Page 4 of 16
Posted: 08 Apr 2008, 23:43
by arief
@wawan, kalo di jakpus
main aja ke GOR Pertamina, Simprug setiap hari minggu jam 13-17
Posted: 09 Apr 2008, 08:29
by wanwan
sevenslidegrills wrote:Mas wanwan, horn servo itu lengan yg ada diservo itu. Ada juga yg bilang arm servo.
Terimakasih Mas...Gara2 susah hover saya jadi tahu arm servo segala nih....
Thanks
Posted: 09 Apr 2008, 08:49
by wanwan
arief wrote:@wawan, kalo di jakpus
main aja ke GOR Pertamina, Simprug setiap hari minggu jam 13-17
Terimakasih juga Pak Arief...atas atensinya
Saya waktu beli heli di AHM Semanggi jg dibilangin suruh ke simprug pak....kalo mau latihan
Sebelum punya belt-cp saya juga pernah sekali ke simprug ketemu sama P.Surya pas liat beliau maen belt-cp sepertinya gampang...ga ada namanya geser geser kekiri,terus beliau terbang ngikutin garis,maju,mundur,kiri,kanan dengan santai dan landing di depan pilot dengan manisnya,si heli sangat patuh ya kalo sama senior......kalo sama pemula kok galak,susah nurut ato belum kenal kali......
jadi ya saya coba dulu dirumah dg maksud kalo udah lumayan hovernya baru ke simprug jadi ga begitu malu2in...eeeeee ternyata...fakta berkata laen Pak(tidak semudah yg dibayangkan)
Atau mungkin karena Gyro saya juga masih standard yah.....(saya kuatir kalo ada setting yang berubah dan saya ga tahu)
BTW: OK Pak Arief saya akan ke GOR Pertamina untuk latihan....dan mohon bimbingannya.
sekali lagi terimaksih
Salam.
Posted: 09 Apr 2008, 09:31
by Budiman
wanwan wrote:Report hover dilapangan parkir lantai 4 kantor, time :10.30 am
-apa saya yg gugup ya,perasaan kekirinya kok lumayan kenceng,jadi waktu terbang aileron harus di kananin terus.
-ketinggian baru sekitar 1meter max,itupun hanya beberapa detik tapi saya sempat harus lari menghindar karena mau digigit heli yg masih galak!!! mungkin karena ada angin.(betul seperti yang dikatakan mas Dedi,sayang saya ga ada pendamping)
-masih terlalu banyak hard landing (untung pake training skid)
-Mas Ronald: ya mas saya akan perbanyak di simulator dulu(walaupun disimulator gak geser ke kiri)
-Mas Ivan:ok mas karena hari kedua latihan udah lumayan tapi belum yakin (naik langsung turun,takut nyenggol).
-Mas Budi:apakah misalnya heli sudah tinggi diatas, heli masih tetep kekiri? dan kita selalu counter aileron ke kanan terus.tapi waktu landing juga sudah saya usahakan vertikal walaupun lumayan hard.
Atau ada saran para senior untuk setting radio JR 2610 untuk belt-cp pemula? (biar ga galak2 amat)
Mas Wanwan,
utk kecenderungan heli ke kiri trs setelah take off bisa saja terjadi kalo swashplate heli anda tidak bener2 center...ato miring ke salah satu arah...kalo heli sudah di setting OK...termasuk swashplate tidak miring...maka kecenderungan heli bergeser ke kiri hanya terjadi saat take off saja...
Terlibat dengan heli perlu kesabaran,Mas..dan juga ketekunan..." crash" tidak bisa kita hindari pada saat mempelajari manuver baru...
Jadi saran saya...kalo memang pengen cepat bisa...mental crash harus kita siapkan lebi dulu...itu kenyataan si..krn dari setiap kita mengalami crash,kita akan belajar tentang sesuatu hal yang baru....
Simulator salah satu alat utk meminimalisasi crash...belajar tentang orientasi terbang..walopun memang tidak 100% sama persis dgn kondisi di lapangan..
Demikian semoga bisa memberikan inspirasi
salam,
Budi
Posted: 09 Apr 2008, 16:06
by wanwan
Thanks Pak Budi..
