Page 4 of 6

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 11 Mar 2012, 18:38
by stefendy
nambahin sahaja, link airfoil database dalam format *.dwg tinggal di import pake coreldraw, geser2 sesuai panjang yg di inginkan dan print ...
http://www.ae.illinois.edu/m-selig/ads/coord_dwgFmt/airfoils_dwg_format/?C=N;O=D

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 10:53
by unding
iwan21 wrote:sederhananya gini om, waktu terbang kan beban berat pesawat cuman di tanggung sama sayapnya yg luasnya terbatas
maka supaya entu pesawat bisa ngapung mestinya bebana yg ditanggung sayap tentu juga dibatasin, artinya disini adalah massa per satuan luasnya ( dalam aeromodelling kita ngitungnya dg gr/dm2, saya gak pake oz/sqr ft karena males konversinya)
oleh karena itu perlu banget diperhatiken faktor wingload tsb jangan sampe entu pesawat jadi kayak batu.
yg saya inget patokannya gini ( untuk elektrik ya,tolong dikoreksi kalo salah..kalo utk kelas engine saya kurang tau) :
1. mikro flyer : 5 s/d 10 gr/dm2
2. glider : 10 s/d 15 gr/dm2
3.Slow flyer : 15 s/d 25 gr/dm2
4. sport : 25 s/d 30 gr/dm2


Tambahan untuk kelas engine
Glider : 15 s/d 30 gr/dm2
Trainer : 30 s/d 45 gr/dm2
Sport : 45 s/d 60 gr/dm2
Pylon : 60 s/d 75 gr/dm2

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 11:03
by christoffel
numpang tanya suhu .... (serius nih) ..
apa bedanya pesawat dg electric power dan pesawat dg engine power ... ?????
maksud saya bukan dari motor/engine/ batt/fuel/getaran nya, tapi dari segi desain wing-loading pesawatnya.
kenapa parameter wing-loading nya harus berbeda ? ini asli saya nggak paham ...
selama ini kalau saya bikin pesawat, tidak pernah menentukan wing loading berdasarkan power-plan nya.

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 11:17
by unding
christoffel wrote:numpang tanya suhu .... (serius nih) ..
apa bedanya pesawat dg electric power dan pesawat dg engine power ... ?????
maksud saya bukan dari motor/engine/ batt/fuel/getaran nya, tapi dari segi desain wing-loading pesawatnya.
kenapa parameter wing-loading nya harus berbeda ? ini asli saya nggak paham ...
selama ini kalau saya bikin pesawat, tidak pernah menentukan wing loading berdasarkan power-plan nya.

Pertanyaan om christoffel sama yg ada dibenak saya, kok bisa beda yaaa? padahal elektrik dengan engine satuannyakan sama (watt). Jadi selama ini kalau bikin pesawat, acuan yg saya gunakan sama saja untuk elektrik ataupun engine (wing loading) standarnya pswt engine.

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 11:59
by iwan21
Wah, saya juga gak tau jawabannya :shy

awalnya cuman liat2, kok kalo pesawat engine wingloadngnya gede2 banget , diatas 40 gr/dm2, kalo ini dipake di pesawat elektrik ya pasti kayak batu pesawatnya
saya berfikiran mungkin ada kaitannya dg power loading, stall speed, karakter airfoil dll ( karena saya gak pernah bikin pesawat pake engine glow, selama ini taunya cuman elektrik power aja)

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 14:25
by danielgti
iwan21 wrote:Wah, saya juga gak tau jawabannya :shy

awalnya cuman liat2, kok kalo pesawat engine wingloadngnya gede2 banget , diatas 40 gr/dm2, kalo ini dipake di pesawat elektrik ya pasti kayak batu pesawatnya
saya berfikiran mungkin ada kaitannya dg power loading, stall speed, karakter airfoil dll ( karena saya gak pernah bikin pesawat pake engine glow, selama ini taunya cuman elektrik power aja)


Kalo saya lebih :shy
Karena selama ini kalo bikin cuma bisa nyontek / Kloning doang nggak pernah ngitung 2x ( Yang penting mabur ) itu sebab nya semua yg berhasil di buat belon pernah dapet yang terbang nya SLOW N anteng kayak WD :thx

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 14:39
by justinus
stefendy wrote:nambahin sahaja, link airfoil database dalam format *.dwg tinggal di import pake coreldraw, geser2 sesuai panjang yg di inginkan dan print ...
http://www.ae.illinois.edu/m-selig/ads/coord_dwgFmt/airfoils_dwg_format/?C=N;O=D


Wah. Data ini sangat memudahkan dalam menggambar airfoil. Sangat berguna untuk penggemar homemade.

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 14:44
by iwan21
stefendy wrote:nambahin sahaja, link airfoil database dalam format *.dwg tinggal di import pake coreldraw, geser2 sesuai panjang yg di inginkan dan print ...
http://www.ae.illinois.edu/m-selig/ads/coord_dwgFmt/airfoils_dwg_format/?C=N;O=D



Kalo saya pake ini :
Profili

http://www.profili2.com/eng/default.htm

bisa langsung diprint

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 16:35
by christoffel
iwan21 wrote:awalnya cuman liat2, kok kalo pesawat engine wingloadngnya gede2 banget , diatas 40 gr/dm2, kalo ini dipake di pesawat elektrik ya pasti kayak batu pesawatnya
saya berfikiran mungkin ada kaitannya dg power loading, stall speed, karakter airfoil dll ( karena saya gak pernah bikin pesawat pake engine glow, selama ini taunya cuman elektrik power aja)

Kalau menurut saya sih nggak ada bedanya alias sama saja.
konon, pada zaman dahulu kala, pesawat electric itu pada umumnya kecil2, maksudnya di bandingkan yg engine ....
pesawat engine kan umumnya di kelas 40. yg 25 atau 15 saja udah jarang.
karena faktor skala ini lah maka wing loading nya beda. jadi, menurut saya pesawat kecil (lah) yg perlu wing loading lebih kecil.
kalau pesawat besar, ya wing loading nya bisa lebih besar.
Ini sesuai dg teori : stall speed sebanding dengan wing loading.
bayangkan kalau pesawat kelas 40 dibuat wing loading nya sama dengan pesawat beneran, bisa habis landasan nya belum juga take of .....
masalahnya jaman sekarang ini, pesawat electric yg setara engine 100CC juga ada. jadi wing loading nya apa harus ikut aturan electric juga kah ?
hahaha ....

Re: Cara gampang dan praktis bikin pesawat : parameter dasar

Posted: 12 Mar 2012, 17:25
by jamespaulus
christoffel wrote:numpang tanya suhu .... (serius nih) ..
apa bedanya pesawat dg electric power dan pesawat dg engine power ... ?????
maksud saya bukan dari motor/engine/ batt/fuel/getaran nya, tapi dari segi desain wing-loading pesawatnya.
kenapa parameter wing-loading nya harus berbeda ? ini asli saya nggak paham ...
selama ini kalau saya bikin pesawat, tidak pernah menentukan wing loading berdasarkan power-plan nya.


Wah, iya ya ? kenapa ya ?
apa mungkin pengaruh power to weight ratio of the power plant ?
misalnya Glow engine 1000Watts/kg , brushless motor 600Watts/Kg, etc etc....?
ini saya cuma kira kira aja...nggak punya reference...