Page 4 of 6
Posted: 05 Aug 2008, 17:57
by AgoesAurelz
Mr. Dom's wrote:biasanya pas kejadian berlalu, banyak analisa2 hebat....
tapi pas keadaan panik dan genting, bisa nggak dia?? saya pikir sang pilot sudah berusaha sekuat kempampuannya dengan perlengkapan seadanya...
Sekarang ini gimana nih, biar kebocoran dan pembenahan penerbangan lebih bagus.... itu yang perlu di lakukan, fakta sudah ada dan tidak perlu dianalisa pengamat lagi... end of story.
kalau mau jadi pilot mesti bisa santai kalau main skytower di genting itu, kalau saya mah terus terang takut ntar jantung tiba2 stop.... hehehehe mainan saya ya... yang dihotel paling atas itu om....

walaupun tetap juga nggak berani coba, takut stroke dan kena penyakit miskin hahahahaha...
saya masih yakin kalau rekaman itu adalah rekaman keadaan sebenarnya walau bukan asli 100% seperti om AA bilang...
hehehe.... kalo maen di "hotel yg atas" itu aku juga ngga kuwaat om....
pasalnya asep rokoknya itu lho, melanglang buana... berhubung aku bukan perokok, paru-paruku langsung sesek/megap-megap sebelum pasang tarohan di meja.....

Posted: 05 Aug 2008, 21:11
by tomee
dion wrote:Menhub Pastikan Rekaman AdamAir Palsu
Menhub Jusman Syafii Djamal memastikan rekaman pembicaraan terakhir pilot AdamAir KI 574 adalah rekaman palsu. Karena dalam rekaman yang beredar terdapat perbedaan dengan yang asli.
[Detik]http://www.detiknews.com/read/2008/08/0 ... mair-palsu
"Seharusnya tidak ada suara gaduh," ungkap Jusman kepada wartawan........ [detknews]
kata2nya 'bersayap'..........

Posted: 06 Aug 2008, 01:49
by shaify
sumpeh...sy baru bisa denger pagi ini di ktr sendirian jam 1.30 pagi...
baru hbs makan ketupat sayur, terus dengerin percakapan itu....
ketupat sayur kayak mau naek lg dr lambung ke kerongkongan...waduh...
sy ngebayanginnya..gmana kalo sy ada di situ....
padahal saat kejadian sy lg tugas di makasar,lgsg liputan dr polewali akhirnya sampe ke baroe, tkp serpihan adam air ditemukan...
semoga para korban dengan tenang di sisi Allah SWT...
Posted: 06 Aug 2008, 06:28
by Budiman
Dear All,
Terlepas dr pro dan kontra soal fake ato real nya rekaman tersebut...ada beberapa hal yg sempat muncul di benak saya..
Mengingat saya adalah :
1.sebagai salah satu pengguna jasa penerbangan yg lumayan rutin
2.krn tuntutan profesi saya,yg pada setiap waktu tertentu dikondisikan dlm situasi emergency pd wahana rotary wing secara simulasi
3.krn profesi saya yg setiap waktu dealing dgn resiko tinggi(konon tingkat resikonya katanya adalah nomer dua setelah awak pesawat udara/pilot)
setelah mendengarkan rekaman tadi..terus terang saya sempat mengalami sedikit gangguan psikologis...
Sekaligus mengingatkan saya pribadi...se-canggih2nya manusia mempersiapkan/merancang suatu sistem..bila Yang Maha Kuasa berkehendak lain...maka amblas lah semuanya itu...
Semoga arwah para korban diterima di sisi Allah,SWT dan untuk keluarga yg ditinggalkan semoga diberi kekuatan bathin dan iman oleh-Nya...amien
salam,
Budi
Posted: 06 Aug 2008, 07:46
by jedx
Budiman wrote:Dear All,
Terlepas dr pro dan kontra soal fake ato real nya rekaman tersebut...ada beberapa hal yg sempat muncul di benak saya..
Mengingat saya adalah :
1.sebagai salah satu pengguna jasa penerbangan yg lumayan rutin
2.krn tuntutan profesi saya,yg pada setiap waktu tertentu dikondisikan dlm situasi emergency pd wahana rotary wing secara simulasi
3.krn profesi saya yg setiap waktu dealing dgn resiko tinggi(konon tingkat resikonya katanya adalah nomer dua setelah awak pesawat udara/pilot)
setelah mendengarkan rekaman tadi..terus terang saya sempat mengalami sedikit gangguan psikologis...
Sekaligus mengingatkan saya pribadi...se-canggih2nya manusia mempersiapkan/merancang suatu sistem..bila Yang Maha Kuasa berkehendak lain...maka amblas lah semuanya itu...
Semoga arwah para korban diterima di sisi Allah,SWT dan untuk keluarga yg ditinggalkan semoga diberi kekuatan bathin dan iman oleh-Nya...amien
salam,
Budi
Om Budiman, semoga gangguan psikologis nya cepet sembuh...
terus terang saya juga pas dengerin yang diyoutube ( saat itu belum baca transkripnya jadi banyak yang gak tahu dari percakapan dalam rekaman), saya tergiang2 terus pas ada suara kletek2 bersahut2an ( kayak buzzer dari instrumen2 di ruang cockpit ) dan teriakan allahu akbar berkali....
semoga kita bisa mengambil hikmah nya, seperti yang di ungkapkan om Budi diatas...
Posted: 07 Aug 2008, 09:32
by Ratno
justinus wrote:Gak berani komentar. Soalnya pesawat saya juga masih sering error. Ya pilot error lah, mekanikal failure karena teknisinya error lah. Pokoknya masih sering berbuat error.

