Page 4 of 5
Re: Engine Thrust
Posted: 18 Nov 2009, 10:53
by su-31
justinus wrote:fandiedge wrote:Maaf ya om budi .,

.,
saya cuman saya penasaran sama mesin2 buat plane ini,.,.
pabrikan cuman buat mesin dan tidak memikirkan cooling sistemnya !!

Pabrikan memikirken, atau lebih tepatnya "menghitung" dengan cermat cooling systemnya.
Itu semua untuk normal operating condition.
...demikian wangsit yg eYang dapet
Kalau terjadi lean, overheat, jammed, dlsb, itu bukan karena pabrikan tidak mikirin cooling system.
...itu semata karena,

nggg sabar dulu, yg ini belum dapet wangsit, jadi mau lanjutin pertapaan dulu ya...,
apalagi tiba2 ini ada gangguan dari oom AA di tahanan Lombok sana

Re: Engine Thrust
Posted: 18 Nov 2009, 14:05
by Budi
su-31 wrote:justinus wrote:fandiedge wrote:Maaf ya om budi .,

.,
saya cuman saya penasaran sama mesin2 buat plane ini,.,.
pabrikan cuman buat mesin dan tidak memikirkan cooling sistemnya !!

Pabrikan memikirken, atau lebih tepatnya "menghitung" dengan cermat cooling systemnya.
Itu semua untuk normal operating condition.
...demikian wangsit yg eYang dapet
Kalau terjadi lean, overheat, jammed, dlsb, itu bukan karena pabrikan tidak mikirin cooling system.
...itu semata karena,

nggg sabar dulu, yg ini belum dapet wangsit, jadi mau lanjutin pertapaan dulu ya...,
apalagi tiba2 ini ada gangguan dari oom AA di tahanan Lombok sana

contohnya saya....nggk sabar......jammed deh.....
Re: Engine Thrust
Posted: 18 Nov 2009, 15:05
by fandiedge
wah jadi rame nee.,..,.,.
maaaf ya eyang kalo aku salah2 kata2!!!
eyang piaget uda jadi ?
ajarin yaaa!!!
awas nanti jadi malas main piaget mulu!!
Re: Engine Thrust
Posted: 18 Nov 2009, 22:24
by kula
fandiedge wrote:kula wrote:gak setuju dgn statement gak mikirin cooling system akh... Kalo gak mikirin, pasti gak di ksh heatsink... Hehehe..
wah suhu kula,,.,., maklum saya kan newbie!!
apakah ngga bisa pake semacam oli cooler or radiator air!!

bisa banget Om... pasti bisa .. dijamin..
permasalahannya :
1. berapa harga yg akan dipasang oleh produsen dgn spek engine spt itu ?
2. berapa penambahan berat utk - pompa air / oli & Air / oli nya itu sendiri ? krn kita tahu bhw berat adalah musuh utama dlm dunia aeromodeling..( suhu Budi dilarang protes...wakakak..pisssss )
3. worth it gak itu semua, sedangkan kita tahu bhw engine aeromodeling dalam batas pemakaian normal bisa di pake bertahun2 ? ( kt nya bisa sampe 5 th..tp daku blm pernah buktikan krn baru main aeromodeling 5 bulan

)...
daku sendiri baru saja jadi korban engine OS Hyper 50 ku nge jam.. piston, con rod, ring piston, bubar semua, tp daku gak bisa menyalahkan produsen krn menyadari bhw daku salah seting, menggunakan engine tsb di luar batas wajar yg disarankan.
daku pernah liat heli yg pake engine OS .60 yg sdh berumur 8th masih terbang dgn nyaman, aman sentosa, shg itulah kesimpulan ku, bhw selama dipakai dlm batas kewajaran maka disain engine yg ada saat ini sebetulnya sdh memadai kok, cuma sbg manusia ada kalanya timbul keinginan yg aneh2 & push to the limit thd semua hal.
kira2 begicu dueh cerigisan Kula...(pinjem istilah suhu Toto...)...
kalo salah mohon dimangapkan, kalo benar mohon diam aja, tkt nya daku jadi besar kepala..hayah....wakakkakaka.....
Re: Engine Thrust
Posted: 19 Nov 2009, 09:43
by gigisekar
stuju dg point2 yg disebutin om kula.. hehe maap mau oot.. just fyi.. pabrikan enjin glow juga memproduksi performance kit lho.. kasus ini di rc ar, tp pasti jg bisa di rc aero klo diniatin.. (sy blom menemukan yg pasang radiator sih..)
http://www.rbinnovations.comhttp://www.rbproducts.com/mainEn.php?part=Products (merk enjin glow slain OS)
super charger on Schumacher nitro fusion

