Page 4 of 9
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 01 Jan 2010, 14:58
by rachmatjeny
iya... nich.. suhu iwan mana ya.....
suhu.....
saking penasaran tadi saya coba gulung ulang.
kalo kemrin coba 3kawat dengan 20 lilitan
sekarang nyoba 5kawat 12 lilitan.
tenaga terasa lebih besar..(pake alat ukur PERASAAN)
tapi belum bisa nyimpulin.. eiu..
pengaruh lilitan dan diameter kawat.
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 01 Jan 2010, 16:56
by iwan21
sederhanya ( walau kalo dijabarin malah kaga sederhana, malah saya juga nanti malah jadi bingung..

)
1. diameter kawat kecil + gulungan kawat sedikit = motor rpm rendah ,panas
2. diameter kawat kecil + gulungan banyak = rpm rendah dan torsi rendah
3. diameter kawat gede + gulungan dikit = rpm tinggi + torsi gede
4.diameter kawat gede + gulungan banyak = rpm rendah + torsi gede
utk torsi dan rpm, juga dipengaruhi oleh kuta dan jumlah magnet yg terpasang
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 01 Jan 2010, 18:29
by rachmatjeny
iwan21 wrote:sederhanya ( walau kalo dijabarin malah kaga sederhana, malah saya juga nanti malah jadi bingung..

)
1. diameter kawat kecil + gulungan kawat sedikit = motor rpm rendah ,panas
2. diameter kawat kecil + gulungan banyak = rpm rendah dan torsi rendah
3. diameter kawat gede + gulungan dikit = rpm tinggi + torsi gede
4.diameter kawat gede + gulungan banyak = rpm rendah + torsi gede
utk torsi dan rpm, juga dipengaruhi oleh kuta dan jumlah magnet yg terpasang
akhirnya terjawab...
berarti benar tadi saya gulung ulang dari 20T menjadi 12T mang rpm TERASA lebih tinggi..
hehehe.. akhirnya AKU BISA!!... makasih banyak suhu...

Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 02 Jan 2010, 01:08
by kula
hihihi..mslh nya, ukuran brp yg dianggap diameter kecil n ukuran brp yg dianggap diameter besar ?...

Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 02 Jan 2010, 19:59
by iwan21
kula wrote:hihihi..mslh nya, ukuran brp yg dianggap diameter kecil n ukuran brp yg dianggap diameter besar ?...

kalo utk ukuran motor cdr atau 24xx., kurang lebihnya gini ( dg asumsi gulungan cuma satu kawat, enggak dirangkap):
1.kecil : AWG 27 ( 0,36mm) dan AWG 28 ( 0,32mm)
2. besar : AWG 24 ( 0.51mm) sampe AWG 26 ( 0,41mm)
kalo AWG 24 keatas udah susah gulungnya, terlalu kaku
kalo AWG 29 kebawah terlalu kecil, mungkin kudu rangkap 5 atau 6..
catatan :
1.kalau diameter kawat lipat 2, maka nilai AWG ditambah 6
2. sebagai gambaran, kabel UTP/Ethernet yg biasa kita pake, itu ukurannya adalah AWG 24, nah bisa bayangain gimana susahnya gulung di stator motor yg kecil kalo pake kawat AWG 24 ( mungkin baru gulung 1 slot stator , jempol kita udah lecet2.

)
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 04 Jan 2010, 23:53
by tedyBAT
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 05 Jan 2010, 19:35
by iwan21
wow...rapih banget

...

, gulungan saya kalah jauh...( ini cuman bisa saingan dg gulungan om Coyo, sama2 rapihnya)
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 06 Jan 2010, 07:43
by aang
tanya om...
kalo untuk dudukannya ke body pesawat ada contohnya ga?
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 06 Jan 2010, 07:59
by emilhp
iwan21 wrote:wow...rapih banget

...

, gulungan saya kalah jauh...( ini cuman bisa saingan dg gulungan om Coyo, sama2 rapihnya)
Gimana nggulungnya kok bisa rapi banget gitu ya . . mungkin perlu kesabaran dan ketelatenan..
pake wire ukuran berapa dan berapa lilitan ?
Re: Step by step modif CDR motor
Posted: 07 Jan 2010, 14:24
by tedyBAT
emilhp wrote:iwan21 wrote:wow...rapih banget

...

, gulungan saya kalah jauh...( ini cuman bisa saingan dg gulungan om Coyo, sama2 rapihnya)
Gimana nggulungnya kok bisa rapi banget gitu ya . . mungkin perlu kesabaran dan ketelatenan..
pake wire ukuran berapa dan berapa lilitan ?
Teknik gulung model delta winding ...
..4,5.6.7.8. -------> 14,15,16,17,18
.3.2.1.0.9.8. -------> 13,12,11,10,9,8
1.2.3.4.5.6.7 -------> 1,2,3,4,5,6,7
diurut mulai sisi dalam keluar... naik...dari sisi luar ke sisi dalam dst.. tarik yang kencang kalo perlu bantu dengan kaki, hati-hati putus dan emailnya/enamelnya terkoyak...jangan sampai nglilit lebih dari area T nya karena bakal sulit di bagian terakhir....
lupa ukuran berapa, kalo ga salah 0,4 mm, stator BL 2408 towerpro