Masih perlu belajar lagi.
Bpk Justinus yang budiman.......... justru saya sangat berharap koment bpk, karena bpk
adalah orang yang on board di pesawat so banyak hal2 yang bpk alami.
mekanikal fail, engineer eror, pilot eror ........... lantas yang biasa bpk lakukan untuk recover hal ini........
dan kalo hanya IRS saja yang throuble, apakah harus terjadi seperti adam air.....
bagaimana kesiapan pilot untuk terbang didaerah pedalaman yng fasilitas nya sangat minim , yng hanya menggunakan ADF saja.
saaya kira selama instrumen BASIC " T " dan stby COMPAS masih ada ,seorang pilot apalagi captain dengan bar 4 masih bisa landing dng sempurna.
Adam air ki 574 : sangat tragis....... ,
SANGAT BIADAB orang yang telah menyabar luaskan rekaman tsb.
semoga crew & seluruh korban nya di ampuni segala kesalahan dan mendapat tempat yang layak - AMIN -.
Posted: 07 Aug 2008, 10:15
by justinus
Ratno wrote:justinus wrote:Gak berani komentar. Soalnya pesawat saya juga masih sering error. Ya pilot error lah, mekanikal failure karena teknisinya error lah. Pokoknya masih sering berbuat error.

Masih perlu belajar lagi.
Bpk Justinus yang budiman.......... justru saya sangat berharap koment bpk, karena bpk
adalah orang yang on board di pesawat so banyak hal2 yang bpk alami.
mekanikal fail, engineer eror, pilot eror ........... lantas yang biasa bpk lakukan untuk recover hal ini........
P. Ratno. Saya bukan pilot, cuma Aeromodeller aja, he he he, jadi masih sering bikin error. Masih banyak kan Aeromodeller yang membahayakan orang lain, tanpa mengingat "safety first", belum check pesawatnya langsung terbang dll. Jatuh diatas rumah atau mobil kan bahaya. Kalau diatas orang gimana?
Komentar tentang ****AIR : "niat" error. Buktinya: banyak pilotnya yang mau hengkang. Kalau niatnya sudah kurang baik, buntutnya juga kurang baik. Untung sekarang sudah ditutup, karena bikin banyak masalah. Meskipun kalau kita menutup airline nama kita menjadi jelek, tapi kalau tidak ditutup.... ???
Salam P. Ratno.
Posted: 07 Aug 2008, 18:25
by DeVIN
Ratno wrote:
SANGAT BIADAB orang yang telah menyabar luaskan rekaman tsb.
Termasuk saya ?? Om, karena udah menyebarkannya kesini ??
Posted: 07 Aug 2008, 19:48
by Nasrul
Posted: 07 Aug 2008, 20:01
by MrDoms
DeVIN wrote:Ratno wrote:
SANGAT BIADAB orang yang telah menyabar luaskan rekaman tsb.
Termasuk saya ?? Om, karena udah menyebarkannya kesini ??
ini sudah terjadi om.... yang paling penting kan kita petik hal positif untuk perbaikan kedepan...
bagi saya ini sama dengan video2 mesum para pejabat atau orang terhormat yang pernah beredar..... memang sangat tidak pantas untuk disebarkan, tapi kadang malah jadi sangat bermanfaat sekali untuk perbaikan kedepan....