super charger on a yokomo gt-4

Nitro injection (semacam NOS)

yg gemar oprek motor/mbl mesti ngerti produk dibwh


mhn maap klo krng berkenan.... :ampuun:
Re: Engine Thrust
Posted: 19 Nov 2009, 11:43
by toto
Saya setubuh ... eh eh eh ... maksudnya se7 sekali dengan ulasan om-om suhu kula dan suhu gigisekar, tapi permasalahannya kalau dipesawat bagaimana membuat bobot pesawat seringan mungkin atau kalau minjem istilah para suhu aero wing loadingnya sekecil mungkin sehingga pesawat dapat dikendalikan seoptimal mungkin.
Nah soal kiat-kiat di aeromodelling, kembali lagi ini kalau tidak salah khususnya apabila engine yang dipasang terpasang didalam cowl maka untuk meningkatkan arus masuk agar optimal menghembus sirip-sirip pendingin engine dan tidak menimbulkan turbulensi udara panas dalam yang akhirnya menimbulkan kumulasi maka dipasanglah yang namanya baffle ... sekali lagi istilah ini saya mengutip kata para suhu aeromodelling.
hal ini pernah saya buktikan sendiri pada pesawat Edge 540 yang ditenagai engine OS 91FX yang pemasangannya di dalam cowl, sebelum dipasang baffle engine kegerahan terus, kemudian atas anjuran suhu aeromodelling dipasanglah itu namanya baffle dan ajaib tapi ini bagi saya loh enginenya menjadi normal kembali seperti sedia kala yaitu dapat mengeluarkan tenaga yang optimal tanpa kegerahan
demikian kira2 sharing info terkait dengan masalah engine dalam cowl yg over heated, modal bikin baffle cuman plastik keras dan epoxy doang kok dan malah bikin cowl makin keker juga
mohon maaf kiranya apabila tulisan bagi-bagi pengalaman ini kurang berkenan dan mohon koreksinya juga dari para suhu
salam
Re: Engine Thrust
Posted: 19 Nov 2009, 12:24
by gigisekar
jgn panggil sy suhu.. hihi ntr malu2in
tips yg sgt bermanfaat & aplikatif dr suhu toto, minimalis realistis & tepat guna

Re: Engine Thrust
Posted: 19 Nov 2009, 13:29
by toto
gigisekar wrote:jgn panggil sy suhu.. hihi ntr malu2in
...................
om mas gigisekar, gimana saya enggak mau panggil suhu karena telah membuat saya tercengang cengan tuh membaca dan melihat penjelasan suhu tentang pernak-pernik pendingan engine, getoh loh maksudnya om
saya sendiri suwer belon pernah main mobil2an apalagi yang pake engine, soalnya denger2 dari para penggemar Rc-Car itu khusunya terkait cicis untuk nebusnyanya ternyata bikin mules juga ya ... he he he
eni wey, terima kasih atas pemaparan terkait cooling system di rc-cars
salam
Re: Engine Thrust
Posted: 24 Nov 2009, 15:00
by tedyBAT
Re: Engine Thrust
Posted: 27 Nov 2009, 07:04
by Ary
Sy ingin menambahkan sedikit tentang konversi power engine ( hp ) ke elektrik (watt) ,
dimana 1Hp = 736 watt , ini dalam kenyataanya tidak tepat bila dikonversi langsung,
contohnya untuk engine os 55ax, ini spec engine tsb :
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0556
Displacement: 0.545 cu in (9 cc)
Bore: 0.91 in (23 mm)
Stroke: 0.85 in (21.5 mm)
Practical rpm: 2,000-17,000
Output: 1.75 hp @ 16,000 rpm
Weight: 14.3 oz (404 g)
Includes: #8 glow plug, 40J carburetor, Power Box E-3070 muffler
Recommended Props: 12x7, 12x8, 13x6, 13x7
-----------------
terlihat power outputnya 1.75 hp , jd kalau dikonversi ke elektrik sesuai dgn persamaan awal
maka menjadi 1.75 x 736 = 1288 watt (power ini dalam elektrik kira2 sdh setara engine 60!)
nah ini yg agak kurang tepat dalam praktek dilapangan,karena power yg tertera di spec engine adalah power yg keluar pada rpm 16000, yg mana pada praktek yg kita rasakan dilapangan engine os 55 ( dan engine-engine lainnya ) biasanya bisa kita gunakan paling paling pada RPM 13000 max,
jadi untuk lebih tepatnya dalam konversi ke elektrik, power engine dikalikan kurang lebihnya 0.8 dulu,
spt engine 55 diatas 1.75 X 0.8 x 736 = 1030.4 watt ......