Sepertinya saya hrs lebih banyak di simulator dulu ya....
mungkin di simulator akan saya coba kasih angin dari sisi kanan,supaya pada praktekya nanti sudah terbiasa dengan heli yg selalu geser kekiri.
Posted: 09 Apr 2008, 18:51
by ronald
Mas wanwan, percaya gak percaya, untuk bisa hover aja saya menghabiskan 1 bcp dan 1 sjm400, itulah susahnya klo gak ada pendamping, semangat saya sempat jatuh bangun, masih penasaran kok gak bisa hover malah nekat beli heli engine .15, saya telusuri forum mengenai setting heli, tanya (telpon) sana sini, belajar simulator tiap hari, akhirnya... sekarang tiap hari sdh bisa tail in, side in, nose in, fast forward, figure 8, piroute, hanya dalam hitungan minggu, crash pun karena mekanikal error aja, pokoknya klo sekedar patroli sdh pede lah.. senangnya gak ketulungan klo dah begini, tetap semangat dan jgn pernah putus asa.
Posted: 09 Apr 2008, 19:38
by toto
@wawan, saya sarankan datang aja ke simprug enggak usah malu, saya juga alumni simprug kapan2 pengen mampir, disitu saya belajar dari nol prinsip2 dasar dan setting setelah merasa yakin bisa hover setinggi lutut dan bagaimana cara setting baru saya beranikan belajar hover di halaman rumah malah di garasi, kalo enggak entar seperti yang dibilang om ronald total belanja part bisa lebih mahal dari beli helinya sendiri
intinya jangan malu, semua juga masih belajar terus kok tentunya sesuai tingkatannya ....
Posted: 09 Apr 2008, 23:01
by pampie
Mas wawan, kalau saya belajar mandiri pakai petunjuk dari oom Radd di
http://www.dream-models.com/eco/index.html sekitar 2 minggu saya belajar di tanah dulu (belum liftoff) mengikuti petunjuk beliau (liftoff pakai simulator, itu jg banyak gubraknya hehehe)... setelah itu baru hover bentar banget...
Saya juga penganut mechanical trim, jadi kalau bisa minimum trim dari tx. Yang penting semua balance, settingan2 heli saya banyak search di internet, mungkin akan lebih mudah kalau ada yang bisa membimbing langsung face 2 face.
Jangan lupa mas, kalau ada dana lebih upgrade gyro-nya kalau masih pakai bawaan esky yang rate gyro ke minimal esky heading lock gyro (relatif lebih murah). Saya pakai HH gyro esky kerasa banget bedanya. Cuman ya kalau pakai gyro heading lock nya esky musti dipanasin dulu sekitar 5 menit baru terbang... bener2 mak nyus!! Angin gedhe dari samping ekornya tetep ngelock.
Posted: 10 Apr 2008, 00:12
by arief
Pak Wawan, silahkan aja mampir, kita sharing pengalaman
kalo ketemu, lebih mudah menjelaskan daripada diketik
saya bukan ahlinya, kebetulan saya belajar lebih dulu aja
Posted: 10 Apr 2008, 08:45
by wanwan
ronald wrote:Mas wanwan, percaya gak percaya, untuk bisa hover aja saya menghabiskan 1 bcp dan 1 sjm400, itulah susahnya klo gak ada pendamping, semangat saya sempat jatuh bangun, masih penasaran kok gak bisa hover malah nekat beli heli engine .15, saya telusuri forum mengenai setting heli, tanya (telpon) sana sini, belajar simulator tiap hari, akhirnya... sekarang tiap hari sdh bisa tail in, side in, nose in, fast forward, figure 8, piroute, hanya dalam hitungan minggu, crash pun karena mekanikal error aja, pokoknya klo sekedar patroli sdh pede lah.. senangnya gak ketulungan klo dah begini, tetap semangat dan jgn pernah putus asa.
Thanks P.Ronald semangatnya,kalo masalah semangat saya masih tetap semangat '45,dan secara prinsip "saya harus bisa menerbangkan heli 6ch" entah itu kapan ,apalagi ada semangat baru dari Pak ronald dan teman2x,saya tambah mantaf.