian kagak begitu banyak. tapi ini yang bikin penasaran dan pengen ngegali

- widodo
- Airman First Class
- Posts: 81
- Joined: 04 Aug 2007, 16:51
- Location: Jakarta
Wah Asik nih om Abi bikin dong, saya udah potong2 tuh foam dari om Ade buat QuadTwirl, tapi berhubung baru aja pindah kerja jadi nggak bisa jalanin hobby dulu nih.
Anyway, memang agak bingungin sih negative pitch di gyro tapi itu memang kunci dari autorotation. Mesti diingat kalau Mast angle (B) kan paling nggak 10 derajat (antara 6 - 14 derajat sih) miring kebelakang jadi biarpun Pitch negative terhadap center of rotation, terhadap angin yang dari depan blade tersebut pitchnya positive.
Buat gampangnya, mast angle 10 derajat, blade pitch -2 derajat, maka true angle terhadap angin dari depan adalah 8 derajat.
Berdasarkan pengalaman delta hinged performancenya paling bagus karena pitch akan saling menyeimbangkan dengan rotor rpm. BTW Autogyro saya patah bekeping2 pada maiden flight, makanya juga tertarik sama gyroplane sebagai batu loncatan awal dulu karena tingkat ke gagalannya rendah.
Saya sepertinya punya plan Quadra twirl untuk dari foam, coba nanti saya cari dulu
Anyway, memang agak bingungin sih negative pitch di gyro tapi itu memang kunci dari autorotation. Mesti diingat kalau Mast angle (B) kan paling nggak 10 derajat (antara 6 - 14 derajat sih) miring kebelakang jadi biarpun Pitch negative terhadap center of rotation, terhadap angin yang dari depan blade tersebut pitchnya positive.

Buat gampangnya, mast angle 10 derajat, blade pitch -2 derajat, maka true angle terhadap angin dari depan adalah 8 derajat.
Berdasarkan pengalaman delta hinged performancenya paling bagus karena pitch akan saling menyeimbangkan dengan rotor rpm. BTW Autogyro saya patah bekeping2 pada maiden flight, makanya juga tertarik sama gyroplane sebagai batu loncatan awal dulu karena tingkat ke gagalannya rendah.
Saya sepertinya punya plan Quadra twirl untuk dari foam, coba nanti saya cari dulu
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- wonodikromo
- Airman
- Posts: 27
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Halo semua, sy rasa banyak pertanyaan sudah di jawab oleh om2 semua. Pada prinsipnya negativ hanya untuk putaran yg cepat. Positive 1 darjah atau 0 darjah kalau guna delta hinge juga bisa berputar, bila sudah cukup rpm 400-500 putaran (heli 1200 -1500) blade menjadi disk yg solid dan kalau di dorong atau di tarik oleh motor pasti ada lift. Lift ini bergantung juga pada incidence angle. Lihat gambar blade D. Imbangan CG di tengah D juga. GAZ.
- widodo
- Airman First Class
- Posts: 81
- Joined: 04 Aug 2007, 16:51
- Location: Jakarta
Plan On the way boss,
Anyway kalau mau access langsung dariQuadra twirl Plan
Atau Threadsnya di
Rc Groups
Anyway kalau mau access langsung dariQuadra twirl Plan
Atau Threadsnya di
Rc Groups
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- Susilo
- Airman First Class
- Posts: 90
- Joined: 02 Mar 2009, 20:26
- Location: Sidoarjo (was) - Bandung (move to)
Re: gyroplane
dulu aku pernah buat tapi hasilnya masih perlu penyempurnaan.




- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Re: gyroplane
Susilo wrote:dulu aku pernah buat tapi hasilnya masih perlu penyempurnaan.
Jadi pengen,....



- wonodikromo
- Airman
- Posts: 27
- Joined: 26 Dec 2007, 18:00
- Location: SINGAPORE
- Contact:
Re: gyroplane
Wah Pak Susilo apa lagi yg perlu penyempurnaan, kliatan modelnya sudahhhh sempurna. Gyroplane ygbesar atau kecil, listric atau gas, power motor harus kuat supaya mudah utk diterbangkan kerna drag dari blade sangat berat. Gaz Wonodikromo.